TMCBLOG.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi mengumumkan keikutsertaan Galang Hendra Pratama di kejuaraan World Supersport 600cc (WorldSSP600) 2021, yang menjadi musim keduanya berkompetisi di ajang itu. Galang bergabung dengan Ten Kate Yamaha WorldSSP Supported Team dan mendapatkan dukungan penuh dari Yamaha Indonesia.

Di 2021 ini, Galang Hendra siap mencapai tantangan target menembus 10 besar. Dengan pengalaman membalap di kejuaraan dunia sejak tahun 2017, yang membentuk mental kuatnya dan didukung semangat menghadapi tantangan, bukan hal yang tidak mungkin bagi pembalap 21 tahun yang akan menggunakan Yamaha YZF-R6 itu untuk mewujudkan target Yakni finish 10 besar. Harapannya bersama tim Ten Kate Racing, Galang bisa meraih targetnya. Ten Kate Racing merupakan salah satu dari tim berpengalaman juara dalam sejarah World Supersport dengan 9 pembalap menjuarai World Supersport, di periode 2002 sampai 2014.

“Kami sangat senang dan bangga mengumumkan pejuang Semakin Di Depan kami Galang Hendra Pratama akan kembali membuat tantangan besar di kejuaraan World Supersport 2021, yang merupakan musim keduanya dengan nomor start 55. Ini adalah nomor rahasianya yang dipakai saat mengawali karir balapannya dengan sukses di World Supersport 300.

“Galang akan bertarung di 12 seri balapan menggunakan model Super Sports unggulan Yamaha YZF-R6. Dengan perkembangan dan adaptasinya di kategori 600cc tahun lalu, kami yakin Galang akan tampil spesial dan mencapai 10 besar dengan spirit Semakin di Depan. Kami dari YIMM terus mendukung Galang, pembalap top Yamaha Indonesia demi kemajuan masa depannya. Tekadnya untuk terus maju, lebih banyak pengalaman dan mental yang kuat menghadapi tantangan di kejuaraan dunia merepresentasikan spirit YIMM kami!” ungkap Minoru Morimoto, President Director & CEO of PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Galang Hendra juga mengekspresikan optimisme dan antusiasme untuk balapan 2021 ini. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yamaha Indonesia, Yamaha Motor Eropa dan juga semua sponsor saya yang telah memberikan saya kesempatan besar balapan bersama Ten Kate Racing Yamaha, mereka memiliki banyak pengalaman hebat di kelas ini, saya merasa senang dengan prospek ini.

Di musim 2020 saya belajar banyak tentang cara mengendarai Yamaha YZF-R6. Untuk musim ini, saya akan mendorong dan mencoba untuk berjuang dalam 10 besar dan akan selalu berusaha untuk mencapai yang maksimal di setiap balapan. Dan juga saya sangat senang di tahun ini saya akan kembali menggunakan nomor start 55,” tegas Galang Hendra yang akan berduet dengan pembalap senior Dominique Aegerter asal Swiss yang berpengalaman membalap di GP125, Moto2 dan Moto-E dari 2006 hingga 2020.

Ambil bagiannya pembalap asal Yogyakarta itu merupakan bentuk konsistensi Yamaha Indonesia melakukan pembinaan berjenjang terhadap para pembalapnya sampai mencetak prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Tampil di kancah dunia pertama kali di tahun 2017 saat menjadi rider wild-card WorldSSP300, debut Galang Hendra yang membuktikan kualitasnya dengan menjuarai seri Jerez, Spanyol mengejutkan publik dunia.

Kemenangannya itu mencatatkan sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang menjuarai seri balapan motor level dunia. Lalu di 2018 dia menjuarai seri Brno, Republik Ceko, dan menyelesaikan musim keduanya dengan raihan poin keseluruhan ke-10. Kemudian pada musim 2019 kembali bertarung melawan motor-motor 400cc kompetitor, Galang yang membalap dengan Yamaha R3 menempati peringkat klasemen ke-7 dan posisi ke-2 secara keseluruhan di Tissot Super Pole.

Dua musim yang kuat di WorldSSP300 dengan program bLU cRU Yamaha membawanya bergabung dengan bLU cRU Yamaha WorldSSP Team by MS Racing di WorldSSP 2020. Di tahun pertamanya di kelas 600cc itu, Galang Hendra meraih poin di 4 race dengan total 12 poin di akhir musim. Di samping itu saat sesi superpole di Magny-cours, Perancis, Galang Hendra berhasil meraih posisi start 6, ini merupakan hasil posisi terbaiknya pada tahun 2020.

Dan pencapaiannya di WorldSSP600 tahun lalu itu mencetak sejarah karena menjadi pembalap Indonesia yang mengumpulkan poin tertinggi di kompetisi balap motor dunia WorldSSP600. Galang Hendra dan Ten Kate Racing Team akan memulai persiapan untuk musim 2021 yang putaran pertamanya berlangsung di Estoril, Portugal (7–9 Mei 2021).

Based on YIMM Info

13 COMMENTS

  1. setidaknya ada pembalap Indonesia di kejuaran dunia yg bisa mendulang poin meng klaim posisinya dengan baik di level dunia.
    Selalu salut sama keberanian dia. Semoga selalu lebih baiklagi Galang!!

    Guest
  2. Baju balap buatan Indonesia dia ternyata udah agak berubah ya, padahal dari dulu desain pundaknya selalu niru Alpinestars, semenjak dipake Galang di kejuaraan dunia baru ganti itu desain pundak karena takut dituntut Alpinestars hihi

    Guest
    • Dani Pedrosa dan Marc “kate/ kecil” tapi bisa naklukin RCV bertahun tahun…
      so what’s the matter with height?…

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.