TMCBLOG.com – Broc Parkes, Pembalap yang memiliki ke-khasan dengan Nomor start #23nya menyatakan diri untuk Pensiun sebagai pembalap setelah 23 Tahun malang melintang di Balapan MotoGP, Superbike, Endurance, Balap asia dan kejuaraan nasional Australia. Parks yang berusia 39 tahun ini menyatakan dirinya mundur setelah awalnya sempat menandatangani kontrak di Yamaha Racing Team Australia dengan rencana awal menjalankan seluruh musim ASBK 2021.

Dalam karirnya, Broc Parkes dalah pembalap yang solid, handal dan profesional, sedemikian rupa sehingga dia bisa dihandalkan untuk balapan dimana saja. Sebut saja MotoGP, World Superbike, Endurance, BSB, All Japan, dan ARRC sebagai beberapa ajang yang sempat ia Rasakan aura kompetisinya.

Setelah Sempat menjalani Wild Card di kelas 125 cc pada seri GrandPrix Australia sebagai murid Wayne Gardner ia mendarat di Eropa untuk menghadapi Kejuaraan Dunia Superbike 2001-2002 bersama tim NCR Ducati. Setelah itu dari 2003 sampai 2012 Parkes membalap di kelas WSS dengan raihan terbaik sebagai runner up di tahun 2004 bersama Honda dan 2007 bersama Yamaha

Pada tahun 2014 ia membalap sepanjang musim MotoGP dengan ART-CRT dari Paul Bird Motorsport, menerima panggilan Wirld Card Tech 3 Yamaha pada tahun 2017 di kandang GP Phillip Island.

Dia juga membela tim YART Yamaha di Kejuaraan Endurance selama 7 tahun, Dan pada 2019, dia hampir memenangkan gelar ASB1000. Pria berusia 39 tahun dari New South Wales itu telah mengumumkan niatnya untuk menghentikan balapan. Namun, tetap dalam berkomitment program Yamaha Racing Team Australia sebagai Test Rider dan Coach Buat pembalap Muda di sana.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

7 COMMENTS

  1. di sprint race biasa aja, dia lebih ke pembalap spesialis EWC sama kayak nicolo canepa. slmt menikmati pensiun broc!! 😎

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.