TMCBLOG.com – Franco Morbidelli dengan Yamaha YZR-M1 berhasil menyelesaikan Musim 2020 dengan hasil yang mencengangkan. Dengan Motor yang boleh dibilang ‘ paling tua ‘ diantara ke tiga pembalap Lainnya saat itu, ia finish di posisi runner up akhir musim dan menjadi Pembalap Yamaha Terbaik. Secara umum, Jika Prestasi 2020 menjadi tolok ukur, harusnya ialah yang paling pantas Menjadi Ace Rider Yamaha di 2021 ini, ia pula yang paling pantas menerima Support berupa Motor terbaru dan yang paling update di 2021 ini . . namun Faktanya Yamaha Tidak mengubah hal yang sudah mereka putuskan semenjak pertengahan Musim 2020 bahwa Frankie hanya akan mendapatkan Yamaha M1 Spek-A yang merupakan Spek kombinasi akumulasi terbaik dari Motor Prototipe Mission 1 yang dipakai Rossi-Vinales pada Musim 2019. . .Β  Kenapa policy mengenai Model Motor ini tidak bisa diubah ?

Walaupun pada dasarnya sedang dalam momentum perilisan team factory dengan pembalap Vinales-Quartararo, dengan jabatannya sebagai Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis memiliki kapasitas menjelaskan pada kesempatan Media Scrum Via Zoom pekan lalu mengenai pertanyaan yang sebenarnya tidak berkaitan dengan tim yang sedang dirilis kala itu “Mengenai spesifikasi motornya ( Morbidelli) untuk musim mendatang, ini masalah … spesifikasi motor dipilih oleh Yamaha dan tim, tetapi ada juga konsekuensi finansial untuk spesifikasi motor yang Anda miliki,”

“Sejujurnya, sepeda motor Factory jauh lebih mahal daripada sepeda motor spek A. (Ditambah lagi ) Ada masalah waktu saat Anda harus memesan bahan (mempersiapkan mesin ). Kami memiliki masalah COVID, COVID telah memberi banyak tekanan pada sponsor, pada Yamaha, pada perusahaan.

“Jadi, kami tidak sedang dalam masa ekonomi yang paling menguntungkan. Sehingga, keputusan tentang spek motor untuk Franky yang diambil pada pertengahan tahun lalu, bukan sesuatu yang bisa diubah pada Oktober atau November (2020).

“Apakah Franky pantas mendapatkan spek teratas? (jawabannya) Ya.Β  . . . (namun) Mungkinkah ( direalisasikan) ? Sayangnya, jawabannya tidak. Tapi seperti yang kita lihat tahun lalu, spesifikasi motor ‘A-spec’ sangat mirip dan sangat bagus. Dan tahun ini mesin dibekukan. Jadi, bisa dibayangkan motor itu akan sama performanya di tahun depan juga. Jadi, saya rasa Franky tidak akan dirugikan.”

Di akhir Penjelasan ini Lin Jaris seperti mencoba menjelaskan dan meyakinkan bahwa Secara umum kondisi kompetisi MotoGP 2021 akan sama dengan 2020 yang lalu karena Secara Regulasi Kebanyakan dari mesin yang dipakai team non-konsesi seperti Yamaha, Ducati, Honda, dan Suzuki tahun ini akan sama dengan mesin tahun lalu. Sehingga jikapun mesin Franky tidak diubah itu artinya Yamaha menilai Potensi kekompetitifan mesin ini seperti yang telah ia perlihatkan di musim 2020 masih tetap sama.

Secara umum salah satu yang membedakan Motor Yamaha M1 2021 dengan yamaha M1 Spec-A selain mesin adalah proses pengembangan dari mesin ini. Soal Jeroan Mesin mungkin tidak bisa diutak atik, namun apakah Update mengenai Sasis, swingarm serta elektronik bisa menyamakan Laju Development yang sama dengan Motor factory menjadi suatu Pertanyaan yang belum terjawab sampai saat ini . . mungkin saat perilisan PYSRT nanti tmcblog akan coba tembak Langsung Ke Yamaha. . . stay tuned

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

48 COMMENTS

  1. Tanya wak!
    Kenapa Rossi bisa dapat motor factory di tim satelit! Padahal selama ini kasusnya satelit yamaha dapat lawas terus (pertanyaan titipan ochim gitu bilang)
    -hihihihi-

    Guest
  2. Motor yg tertukar.yg peringkat terbaik dapet spek A yg peringkat terbawah dapet spek factory. Franky vs Rosi.tapi franky takut kuwalat kalo merebut jatah gurunya.

    Guest
  3. Lin bilang spec fac jauh lebih mahal, hasilnya ampas..
    Bagi Franky? buat apa lagi nambah duit buat dapetin ampas? pengembangan 2021 aja mendekat ke sasis A-spec.

    Btw yg belum rilis livery:
    RHT (today)
    SRT ( 1 Mar)
    SE (6 Mar)

    Guest
  4. Memang pantas FM21 ke factory wak,mv12 tuh dikick aja udah 5 tahun difactory cuma ngeluh doank yg banyak juara dunia aja kagak sanggup,dan harusnya tahun kemaren kesempatan dia raih jurdun… tahun sekarang rival semakin bertambah dan berkembang,saya rasa makin tipis kans dia buat juara,JM43 udah mulai klop dengan gp20,bagnaia jg berkembang walau blm signifikan,am73 jg udah mulai nyodok dibarisan 5 besar walau blm konsisten,TN30 udah dpt motor spec yg sama dgn 3 rider hodna lainnya + dpt data dari bradl tinggal penyesuian aja lagi,mir & rins mereka jg ngak tinggal diam yg 1 pertahankan juara,yg satunya mau rebut juara… so saya rasa bakal lebih ketat tahun ini racenya jika tidak ada kendala dan terinfeksi covid….

    Guest
      • Yes bro,kagak ada kemajuan,coba aja lihat mulai dia pindah yamahaa,awalΒ² doank yg garang itupun pabrikan lain pada bermasalah sama setting ecu,eh ngak taunya entah terlalu pede entah gimana,malah drop yamahaa dipenghujung musim,dan rossipun mengakui masalah yamahaa smpe skrng masih yg sama sejak 2016..

        Guest
  5. Kalau menurut pendapat saya, capaian fabio lbh meyakinkan yamaha di 2019. Nah di 2020 capaian morbidelli dengan motor tahun 2019 malah setup lebih konsisten meski power lebih rendah dari spek 2021. Dan utk 2021 adalah keuntungan bagi morbideli jika tetap memakai motor 2019 yg terbukti lbh konsisten ditiap trek dan sedikit lebih ramah masalah klep. So menurut saya tahun 2021 morbidelli jd salah satu penantang gelar motogp ywng kuat.

    Guest
    • Movistar aja kaburπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚,bentar lagi apa nih monster energy? Tapi kayaknya susah itu mau cabut selagi rossi masih ada digarasi yamaha..

      Guest
  6. Parameternya musim lalu, lha dikira motor pabrikan lain gak berkembang?

    Tapi baguslah, bisa fokus balapan. Kalo pke spek terbaru malah jd bahan percobaan wkwkwk

    Guest
  7. Hmm, berarti emang ga bisa suplai motor untuk 6 pembalap dong ya,harus ada yg ngalah entar antara PYSRT atau SYVR|46

    Guest
  8. Ini harus dilakukan yamaha utk berjaga jaga jika spek factory nya bermasalah.
    Seperti tahun lalu, spek A morbi msh bisa fight dg maksimal sementara 3 spek factory bermasalah.
    Dont put all your eggs in one basket

    Guest
    • With giving regular treatment to a goose who lays a golden egg last year,than the old geese who no longer productive

      Noice Move

      Guest
  9. Quartararo di tahun pertamanya bukannya jg gtu ya meraih hasil yg lebih baik di banding pembalap yamaha factory, tetapi krna awal 2020 lum terkena dampak pandemi covid 19 mknya di 2020 fabio dpt motor spek terbaru tetapi hasilnya malah jomplang dibanding musim sebelumnya meskipun akhirnya bs juara seri

    Guest
    • Simple nya, di 2019 Fabio bersinar dgn head to head di trek dgn Marquez. Di 2020 Franky bersinar tapi tanpa kehadiran Marquez di trek. So, sinarnya fabio di 2019 lbh terang, makanya lsng dpt motor factory yg sbnrnya jatah Franky.

      Guest
  10. Aku sih berharapnya pembalap factory 2021 moncer, jadi biar yamaha nyesel gitu, hahaha, karena emang dilema, pas 2019, MV dan FQ bagus, makanya di 2020 diperhatikan, nah giliran di 2020, 2 pembalap itu gak konsisten, dan Morbi paling konsisten (Yamaha). Nah, kalo di 2021 nanti tim factory moncer apakah yamaha jadi bingung?

    Guest
  11. Harapannya Franky lebih oke tahun ini
    Banyakin juara seri, head 2 head di depan
    Biar yamama sadar

    Mereka butuh pembalap dengan mental tahan banting, bukan yang merengek ngalor ngidul tapi gak tau salahnya dimana
    Ibarat kata businya yang mati, malah nyalahin karburator

    Cmiiw

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.