TMCBLOG.com – Baru baru ini saja beberapa pembalap MotoGP seperti melakukan pemanasan berupa Test menggunakan Sepeda motor Produksi Massal di sirkuit Catalunya – Barcelona? Agendanya apa? Selain mencoba Tikungan 10 yang baru saja selesai di ganti, Pembalap mengaku mengambil kesempatan ini untuk mengembalikan lagi Feel balap mereka yang lama dorman semenjak selesai nya Musim MotoGP 2020 yang lalu.

Setelah dikerjakan hampir selama sebulan penuh, Perubahan bentuk dari Tikungan 10 ( T Caixa ) Sirkuit Catalunya – Barcelona telah selesai dikerjakan sesuai dengan tengat waktu yang diharapkan. Untuk musim 2021 ini, dan dengan konsensus FIA dan FIM, Circuit de Barcelona-Catalunya telah menyiapkan Varian baru yang unik untuk Turn 10 yang akan ditempatkan di antara kedua layout tikungan F1 dan MotoGP lama . Modifikasi ini dibuat dengan tujuan untuk memperlebar celah pada spot tikungan tersebut, sehingga meningkatkan jarak aman dan kembali ke jalur rute originalnya.

Secara umum tikungannya selain lebih lebar, terlihat Lebih smooth yang menurut tmcblog akan membuat rolling Speed dan Corner Speed di T10 yang akan jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Terlihat dari Video yang dipost oleh Sirkuit catalunya, Di atas Superbike terlihat pembalap begitu flowing melibas tikungan ini. Bentuknya yang cukup lebar membuat kami yakin bahwa T10 ini akan jadi salah satu overtaking spot yang juga cukup menarik saat balapan nanti . . .

Tercatat nama nama seerti  Joan Mir, abang-adik Aleix dan Pol Espargaró, Àlex Márquez, Álex Rins, Fabio Quartararo, Johann Zarco, Jack Miller, Taakami Nakagami dan Lorenzo Salvadori. Di kategori menengah, Moto2 hadir  Raúl Fernández, Albert Arenas, Marcos Ramírez dan Remy Gardner; sementara Jaume Masià dan Gerard Riu mewakili Moto3  Dari MotoE , Alejandro Medina dan Dominique Agerter terlihat di lintasan Catalan; serta Tito Rabat dan Ana Carrasco telah melakukan hal yang sama sejak keduanya bergabung dengan WorldSBK.

Bagaimana Pendapat pembalap Sendiri mengenai Tikungan 10 yang baru ini setelah mencobanya sendiri ? Secara umum, perasaan mereka dengan tikungan ini sangat positif.  Pembalap menganggap bahwa konfigurasi baru lebih aman, lebih cepat dan kembali ke semangat sebelumnya, ke asal mula trek.

“Sangat senang berada di Sirkuit, yang merupakan trek kandang saya. Di atas segalanya, saya ingin mengucapkan selamat kepada Sirkuit untuk tikungan baru, ini adalah sebuat peningkatan. Sudut sebelumnya lebih rumit untuk motor dan sekarang kembali seperti sebelumnya, tetapi dengan keamanan yang lebih, ”kata Aleix Espargaró setelah menyelesaikan sesi.

Saudaranya, Pol Espargaró yang diprofide Hodna CBR1000RR-R dan Honda RC213V-S  berbicara ke arah yang sama. “Lebih aman dan kita semua akan menikmati tahun ini, semoga bersama publik, kita membutuhkan orang-orang untuk menyemangati kita. Kami akan sangat menikmati kurva baru yang sangat kami sukai ini ”.

Joan Mir, juga terlihat sangat menyetujui perubahan pada tata letak. “Saya sangat menyukai tikungan baru, keamanannya meningkat dan Anda dapat melihat treknya jauh lebih flowing. Sangat penting untuk datang ke sini dan menguji perubahannya, jadi kami sudah memiliki bayangan untuk MotoGP, ” komentarnya.

Fabio Quartararo : “Tata letak belokan sangat berbeda, tapi rasanya bagus. Ini antara yang lama dan tata letak F1. Saya suka, dan saya senang bisa kembali, selangkah lebih dekat ke Qatar.

Jack Miller telah setuju dengan Mir tentang fluiditas lintasan dan menegaskan bahwa sekarang “memungkinkan Anda untuk menggeser sepeda, ini lebih menyenangkan. Kombinasi dari semuanya sempurna ”. Pembalap Australia itu juga antusias dengan ide mengendarai Sirkuit hari ini. “Akan Sangat luar biasa untuk kembali ke Barcelona dan mencoba sudut baru. Kami kembali ke keadaan sebelumnya, dan itu bagus ”. Sirkuit Catalunya rencanannya akan menjadi Gelaran Seri ke-7 yang akan diadakan 6 Juni 2021

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

 

29 COMMENTS

  1. di yutub ada tuh video powerslidenya stoner di t10 yang lama, asli rapi dan keren banget, memang bentuk yang itu paling pas buat sepeda motor

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.