TMCBLOG.com – Secara Umum Motor Aprilia RSGP yang dirlis Oleh Aprilia di Qatar kemarin adalah Motor yang benar benar akan dipakai Oleh Lorenzo Savadori dan Aleix Espargaro di Musim 2021 ini. Motor ini hadir baru disemua sisi Baik Aerodinamika, fairiang, mesin maupun Sasis  . . Ya Aprilia diperbolehkan melakukan ini karena mereka masih terdaftar sebagai team Konsesi yang secara regulasi diperbolehkan menghadirkan Motor yang sama sekali baru . . Nahhh apa saja yang Baru dari Aprilia RS-GP 2021 . . ? Cekidot deh sob . .

” Ya tentunya fausto ( Gresini) akan sangat bangga terhadap apa yang telah kami lakukan. Anda bisa lihat ada banyak pekerjaan pada sisi Aerodinamika. Ada perbedaaan besar dibandingkan tahun lalu, kami kekurangan downforce tahun lalu karena pandemic dan perubahan peraturan. Sehingga bisa dilihat kami sekarang banyak melakukan pekerjaan. Motor ini banyak memiliki konsep aerodinamika baru yang sangat Inovatif dan sangat kami banggakan.

Bukan hanya aerodinamika, ada banyak part dari Motor berubah. Kami memperoleh Frame baru, Swingarm dari serat karbon, Struktur buritan yang merupakan kunci dari Sepeda motor modern. Disisi mesin kami memiliki head silinder baru, sistem Throttlebody, Motornya sendiri berbasiskan Mesin 2020 namun ada banyak perubahan subtansial “

Perubahan Mesin Yang dibocorkan Oleh Romano Albesiano di atas lumayan juga ya . . Albesiano bilang bahwa Bagian Overhead Camshaft dipastikan berubah . . ini jelas bukan hanya ada perubahan dari profil camshaft sebagai penentu Karakter pergerakan dari klep, Mungkin ada hal hal rahasia lain seperti Pengaplikasian variable Valve yang bentuk secara Mekanis Kayak yang pernah dipakai Suzuki ( kalau elektronik seperti pakai selenoida dan Hidrolis sudah pasti dilarang ) atau hal lain seperti perubahan bentuk finger folower atau hal hal lain. Jelas bikin kepo, namun sudah pasti sulit diharapkan akan diumbar oleh Aprilia ke Publik, Mereka hanya membuka Ke Direktur Teknis MotoGP tentunya sebagai syarat Homologasi.

Aprilia-RS-GP-2020

Aprilia RS-GP-2021

Dari dua foto Aprilia RS-GP 2020-2021 di atas terlihat memang secara umum area dari sayap aero winglet RS-GP 2021 lebih luas. Romano Albesiano bilang bahwa secara umum aero winglet 2021 didesain karena tahun lalu kekurangan downforce dan terlihat memang aero baru sekilas akan mengahsilkan downforce lebih besar . .

Dari rumus dasar Bernoulli yang dipakai dalam perhitungan aero wing baik di pesawat udara, wing formula 1 atau MotogP di atas, karena L ~ Besar Downforce berbanding lurus dengan luasan dari Wing. Ini artinya secara umum, Karena luasan wing lebih besar maka downforce Yang dihasilkan Oleh Winglet yang akan di[akai RS-GP 2021 ini sepertinya akan lebih besar dari  Versi sebelumnya.

RS-GP 2020
RS-GP 2021

Terlihat Juga Lubang AIR RAM dari Aprilia RS-GP 2021 terlihat lebih besar luasan di Inletnya . . . diperkirakan Aprilia sengaja memperbesar Lubang ini untuk menangkap lebih banyak Volume udara yang akan disalurkan Ke Box Filter udara . Perubahan desain asupan udara hampir selalu berkaitan dengan perubahan cara aliran udara mengalir mencapai Box filter udara dan tentunya ke mesin.

Aliran udara yang lebih banyak ke mesin biasanya berarti lebih banyak tenaga. Namun, memaksa lebih banyak udara ke dalam mesin dan dengan demikian menciptakan lebih banyak tenaga, dapat mengubah Balance dari hasil dan Delivery Power throttle. Oleh karena itu Juga kita bisa dengar dari Albesiano bahwa Sistem Throttle Body dari RS-GP 2021 pun berubah.

Update lain dapat dilihat dari swingarm Aprilia RS-GP yang sudah Karbon sekarang sob. Mengubah Swingarm dari Alumunium ke Karbon bukan berarti itu swingarm dirancang untuk menjadi se-kaku mungkin, namun itu dirancang untuk menemukan/mencapai sebuah tingkat kekakuan yang diharapkan dalam 3 dimensi. Maksudnya Gimana ?

Misalnya Jika kita menginginkan sebuah swingarm yang bisa ‘menekuk / bend’ saat motor miring [ketika posisi menikung], tetapi tidak menginginkan swingarm tersebut mengalami gejala material ‘melintir / twist’, Maka Karakter itu bisa diusahakan Oleh Aprilia dengan customisasi orientasi serat karbonnya agar memiliki kekakuan tiga dimensi yang diinginkan. Dari bagian bawah swingarm tersebut juga terlihat ada detail’sendok swingarm’ yang berfungsi sebagai ‘ pendingin ban ‘

Kita bisa lihat juga detail Side end Muffler yang pendek dan berjenis slash Cut yang banyak digunakan oleh pabrikan MotoGP saat ini. Sementara untuk muffler undertailnya hadir dengan detail leher knalpot yang juga sedikit berubah, dimana lebih lurus dibandingkan tahun lalu sob

Perubahan detail knalpot yang hadir di awal musim biasanya mencerminkan apa yang berubah di bagian dapur pacunya. Tebakan TMCBlog adalah dengan desain muffler seperti di atas sepertinya ada upaya Aprilia untuk ‘menggeser’ power band dari mesin lebih merata ke arah Rpm tinggi dengan kata lain sepertinya ada incaran supaya RS-GP 2021 sanggup mengejar top speed yang lebih tinggi.

Sementara itu Juga kita bisa lihat ada semacam Box di bagian Buritan dari RS-GP 2021 . . masih belum dapat diketahui isinya, namun begitu Romano Albesiano dalam Debrief dengan Jurnalis MotoGP termasuk tmcblog mengatakan bahwa Box pada buritan RSGP tersbeut hadir karena kebutuhan RS-GP untuk mengurangi Vibrasi dan Chatter . . jelas bahwa arahnya disinyalir Kuat ke Mass-Damper mekanis

Cover dari  samping kanan dan Kiri dari velg Yang terhubung ke spatbor depan ( front fender) terlihat sama desainnya dibandingkan dengan tahun 2020, salah satu fungsinya adalah sebagai air scoop ke Kaliper rem depan Brembo yang baru.

Dari sisi kokpit, tidak terlhat adanya tuas tuas pengoperasian dari holeshot devices Aprilia yang terkenal berfungsi pada suspensi depan. Namun ini tidak berarti mereka tidak akan menggunakannya di Musim ini . [ UPDATE ] dari Track Commentator MotoGP Simon Craffar diinforkan bahwa tahun 2021 ini Aprilia akan memulai mencoba Holeshot Devices yang berada di Shock Breaker belakang RS-GP

Bodywork Juga terlihat berbeda, bisa sobat lihat misalnya dua Gambar RS-GP 2020 dan 2021 di atas dimana Dari Daerah Fuel tank sampai Buritan, Panel Body Karbonnya sudah tak ada lagi yang sama satu bagianpun. Sasis utama juga terlihat banyak mengalami pendesainan Ulang.

Secara umum Aprilia terlihat Serius memanfaatkan Keunggulan dari sisi Kebolehan Regulasi yang membuat mereka bisa melakukan Banyak hal dari sisi teknis dari RS-GP bahkan mengubah secara umum daleman mesin. Namun Secara umum dari sisi pandangan sumberdaya khususnya pembalap, Aprilia sedang kekurangan orang khususnya sebagai test Rider. Lorenzo Savadori naik menjadi Pembalap Utama, sementara Bradley Smith belum menyatakan kesiapannya sebagai test Rider Aprilia sampai hari ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

 

 

 

 

 

 

32 COMMENTS

        • Hampir semua kayak desmo,rsgp,rc16 begitu semua sekarang fairing bagian radiatornya dipapras biar udara makin lapang
          Jadinya kayak motor kerudungan adventure dikasih fairing terusan sampe Undercowl

          Guest
  1. Tumben langsung memajang motor terbarunya,biasanya kebanyakan team mendisplay motor lamanya kasar katanya cuma rilis liverynya doang,pas test terakhir sebelum pembekuan baru muncul tuh bentuk yg sebenarnya

    Guest
  2. kurang pembalap bagus dan test rider yg bagus dah itu aja,,
    kalo masalah finansial,tim Aprilia vs Suzuki kira2 mana yg lebih besar ya ??

    Guest
    • Kayaknya lebih kuat finansial Suzuki, walaupun sponsornya dr oli perusahaannya sendiri kayaknya selama ini gak ada keluhan dr pembalapnya tentang keterlambatan update motor (mungkin ada sumbangsih jajaran mobilnya yg cukup laris di India)
      Sedangkan Aprillia walaupun ada sponsor sky Q tapi Aleix pernah mengeluhkan pengembangan motor yg lambat

      Guest
    • Aprilia juga gw rasa financial bisa dibilang gak lemah. Mereka masih piaggio group yg mana piaggio motor laris di europe

      Guest
  3. Klosaja,jikalau,andai dovi mau brsabar dn brjiwabesar mau telaten dn memahami neng april mungkin keniscayaan itu akan datang entah musim ini ato musim depan,tp mlihat aleix yg bgitu sabar ko ga moncer jg,mngkin neng april btuh pria yg agresif…dn itu ada pd mas ian

    Guest
      • Yeah nah, ane masih bisa “menikmati” visual GP21, but to each their own. Selera masing masing aja.

        Guest
    • Pendapat ane desain motor MotoGP sekarang itu jelek, karena abis pake winglet /aerofairing begituan. Bikin lama lama desainnya mirip mobil lmp1. Semuanya sama

      Tetep motor MotoGP era sebelum 2010 is the best

      Guest
  4. Baru tau kalau Gulf Oil ikut sponsorin di motogp, kalau misal RSGP pakai livery Gulf oil kayak di Ford GT40 kayaknya bakal jadi salah satu livery terbaik sepanjang masa di motoGP..

    Guest
  5. Mukanya kaya hantu film “scream”.
    Ada lunch box segala menandakan nyari solusi instan kesanya.

    Beda bgt sama Crew chief Suzie pas interview kemaren2, pertama lihat GSXRR 2015, kesanya langsung kagum, simplest bike but put everything in place perfectly.

    Guest
  6. Diliat dari depan wingnya kaya lebar banget, pas liat foto dari belakang motor baru keliatan kalo wingnya agak miring kebawah

    Guest
  7. kenapa ada yang aneh rasanya ya, di bagian depan itu terasa kosong … kopong, apa yang beda dari motor pabrikan lain ya ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.