TMCBLOG.com – Setiap Mikro atau mili detik diperhitungkan di MotoGP. Start adalah Koentji  . .  start adalah salah satu momen dimana Pembalap bisa nyodok ke depan walaupun memulai dari posisi grid dan row yang tidak menguntungkan. Oleh karena itu apapun akan dilakukan untuk bisa memanfaatkan Momentum start semaksimal mungkin , salah satunya dengan Holeshot Devices yang secara umum memang sangat terinspirasi pada perangkat yang awalnya di pakai di Motocross ini . .

Holeshot Aprilia 2019

Holeshot Device Ducati bekerja dengan mengkompres dan Mengunci Lendutan kompresi Suspensi belakang sementara Aprilia Lebih memilih mengunci Lendutan kompresi suspensi depan (mirip seperti Holeshot motocross). Setelah di dua-tiga tahun yang lalu Kita melihat Evolusi Perangkat Holeshot ini mayoritas bekerja di Suspensi belakang. Maka di 2021 ini perangkat serupa namun bekerja di suspensi depan sepertinya mulai merebak setelah dilaporkan ada banyak Pabrikan seperti Honda, Ducati dan Suzuki mencobanya selain Aprilia yang sudah menggunakan semenjak di Paruh kedua Musim 2019.

Melalui foto yang dijepret Oleh Gold and Goose di trek Losail Qatar pada Test Pra Musim hari pertama Kemarin akhirnnya ketahuan bahwa Suzuki Ecstar juga mengaplikasikan Holeshot Devices ala Motocross di Suspensi depan Ohlins Carbon Suzuki GSX-RR mereka dan dicoba oleh Sylvain Guintoli. Secara bentuk 100% mirip seperti holeshot depan yang sebelum ini dipakai Aprilia dan Cara kerjanya 100% mirip dengan holeshot Motocross dimana saat tuas holeshot diaktifkan maka secara mekanik akan membuat suspensi tertekan dan membuat posisi motor jadi lebih turun.

Tujuan utama dari Pengaplikasian Holeshot Device yakni  Utamanya Untuk meminimalisasi terjadinya wheelie dengan tujuan sekunder yang juga banyak , salah satunya memberikan Traksi lebih besar lagi ke Ban belakang agar bisa efektif melakukan start. Direktur teknis MotoGP Corrado Cecchinelli  pernah menjelaskan bahwa Zaman Di mana ban Michelin sangat bagus grip karetnya seperti saat ini, Akselerasi saat start itu handicap/ Tantangan nya paling utama adalah Wheelie bukan spining ban belakang. Ini artinya jika wheelie bisa diminimalisasi hadir maka dipastikan akselerasi akan lebih cepat.

Nah anti wheelie dengan cara mengaplikasikan Holeshot Device Murni 100% bersifat mekanik dan tidak ada hubungan sama sekali dengan proses elektronik yang dikendalikan Oleh ECU ( anti wheelie ECU-IMU tetap ada ). Kunci Utama dalam Anti wheelie mekanis adalah merendahkan serendah mungkin titik Pusat Massa (Centre of Gravity- CoG). Nah ini lah yang merupakan tujuan Paling Utama Banget dari Holeshot Devices secara umum . . untuk yang suka pembahasan Detail teknisnya bisa lompat dulu ke belakang Via Link artikel ini

[Tech Talk] Penjelasan Lengkap Holeshot Device . . . Pilih Gaya Ducati atau Aprilia ?

Yang Juga Cukup menarik adalah di 2021 ini Holeshot depan dan Belakang digunakan secara simultan atau berbarengan saat Start dan keduanya akan ‘ ternon-aktifkan’ secara otomatis mekanis saat Pembalap melakukan pengereman keras di Tikungan pertama. Namun begitu yang juga bikin kepo lanjutan adalah apakah Shapeshifter yang biasannya hanya bekerja di suspensi belakang dan bisa diaktifkan saat Balapan Juga  berlaku di Holeshot depan ini ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

14 COMMENTS

    • mereka udah pake dari musim sebelumnya cuman kita aja yg baru pertama liat langsung. dan di artikel ini sepertinya adalah versi pengembangan dari sebelumnya.

      Guest
  1. Apa ini salah satu solusi kualifikasi susuki yg kurang begitu bagus ya, jarang dapet pole. Tapi musim lalu susuki start nya selalu kececer aja bisa juara dunia kok. Apalagi kalau holeshot device ini sukses. Susuki semakin di depan yg lain makin ketinggalan.

    Guest
  2. Pas hardbrake dan suspensi depan udah terkompresi,apa tangan rider gak makin stress tuh menahan downforce dan lendutan dr ban ke aspal

    Arm pump siap menanti

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.