TMCBLOG.com – Skuter Vespa klasik tidak diragukan lagi adalah salah satu sepeda motor dan atau skuter paling laku dan paling digemari yang pernah dirancang. Menjelang peringatan 75 tahun pengenalannya Brand Vespa, Piaggio telah mengumumkan persiapan kehadiran versi 75th Anniversary Vespa Primavera dan Vespa GTS untuk menandai mileage ini.

Vespa asli muncul pada tahun 1946 tetapi idenya telah dikembangkan selama dua tahun sebagai gagasan dari Enrico Piaggio, yang meneruskan bisnis manufaktur brand Piaggio yang awalnya didirikan oleh ayahnya, Rinaldo, pada tahun 1884. Setelah bisnis pembuatan pesawat yang awalnya dilakukan Piaggio lumpuh Pasca Pengeboman PD2 Italia butuh untuk membangun kembali ekonomi dengan menghadirkan sarana transportasi yang terjangkau. Saat itu solusi skuter berbiaya rendah dan mudah dikendarai adalah solusi yang Enrico Piaggio temukan. Pada tanggal 23 April 1946 Piaggio mengajukan dokumen paten untuk Vespa, dengan produksi dimulai akhir tahun 1946.

Hebatnya, sampai vespa yang wira wiri saat ini konsep dasarnya tidak banyak berubah sejak saat itu; Bodywork baja yang juga berfungsi sebagai struktur sepeda, mesin satu silinder sederhana, desain step-through, dan bahkan desain suspensi depan satu sisi, semuanya masih menjadi ciri khas masih dipertahankan sampai saat ini.

Model hari jadi ke-75 yang diluncurkan awal pekan ini mencakup Primavera 125 dan GTS 125 dan 300 (Primavera 50 dan 150 juga akan ditawarkan di beberapa pasar mungkin juga versi 150 cc akan hadir untuk versi Asia ). Apa pun yang dipilih, Versi spesial ini akan hadir dalamwarna¬† ‘Giallo 75th’ – kuning metalik yang disebut Vespa sebagai ‘interpretasi kontemporer dari warna-warna dalam mode di tahun 1940-an’ – dikombinasi dengan tulisan nomor ’75’ warna emas gelap di sisi-sisinya.

Menurut Piaggio, Versi ulang tahun ke-75 ini hadir ditujukan untuk pelanggan yang lebih berorientasi pada kemewahan. Hal ini bisa dilihat dari kehadiran jok kulit dan roda ber-velg abu-abu gelap dengan paduan mesin yang kontras pada velg, ditambah trim berlapis krom pada spatbor depan, samping, palang, spion, peredam suara, dan panel instrumen.

Di bagian belakang, model hari jadi ke-75 mendapatkan rak bagasi krom dengan tas kulit melingkar yang bisa dilepas dan dimaksudkan agar terlihat seperti pembawa roda cadangan pada beberapa model Vespa lawas. Cover yang water proof dapat dipasang untuk melindunginya dalam cuaca hujan

Yang bikin senang adalah, Seperti model ‘Centenario’ Moto Guzzi yang diluncurkan tahun ini, Vespa Versi ulang tahun ke-75 tidak akan dibatasi dalam hal jumlah produksi tetapi hanya akan dijual pada tahun 2021 ( Unlimited 2021 ) . . Namun ya itu dia belum ada informasi tambahan mengenai Versi Versi yang mungkin bisa dijual Piaggio di Indonesia.

Taufik Of BuitenZorg | @tmcblog

9 COMMENTS

  1. Pfft,acc Aprilia buat bikin satelit?
    Mending bikin Vespa dgn embel2 anniv dan dijual dgn harga ga ngotak

    Guest
  2. Kotak-kotak hitam di body bawah stang, left side itu apa ya mas?
    Maaf males baca artikelnya

    Guest
  3. Gorengan sprint sama gts racing sixties kemarin kurang panas, akankah yg ini sepanas gorengan primavera SW ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.