TMCBLOG.com – Salah satu Brand Aftermarket yang cukup terkenal Yakni Rizoma baru baru ini memperoleh Penghargaan Red Dot, sebuah ajang penghargaan Yang berpatokan pada kombinasi desain produk Yang bagus dan Fungsionalitas Yang Prima. Rizoma Memperoleh red Dot Award berkat Produk Inovatif mereka Kaca Spion Stealth.

Yang Bikin Kaca SPion ini Inovatif adalah Pengganbungan antara Desainnya yang sleek dan Dua fungsi yang bisa diperoleh Kosumen yang membelinya. Kaca Spion ini bisa dialih fungsikan dari fungsi standarnya Yakni sebagai Kaca spion untuk melihat obyek di belakang motor menjadi Fungsi aerodinamika yang dalam 5 tahun terakhir cukup heboh di Motorsport yakni sebagai Winglet penghasil Downforce.

Yap Inovasi wing sebagai penghasil downforce pada Motor awalnya di gunakan di MotoGP. Namun Akhir akhir ini banyak Superbike Produksi massal yang sudah mengaplikasikannnya di Produk Standar mereka. Sebut saja Ducati Panigale V4S, CBR1000RR-R, Kawasaki ZX-10R maupun BMW M1000RR. Downforce ini digunakan untuk meyakinkan Roda depan memperoleh grip tambahan.

Jadi Fungsi Spion dan fungsi winglet pada Kaca spion Rizoma Stealth ini di aktifkan seara bergantian. Artinya ketika jadi spion maka ia bukan winglet dan sebaliknya. namun begitu Rizoma Nggak Main Main dalam mengklaim fungsi dari Spion stealh mereka ini. Berdasarkan Uji Internal mereka, Spion Rizoma Stealth yang memiliki angle of Attack 25º dapat menghasilkan 8,8 lb ( 4 kg ) Downforce pada kecepatan 300 km/jam  . . hmmm kecil sih, sebagai Perbandingan Winglet Panigale V4R dapat menghasilkan downforce sebesar +30 kg pada kecepatan 270 km/jam.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

28 COMMENTS

  1. berarti desain dan material nya ga sembarang ya, tapi apakah ga membebani fairing waktu winglet aktif ??

    Guest
  2. Secara regulasi meskipun produk hanya menghasilkan manfaat yg tidak begitu banyak, klaim tetap bisa dipertanggungjawabkan. Bukan hanya gimmick.

    Bonus paling bagus sih ini estetika dan fungsinya emg dapet bgt sebagai spion, dibanding desain spion ori yg kadang tidak sejalur dgn garis desain bodi.
    Sy masih tim spion ori btw, haha.

    Guest
  3. Ada versi gixxer 1000 yg baru berarti fix bisa di pasang ke gsxr150 karena dudukan spion & spion standarnya plek ketiplek sama + karet handle barnya pun sama, boleh jg nih buat modip ala2 hedon wkwkwkwk

    Guest
  4. Brand Spion aftermarket yg bagus apa sih selain rizoma? Yg modelnya mirip2 rizoma gitu. Tapi bukan Kw/replika palsu. Mengedepankan fungsi dan estetika.. Jarang bgt yg bahas ini.. syukur brand lokal

    Guest
    • Dari barat : barracuda / lightech / puig / bikemaster / speedmetal / sw-motech / oxford / kurkakyn / CRG
      Taiwan : koso
      Japan : KITACO ( BUKAN KTC/Kytaco)

      Klo indo mah pada replika smua modelnya

      Guest
      • Wah makasih bro infonya..
        Cuma agak susah ya carinya..
        Cari di olshop ujung2nya ditujuin replika Rhizoma hehe

        Guest
  5. Gk ada alasan lagi buat melipat spion deh,tapi kalo kena senggol lumayan juga tuh kaya kena pedang kayu

    Guest
  6. Cocok buat superbike yang super kencang kencang itu bisa dapet downforce, motor saya kaga bisa kencang biar pake spion bawaan pabrik yang lebih safety aja?

    Guest
  7. Spion model berdoa banyak fungsi nya yee kan hahaha

    bisa buat nambah kegantengan,buat gantung tas, gantung jacket dan masih banyak lagi

    Guest
    • Sejak era dimana Suzuki ngeluarin Shogun SP
      Ane sudah jadi fans pabrikan S
      So jadi GSX yang palomg uhuy desainnya

      Everlasting dan enak dipandang sembari ngopi sore2

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.