Pict : Carmudi

TMCBLOG.com – Motor yang sudah mengaplikasikan Sistem Injeksi bahan bakar Apapun Merknya biasannya memiliki sistem komunikasi yang bisa membuat pemiliknya mengetahui apa permasalahan dari Motor jika memang mengalami masalah. Termasuk Juga Sepeda motor Merk Honda yang sudah banyak tersebar di market Indonesia dan Mayoritas Honda telah menggunakan sistem PGM-FI dimana Sistem sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan yang terjadi pada sepeda motor. Hasil diagnosa ini akan disampaikan melalui Kode kedipan dari malfunction indicator lamp (MIL) berwarna Kuning  yang terletak pada bagian Dashboard speedometer Honda.

Pada kondisi normal, ketika kunci kontak dalam posisi ON maka MIL akan menyala sekitar 2 detik kemudian mati kembali dan motor siap dinyalakan. Jika 2 detik nggak mati, maka kemungkinan sistem Mesin ada masalah dan Selama kegagalan pada sistem PGM-FI belum diperbaiki, maka MIL akan terus berkedip. Jumlah kedipan pada MIL memiliki arti tersendiri untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI.

Kedipan MIL pun terdapat dua jenis, yaitu kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik. Dalam mendeteksi kedipan MIL, untuk satu kedipan panjang akan dihitung sama seperti 10 kedipan cepat. Lalu untuk satu kedipan cepat akan dihitung 1.

Sebagai contoh  apabila MIL pada Honda Scoopy berkedip panjang dalam satu kali kemudian dilanjutkan dengan dua kedipan cepat maka akan dihitung sebagai 12 kedipan ( 10 + 2 ) . Lalu dapat diindikasikan bahwa sepeda motor tersebut mengalami potensi gangguan pada sistem injector  . .  Contoh lain Honda Vario 125, yang MIL-nya menyala kedio panjang 2 kali dan berkedip pendek 1 kali. Jadi kasus ini punya kode kerusakan 21, saat dicek ternyata itu kode kerusakan di area O2 sensor.

Nah Berikut 12 jenis indikator permasalahan motor berdasarkan kedipan MIL di Sepeda Motor Honda.

  • 1 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor atau Manifold absolute pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold. Bila tidak segera diatasi akan menimbulkan akselerasi kurang baik dan performa mesin pun tidak maksimal pada putaran atas.
  • 7 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor temperatur mesin atau biasa disebut Engine Coolant Temperature (ECT) Atau Engine Oil Temperature (EOT). Akibat dari hal ini dapat membuat mesin agak susah dihidupkan pada saat mesin kondisi dingin.
  • 8 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor throttle position (TP), bila dibiarkan maka mesin akan mudah mati dan akselerasi pun tidak maksimal.
  • 9 Kedipan | Menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor Intake air temperature (IAT). Akibat yang ditimbulkan performa mesin tidak maksimal, mudah mati, emisi gas buang yang dihasilkan pun tidak bagus.
  • 11 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor kecepatan sehingga indikator speedometer tidak berfungsi atau bila telah menggunakan fitur Idling Stop System (ISS) tidak akan berfungsi.
  • 12 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem injector sehingga sepeda motor tidak bisa dinyalakan.
  • 21 Kedipan | Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada area sistem O2 sensor (Oxigen sensor). Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi gas buang dan kondisi pembakaran mesin. Akibat yang ditimbulkan mesin sulit dihidupkan dan terdapat suara letupan pada knalpot.
  • 29 Kedipan | Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada area sistem Intake Air Control Valve (IACV) yang membuat putaran stationer tidak stabil, mesin sulit dihidupkan dan boros bahan bakar
  • 33 Kedipan |  Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem Engine Control Module (ECM) yang merupakan sumber dari seluruh pengaturan sistem PGM-FI. Akibatnya sepeda motor tidak dapat dihidupkan.
  • 52 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor crankshaft position (CKP) sehingga sepeda motor tidak dapat dihidupkan.
  • 54 Kedipan | Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada area sistem sensor bank angle. Sensor ini berfungsi untuk mematikan mesin ketika sepeda motor terjatuh atau mengalami kemiringan hingga 60 derajat dengan toleransi + 5 derajat, dalam waktu 5 detik. Namun sepeda motor tetap bisa di hidupkan kembali dengan mematikan kunci kontak terlebih dahulu kemudian dihidupkan kembali.
  • 67 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada sistem Honda Selectable Torque Control (HSTC) terkait putaran roda depan dan belakang yang dibaca oleh ECM. Sensor ini bekerja ketika sepeda motor dalam kondisi diam dengan standar tengah, kemudian dinyalakan dan tuas gas dibuka selama 20 detik, maka bila terdeteksi masalah, MIL pun akan berkedip. Kode ini hanya muncul pada sepeda motor yang memiliki sistem HSTC seperti Honda PCX160 tipe ABS, XADV dan Forza.

Nah Jadi Gitu sob, Kita bisa mendeteksi dan mendiagnosa permaslaahan Pada Motor Honda Jika kita memilikinya dan mengenai troubleshootingnya memang paling bagus adalah mengontak AHASS terdekat untuk dicari solusi permasalahannya. | Based on AHM Info

 

28 COMMENTS

    • Bukan gitu, MIL menyala terus menerus itu deteksi awal untuk memberitahu bahwa ada sesuatu yang ga beres.. untuk mengetahui apa yang error harus di short dulu pake soket DLC, baru nanti muncul kedipan kedipan sesuai trouble yang di maksud

      Guest
  1. mapas, sampe 67 kedipan.
    trlalu byk klo hanya sekedar buat warning doang..
    harusnya dibikin lebih singkat biar lebih cepat memastikan, atau dibuat nyala panjang dan pendek..
    imho

    Guest
      • justru karena udah baca makanya komen.
        maxudnya itu kan bisa disederhanakan daripada puluhan kedip gitu, lebih baik pake kode angka misal E1 untuk error A, E3 untuk error B, dst..
        ente nanggepin opini orang tapi kagak paham, hmm..

        Guest
  2. Sering liat dijalan motor2 matic injeksi baik yamaha atau honda lampu MIL nya nyala terus. Si pemakai ya bodo amat dan mungkin juga gak ngerti apaan artinya, yang penting motor asal bisa jalan, tapi begitu mogok yang disalahin motornya.

    Guest
  3. Di jalan pas lampu merah kadang, suka merhatiin spido motor org. Uniknya sering banget ketemu motor macem aerox, mio series, yg indikator check enginenya nyala. Sampe kadang mikir, ini tuh motor yamaha yang gampang bermasalah, atau jangan2 sensor motor honda yg mati? Karena blm pernah liat vario series atau BeAT yg indikator check enginenya nyala. ????

    Guest
  4. Ga berlaku buat ahass agak gede deket rumah saya..

    Saya tanya service kok gada colok colok ecu kaya yg sering saya denger soal injeksi yg sering saya denger di internet, malah dijawab kalau gada sistem warning lampu kuning gitu brrti gada masalah apa-apa gaperlu dicek

    Padahal mah memang alatnya aja gaada 🤣 berapa kali kesana juga ga pernah liat pasien lain diperiksa sistem injeksinya kok ahak ahak

    Guest
    • Mereka punya, cuma mereka gak mau ribet nambah2in antrian motor yg serpis, gw dah paham bngt sama tingkah laku oknum montir dealer resmi motor apapun. Walaupun yg sering begini AHASS.

      Yg terbaik menurut gw kalau lu serpis motor di bengkel spesialis motor tipe tersebut, atau bengkel langganan dr dulu yg terpercaya.

      Kecuali lau sultan, punya big bike serpis di bengkel resmi, pelayanan serpis lu juga cem sultan.

      Guest
      • Motor saya cuma supra x 125fi Om hehehe

        Saya di Kalimantan, bengkel umum jarang ada yg bisa ngecek injeksi apalagi punya diagnostic tools. Jadinya ceknya balik lagi cara manual, dicek atu atu berdasarkan gejala

        Guest
      • Ya pindah tempatlah.
        Masak semua dealer tempat jualan motor terlaris didunia gak punya diagnostic tool?

        Guest
        • jarang nemuin setiap service honda di ahass pake diagnostic tool..

          kalau di Yamaha sih sering nemuin pake diagnostic tool.

          bukannya nyudutin tapi realita dilapangan 😉😄😄

          Guest
  5. Lebih simpel kayak merk sebelah, pake kode angka
    Seharusnya hal2 seperti ini oleh pihak produsen motor jelasin juga ke konsumen

    Guest
  6. Wah, repo gw kok gak ada mIL MIL an ya…. Yang ada jarum bensin kalo dah lewat setengah, auto gak kuat tegak lama, hahahaha

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.