TMCBLOG.com – Akhirnnya PT Tarakusuka Serius Jadi Nyemplung di Segmen helm Retro dengan menghadirkan Helm INK Trooper. Helm ini tmcblog bilang ‘serius’ karena walaupun menggunakan Brand INK dan Bukan KYT, namun saat kami perhatikan secara mendalam detail helmnya, boleh dibilang benar benar bagus, rapi, ringan dan benar benar Fungsional . .

Secara Strategi Marketing, tmcblog rasa memang Tarakusuma benar benar ingin membuat strategi dari JP Signature yang awalnya Blue Ocean, menjadi red Ocean dan Bahkan merah membara. Boleh dibilang INK benar benar menyasar Ke market yang awalnya diseriusi banget Oleh Helm JP ini. Salah satu sinyalnya adalah Price Possitioning dimana memang secara umum INK Trooper yang dibanderol Mulai 650 ribu rupiah ini benar benar diposisikan sejajar dengan JP signature . . benar benar merah membara !

“The speed with which a position is occupied is critical. Those who own a position early may need to expand less resources defending it than those who come later and must try to occupy that position. The defense of an occupied position is always less costly than the expenditure required to take that position.” – first Mover – Tsun Zu

Tarakusuma tentu mengerti soal hal ‘ first Mover ‘ yang pernah diceritakan oleh Tsun Zu dimana menjadi First Mover punya banyak keuntungan Psikologis dan momentum . . . JP SIgnature secara umum adalah salah satu first Mover helm Full face retro dengan Innner Visor . . . Secara umum menurut teorema First Mover, Cost JP untuk bertahan akan selalu lebih mudah karena Produk Mereka lebih dahulu dikenal di segmen ini. INK memang mau nggak mau Harus membuat perbedaan jika ingin merebut momentum JP signature . .

Dan Kami tmcblog melihat hal ini, Secara umum helmnya berjenis sama . . full face, Dengan Innner Visor . . namun INK terlihat mau memberikan diferensiasi lebih kepada konsumen  . . . yang pertama  yakni desian Inner Visornya sendiri sangat mengikuti Lekukan dari Bibir helm . . . dan ini yang berbeda dengan JP signature , cek deh dua foto di bawah ini

Singkat Kata Jika Inner Visor JP signature dturunkan akan menyisakan Gap udara, Namun ketika Inner visor dari INK Trooper diturunkan maka akan menutup sempurna helm dan membuat Udara luar lebih minim masuk ke dalam helm. . .

Diferensiasi kedua yang tmcblog lihat adalah Penggunaan kulit sintetik warna coklat Yang retro banget di beberapa tempat yang sangat terlihat seperti bagian bawah. Dan yang terakhir hadir selot kaca mata serta lubang tempat speaker yang biasanya menjadi satu set dengan sistem komunikasi Blueetooth ataupun RF.

Saat hands-On Review secara umum helm INK Trooper ini memiliki shell terluar berbahan termoplastik, Cukup ringan, dan memiliki kontur shell foam dalam yang bulat Banget. Disinyalir bentuk ini akan membuat lebih banyak lagi range pemakai helm ini karena biasanya rider asia kepalanya lebih ke arah Bulat. Tidak ada ventilasi yang bisa dibuka tutup, namun lubang di bagian chin Guard cukup untuk membuat sejuk daerah dalam helm ketika Visor full ditutup.

Saat tmcblog pakai, Ini helm memang nyaman banget dibagian liner dalam yang bersentuhan dengan semua Bagian Kulit kepala. Sistem buka tutup Visor mudah dilakukan, Warna Light Smoke dari Visor ternyata benar benar Ok walaupun dipakai jalan riding malam malam. TMCBLOg sempat pakai helm ini menggunakan CBR650F dan ketika digeber kencang memang terasa masih ada banyak spot spot dari turbulensi udara yang bikin helm ini memiliki spot spot berisik. pada dasarnya dengan Bentuknya yang Retro Namun Universal . . tmcblog rasa naik Motor jenis apapun mau itu Skutik komuter, Skutik turing, Trail, nakedBike ataupun Sport Fairing bike pakai helm ini kayaknya Ok Ok saja . . . silahkan cobain deh sob

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

20 COMMENTS

  1. Knp gak pake brand KYT aja ya? secara positioning brand INK tergolong helm murmer…
    Sementara helm ini dijual di angka 700k 🤔

    Guest
    • INK murmer?? ya klo di banding brand2 luar sih iya,, tapi klo di Indonesia positioning harga helm INK ga beda jauh sama KYT.. cuma aja image nya udah ga sekenceng dulu, karena jelas TKI pasti ngutamain ngangkat Brand original Indonesia nya yaitu KYT..
      Dulu itu Helm INK termasuk brand yg cukup top walau tetap beda kelas dengan brand top global macam AGV, Airoh, Shoei, Arai, Nolan dll, tapi build quality dan finishing nya sudah cukup sangat baik di banding helm2 lokal lain saat itu, bahkan dengan KYT sekalipun.. harga nya pun lumayan di atas helm2 lokal pada umumnya (utk tipe2 tertentu)
      Kenapa ane bilang bgni, karna ane sendiri dulu pernah pake modular nya INK beberapa tahun dan udh rasain sendiri kualitas nya..

      Guest
  2. Akhirnya ada yg nemenin JP. Baguslah biar ga main sendirian.

    IMO, secara bentuk sebenarnya lebih bagus JP, bahkan dengan gap visor yg menganga tak jadi masalah. Malah menambah kegantengan helm yg seakan2 pake google. Tapi astaga innernya jelek bgt, kasar, kyk helm 100ribuan.

    Kalo INK/KYT yakinlah puas.

    Guest
  3. Sepertinya air Vent bagian mulut tidak ada sistem buka tutupnya ya ? Kalo hujan deras apakah air masuk ke bagian mulut ?

    Guest
  4. review ah, dah punya keduanya.

    JP signature,
    buat main enduro, saat ketemu debu tebal ataupun hujan visornya membantu banget, apalagi yang berkacamata dan nafasnya terjaga karena area chin guardnya luas, perkara kena air hujan diarea itu jadi resiko yang lumayan, dijamin masker basah, tapi kalau enduro an khan gak pake masker. untuk yang berkacamata, dengan area chin guard luas maka aliran udara lebih plong, tidak bikin embun dikacamata maupun visor.

    INK Trooper
    belum lama pake, inner nya bagus, gak kayak JP, semoga materialnya gak gampang jamuran karena kulit sintetik, dan cukup di taro di udara ruang, gak perlu rawatan yang intens. chin guard pendek, belum lama dipake hujan2 nemenin jas hujan ASV eh kacamata embun dan kabut, akhirnya mesti buka sedikit visor dan turunin masker (kena basah juga akhirnya). tapi space kacamata nya lebih enak, walaupun pakai balaclava model ninja. dan pet bisa dicopot sama kayak JP.

    dah gitu aja, gak diendorse kok.

    Guest
  5. gara2 Wak Haji, aku beli 1 helm ini, baru aja sampe d rumah paket nya hehee.. siap menemani harian dan turing, akhir nya nemu pengganti yg sepadan atau bahkan lbh baik dari Snail MX311 ane yg udh 6 tahunan.. hehe
    kenapa jadi beli INK bukan JP? karena ane udh pernah punya INK dan nyaman banget modular nya, build quality nya bagus, kaca2 nya awet, bener2 scratch resistance.. si Snail jg krg lbh sama walau bukan brand yg top, tp setidak nya udh certified ECE dan kaca nya juga tahan banting bgt n awet, kecuali kena goresan benda tajam ya,, bahkan stlh 6 thn sun visor nya masih mulus banget, padahal ane sering bgt pake..

    Guest
    • review dikit stlh di pake trip bogor-bandung:
      +helm ini enteng banget bin cakeppp
      +kalau di tutup kaca nya lumayan kedap juga suara2 dari luar
      +dipakai di malam hari kaca nya gag gelap, masih OK banget n aman

      -kurang rekomen utk di pake high speed, lumayan ada turbulensi nya, jd kepala agak godeg dikit
      -suara angin cukup masuk kalau kenceng, tapi buat ane ini bisa jadi nilai plus juga, jadi ada ‘alarm’ saat kita udh terlalu kenceng
      -lagi2 suara angin, kalau ada hembusan angin dari samping saat riding di cuaca yg berangin, ada suara angin yg beda lagi masuk ke helm, mgkn dari celah inner visor dengan outer case nya, tapi utk anginnya sendiri gag masuk kog ke helm, jd aman, cuma terdengar suara nya aja
      -setelah di pake beberapa kali, saat nutup visor kadang suka stuck dikit karna posisi turunnya kaca antara engsel kiri dan kanan suka ga bareng, tp gag ganggu banget kog ini

      Tapi semua minus helm ini tertutup sama kegantengan dan harga nya kog, jadi tetep worth the money banget koggg helm ini

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.