TMCBLOG.com – Pasca Grand Prix Portugal, Marc Márquez sangat menghargai Momentum dimulainya petualangan barunya dengan Pol Espargaro, seorang pembalap yang telah dikenalnya sejak mereka masih kecil. Dan Marc pun sempat memaparkan Impresi akhir pekan bersama Pol Espargaro dalam sebuah Interview yang di fasilitasi Oleh Box Repsol di mana ia banyak bicara mengenai finish di P7 Portimao setelah sembilan bulan meninggalkan trek, berbicara tentang kondisi fisiknya setelah GP Portimao dan menegaskan bagaimana Jerez akan menjadi trek yang sedikit lebih menguntungkan baginya.

T: Bagaimana Jalannnya GP pertama bersama Orang yang telah kamu kenal bertahun tahun yang lalu

Marc Márquez: “Ini mungkin bukan Grand Prix terbaik dalam hal hasil, karena kami ingin debut sebagai rekan satu tim. Tetapi dalam kasus saya pribadi, saya pikir ini sangat positif. Ya, memang benar bahwa saya tidak terlalu memperhatikan rekan satu tim, saya memiliki cukup banyak pekerjaan di sisi saya, tapi itu bagus. Kami sudah saling bertukar pendapat, dan semoga kedepannya bisa terus meningkatkan keduanya.

T: Dengan Kompetitor lama ( Pol espargaro ) , Apa hal bagusnya ketika sekarang harus berbagi Box?

MM93: “Hal yang baik tentang berbagi Box dengan Pol adalah kami sudah saling kenal sejak kami masih kecil dan kami berkompetisi di piala kadet. Dia selalu menjadi orang yang menang, karena dia lebih tua, dan kemudian persaingan tumbuh. Kami belajar satu sama lain di 125cc dan Moto2.

Mampu berbagi tim berarti kita bisa belajar banyak hal dari satu sama lain, memiliki rekan setim yang kuat membantu meningkatkan level di dalam box dan membantu Anda push lebih banyak hal setiap hari untuk menjadi yang Terbaik di dalam Box, yang pertama di Honda dan pria yang harus dikalahkan dengan sepeda motor (yang sama) ”.

T: Bagaimana Anda menilai GP Portugal ?

MM93: “Itu adalah akhir pekan yang penuh dengan emosi, terutama juga pengalaman yang belum saya miliki dalam karir olahraga saya, tapi saya menikmatinya. saya menderita namun saya juga bersenang-senang. Saat balapan selesai, ada perasaan lega dan bebas bisa bekerja dengan tim sepanjang akhir pekan.

T: Akankah di GP Jerez akan lebih baik ?

MM93: “Saya memiliki batasan fisik, tetapi ini akan menjadi sirkuit yang sedikit lebih mudah, setidaknya dari awal. Karena di Portimao, di sisi box saya, kami tidak memiliki referensi dan saya tidak pernah mengendarai motor di sini. Di Jerez, kami punya referensi. Kami telah balapan bertahun-tahun dan ini akan membantu dari awal.

Tetapi secara logis, melaju cepat adalah langkah terakhir, akan jadi pertanda apakah lengan sudah banyak berkembang atau tidak, dan juga akan mencoba menyesuaikan motor sedikit dengan gaya berkendara saya sekarang. “

T: Bagaimana perasaan pertama yang Anda rasakan pada hari Jumat (FP1) ketika Masuk trek setelah 9 bulan?

MM93: “Pekerjaan bertumpuk di mana-mana. Sejujurnya, saya tahu cara mengendarai motor, tapi saya banyak melakukan run dan banyak mengerem dengan rem karbon. Pekerjaan itu sedikit menumpuk, tetapi perasaan tegang lebih hadir ketika saya berhenti di kotak ketika saya merasa sedikit down secara fisik.

T: Bagaimana Anda menilai performa Anda di GP pertama musim ini?

MM93: “Pada level olahraga, jauh lebih baik dari yang saya perkirakankan. Secara logis saya ingin memenangkan balapan dan berjuang untuk kemenangan, tetapi yang lain adalah bersikap realistis dan saya tahu bagaimana hal itu akan terjadi secara fisik.

Saya tidak mencapai 100% dan saya tidak 100%, tetapi ini kemajuan, ini adalah langkah yang saya mainkan dalam pemulihan saya: untuk membalap di MotoGP lagi. Untuk start keenam di grid, dalam balapan bisa finis ketujuh (berjarak) 13 detik di belakang pemimpin. Itu adalah akhir pekan yang sangat positif dalam hal kecepatan ”.

T: Bagaimana perasaan Anda secara fisik? Bagaimana Anda finis pada hari Minggu setelah balapan? Dan pada hari Senin, bagaimana kebangkitan Anda?

MM93: “Secara fisik saya sudah terbebaskan dan tenang, sudah berasimilasi. Pada level mental, saya berpikir tentang Jerez dan bagaimana meningkatkan dan bagaimana mendapatkan satu poin lagi, tetapi pada level fisik saya sekarang memiliki 2 atau 3 hari istirahat untuk pemulihan. Saya harus berhati-hati setidaknya satu bulan kedepan ini dan kemudian akan ada waktu selama musim untuk mulai lebih push secara fisik ”.

T: Bagaimana latihan Anda selama seminggu setelah balapan pertama ini?

MM93: “Saya adalah seorang pengendara yang suka berlatih di rumah, terutama banyak bersepeda motor karena itu adalah cara untuk meningkatkan diri. Sepeda motor membutuhkan sepeda Motor, tetapi saat ini saya tidak bisa, kami hanya akan melakukan hal ini dari balapan ke balapan : ada tiga hari pemulihan di rumah. Kemudian saya akan melakukan tiga hari gym yang cukup lembut dan mencoba untuk tetap bugar tetapi tanpa ingin meningkatkan Level, tanpa ingin menambah berat badan lebih dari yang diperlukan, karena para dokter telah merekomendasikan bahwa perkembangan usaha Buat lengan harus dilakukan selangkah demi selangkah ”. 

taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

24 COMMENTS

  1. tetap sabar jalani proses ke 100% Marc..
    btw semoga gak trauma, tahun lalu crash nya di Jerez ini kan.. tp ini salah satu sirkuit fav nya Marc..

    Guest
  2. Yang perlu jadi warning buat lawan adalah dia sudah menginginkan kemenangan di awal uji coba balap.
    Dan yg paling bahaya adalah dia masih tersenyum ceria.

    Guest
  3. 2 minggu jarak gp, 14 hari. 3 hari istirahat, 3 hari di trek (jumat-minggu) masih ada 8 hari untuk latihan

    btw mm kan gak pakai thumb brake buat rem belakang, cmiiw. Giamana kalau nambahin thumb brake buat membantu pengereman depan ? biar tangan kanannya bisa lebih fokus menghandle motor dan ga terlalu ngoyo buat ngerem juga

    hahah sotoy

    Guest
      • oh iya itu pernah denger, cuma kan saat ini prioritas utama harus tangan kanannya gak dikasi beban berlebih toh. Mgkin dia kepikiran

        Guest
    • Gak ngaruh deh,thumb brake buat rem belakang doang kan?

      Kan yg masih lemah otot lengannya(penopang utama yg menahan beban saat mengerem dgn rem depan carbon)
      Jadi ga ada alat penunjang yg bs membantu Marquez saat ini,kecuali lengannya dipasangi exoskeleton seperti film Elysium

      Guest
      • maksud saya, kalau ngerem sambil belok kan tangan kanan tu megang setang sama megang tuas rem. Nah karna yg kanan lagi gabisa macem macem, ini buat ngebantu aja

        biasa kan yg kiri ga terlalu sibuk, ini dikasi sedikit tugas tambahan buat ngurus rem juga gitu

        Guest
  4. “dan juga akan mencoba menyesuaikan motor sedikit dengan gaya berkendara saya sekarang”
    .
    Apa maksudnya gaya balapnya akan sedikit berubah?

    Guest
  5. H saat ini sedang pusing, krn melihat kompetitor semakin meningkat pesat, saat ini tdk hanya Yamaha dan Ducati yg menjadi pesaing tp Suzuki sudah menjadi momok yg bikin mumet. Setelah mampu Juara dunia tentu Suzuki sangat diperhitungkan oleh H yg saat ini merosot tajam.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.