TMCBLOG.com – Empat puluh lima menit sesi FP1 dilangsungkan hari Jumat ini yang merupakan sesi pertama dari Grand Prix Italia di sirkuit Mugello. Dan sampai 10 menit pertama hadir Michelle Pirro di atas Ducati GP21 Pramac Racing sebagai yang tercepat sementara pada timesheet dengan 1:47,945. FYI, laptime record sementara di sirkuit ini adalah 1:45.519 atas nama Marc Marquez yang ia torehkan tahun 2019 dengan rekor top speed sirkuit 356.7 atas nama Dovizioso 2019.

Maverick Vinales yang baru saja menjadi ayah, gantian memimpin timesheet pada menit ke 15 dengan 1:47,443 diikuti Quartararo dan Pirro. Menit ke 25 Maverick masih memimpin sesi latihan bebas pertama ini diikuti oleh Quartararo dan Nakagami. Pada sesi FP1, umumnya pembalap mengunakan kombinasi soft-medium.

Mengenai ban kompon medium, Piero Taramasso dalam penjelasannya ada dua hal baruyang dibawa Michelin di Mugello tahun 2021 dan berbeda dengan tahun 2019. Hal pertama adalah ban depan soft yang dibuat sedikit lebih hard. Dan yang kedua adalah ban belakang hard untuk Mugello 2021 ini dibuat lebih memiliki karakter support grip lebih baik dibandingkan dengan ban spesifikasi hard di tahun 2019. Sementara itu sisanya; ban depan medium, depan hard, belakang soft, belakang medium sama persis dengan yang dibawa Michelin ke MotoGP Mugello musim 2019 yang lalu.

Memasuki menit ke 35, Maverick memimpin dengan 1:47,130 diikuti Zarco dan Quartararo dan posisi top 3 ini tidak berubah sampai memasuki menit ke 40. Menit ke 41 Franco Morbidelli dengan ban depan medium naik ke posisi dua, begitu juga Alex Rins yang merangsek ke posisi tiga sementara. Menit ke 42 Rins memimpin timesheet dengan 1:47,085. Joan Mir naik ke posisi tiga. Menit 44 Rins mengupdate laptimenya menjadi 1:46,952. Persis pada menit ke 45 Maverick Vinales torehkan 1:46,593.

Sesi FP1 MotoGP Mugello ini menempatkan Maverick Vinales sebagai rider yang tercepat dengan 1:46,593 dikuti Johann Zarco dari Pramac Ducati dan Alex Rins dari Team Suzuki Ecstar di tempat ke tiga.

Taufik of BuitenZorg ~ @tmcblog

29 COMMENTS

  1. Rossi makin terpuruk ya, dia kalo tetep maksain balapan dan ga cepet2 pensiun yg ada anak2 skrg bakal ngira kehebatan Rossi hanya sekedar mitos dan urban legend.

    Guest
  2. Bisa kalau separuh musim kedepan selalu hujan. Kak Ros dan MM93 Selisih 1,7 detik dengan Neng Vina, Mudah-mudahan FP2 dan FP3 bisa dipangkas banyak.

    Guest
  3. loh loh.. motor dengan top speed terendah a.k.a mesin inline malah nangkring di atas..
    di sirukuit ini jika balapan cerah, pemilihan ban amat krusial. mudah mudahan seru.

    Guest
  4. Secara layout emang lebih cocok Ducati ya
    Tapi banyak juga long corner dan fast corner langganan I4

    Toh, lagian masih FP 1 juga
    Masih terlalu dini, Btw Mir lagi pngen nebus kesalahan sepertinya

    Sedikit banyak pngen dukung ini Mir
    Tapi kalo udah gak bisa fight rasanya jadi gak pengen idolain siapa2 lagi drpada jadi haters

    Wkakak

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.