TMCBLOG.com – Pada hari Jumat kemarin MotoGP telah menyelesaikan sesi FP1 dan FP2 MotoGP Catalunya 2021. Sebelum masuk kemasalah setup motor dan ban, Kondisi Trek Catalunya mengahdirkan Trek licin di pagi hari dengan sedikit grip. Sementara Grip Lebih baik di sore hari tapi Para pembalap masih mengeluhkan masih kurang grip (hal ini persis seperti yang terjadi di tahun 2020). Temperatur lintasan adalah 30°C di pagi hari dan 40°C di sore hari. Secara umum kedua sesi Ada perbedaan hasil waktu yang lebih besar dari biasanya antara dua sesi FP1-FP2 di Trek trek lain yang akan secara umum akan sedikit mengurangi akurasi dari analisa keseluruhan jika FP1 dan FP2 digabungkan.

Namun begitu tmcblog lihat dari data yang dikumpulkan Oleh Mantabn Crew Chief Jonathan Rea – Chris Pike di atas adalah Franco Morbidelli terlihat cukup nyaman sementara itu Mantan team Matenya – Fabio Quartararo – memperlihatkan kembali bagaimana Ia di sesi Siang FP2 – yang memiliki waktu yang sama dengan saat race nanti – sudah kembali merasa cukup settle dan sudah memulai menemukan konfirmasi perkiraan setup elektronik dan Ban apa yang akan ia pakai untuk Race hari ahad nanti.

Yap Walaupun Johann Zarco pada dasarnya Bisa menempuh Laptime tercepat, Namun secara umum Zarco Hanya melakukan 7 Lap terbaiknnya dengan rerata 1:40,205  . . Sementara Quartararo dengan 11 lap berhasil mebubuhkan Rerata Laptime Yang lebih cepat 1:40,197 . . .mengenai Ban, diperkirakan pembalap Seperti Fabio setelah melihat hasil hari Jumat di atas, akan memulai Sesi Hari sabtu dengan lebih fokus ke satu kombinasi ban saja  . . Nggak lagi merasa tergona mencoba coba kombinasi ban lain.

Menurut analisa Michelin sendiri, Ban depan asimetris pada dasarnya bekerja dengan baik. Dan menurut michelin seperti Yang lansgung tmcblog terima Via Informasinya via Whatsapp bahwa dua sesi di Jumat kemarin memperlihatkan Pilihan Ban depan Untuk race sudah mengerucut menjadi Medium atau Hard sementara kompon Soft mungkin tidak cocok untuk balapan Full Distance.

Ketiga Jenis Kompon ban belakang juga telah diuji Oleh pembalap di Sesi Jumat. Soft Rear Slick tidak menawarkan grip yang luar biasa karena permukaan lintasan Catalunya yang low grip dan terkadang membutuhkan satu putaran pemanasan (namun, Soft ini tetap merupakan solusi terbaik untuk Time attack semisal Untuk Kualifikasi). Kompon Rear Medium Slick memiliki kompromi antara grip dan konsistensi. Sementara Ban Hard menawarkan stabilitas dan konsistensi yang sangat baik. . .

Review Michelin di atas sepertinya memang sedikit banyak memang sejalan dengan Perkiraan ban apa yang akan Jadi Fokus dari Pembalap seperti Quartararo dan Morbidelli di Hari sabtu ini . . yakni Slick Medium – Medium. perkiraan tmcblog Di FP3 mereka akan push di awal Guna Yakin bisa masuk sesi Q2  . . Lalu setelah terasa aman, mereka akan switch ke Mode Riset Race Pace . After All ini masih analisa hasil Hari Jumat . . Masih terbuka Peluang dinamika, terlebih apabila cuaca berubah  . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

22 COMMENTS

  1. Motogp ga seru kalo didominasi 1 pembalap saja, morbideli pbalap mental juara dan ga gampang ngeluh, cocok dia di honda atau ducati. Biar makin seru dan siap tarung dg quartararo

    Guest
  2. terkait trek yg licin, bila emwan kambuh lagi bisa gaswat
    semoga tidak kambuh, bila tidak, gesrex yg terkenal balance bisa mengambil alih balapan di paruh kedua balapan atau mesin v4 bisa punya keuntungan sendiri dengan menikung sliding ban belakang atau malah marcenges bisa memanfaatkan situasi ini dengan trek licin
    pasti seru race besok

    Guest
  3. Eranya sudah banyak berubah
    Dulu FP rasanya cuman buat cari best time untuk masuk Q1
    Tapi sekarang riset udah mulai dilakukan sejak FP 1

    Apa emang ane yg br tau ya ?
    Makin ketat sih makin pinter2 berstrategi ini pembalap sama timnya

    Guest
    • udah lama, kalo ga salah wak haji udah ngebahasnya dr zaman Marc yg mempelopori riset dr hari Jum’at, sementara pembalap lain sibuk time attack,

      Guest
      • semua gegara ban Michelin yg sangat sensitif…
        jadi banyak detil utk bisa kompetitif jmn GP skrg..
        tontonan ini jd kurang masuk.. utk penonton awam.. yg taunya pembalap GP itu cmn Rossi dan Marquez doang xixixi

        Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.