TMCBLOG.com – Bicara soal regulasi mengenai sasis adalah sesuatu yang menarik karena Sasis merupakan salah satu part dinamik yang boleh dibilang hampir bisa dibilang sangat bebas dan Minim regulasi. Mau dari bahan pembuatannya, bentuknya, sampai ke keunikan regulasi tanpa pembatasan penggunaan Jumlah Sasis yang mau dipakai Oleh Setiap pengendara . . ekstrim Kata mau ganti tiap sesi latihan juga Diperbolehkan. Dan Kali ini Kita akan mencoba Membahas soal KTM dimana memang selama tiga – dua seri ke belakang Sasis baru ini disuplay bersamaan dengan Hadirnya Bensin Baru ETS racing Fuel ke kedua Pembalap Red Bull KTM dengan capaian terbaik sementara Seri Mugello di mana Oliveira bisa finish Podium dan Brad Binder Bisa finish top-5 adalah capaian yang Luar biasa . . Ada apa dengan Sasis Baru KTM ini ?

Secara umumΒ  jika kita lihat secara Kasat Mata, terlihat seperti kayak Nggak Banyak perbedaan yang bisa dilihat dengan Mata telanjang. Namun memang yang bisa dilihat adalah hasilnya berupa kecepatan dan Juga Race Pace. Sepertinya Sasis baru KTM ini memberikan derajad kestabilan dan Keseimbangan baru dari motor sehingga RC16 bisa lebih stabil Khususnya saat keluar tikungan sembari buka gas berakselerasi.

Para pembalap mengungkapkan impresi ‘ kestabilan saat menikung ‘ ini dengan Suku kata ‘ menikung yang alami ‘ Salah satunya adalah Brad Binder. Menurut Brad, dengan Penggunaan Sasis Baru ini, ia dan Oliveora tidak perlu terlalu rebah menikung di tikungan, mereka bilang menikung jadi lebih alami, tidak terlalu radikal dan ekstrim. Tapi tetap kencang.

Jika Pembalap Bisa cepat dengan cara menikung yang alami/ tanpa terlalu berlebihan membentuk sudut nikung maka efeknya bisa banyak. Yang pertama adalah Potensi Crash dapat dikurangi karena pembalap Tidak selalu berada pada Batas/ Limit dari Bundaran Donat dari ban. Lalu yang kedua Karena stabil, Maka grip akan terjadi di Daerah tapak ban yang lebih luas alias tidak selalu berada di edge/ Ujung / limit dari kemampuan Menikung rebah motor. dan karena nggak terlalu rebah maka Contact Path Ban ke asphal jadi lebih lebar juga dan ini jelas akan membuat Ban lebih awet saat dipakai dengan Jarak 1 Kali balapan yang umumnya dilangsungkan dua puluhan-lap

Stabil saat keluar tikungan dengan Contoh seperti misalnya di Misano, Maka Ini artinya ada initial speed yang bagus dari KTM RC16, sehingga no wonder . . walaupun rumornya Ducati Punya Power terbuas dan tertinggi se Grid MotoGP, namun karena Kecepatan Awal KTM RC16 yang tinggi menyebabkan Bahkan faktanya Malah Hanya KTM yang bisa menyamakan raihan Top Speed MotoGP yang sebelumnya ditorehkan di Losail. Perkiraan tmcblog Initial speed KTM RC16 ini sudah lebih tinggi dari Desmosedici GP.

Sampai Seri Catalunya ini Baru Binder dan Oliveira yang menggunakan Sasis baru ini, sementara Dua pembalap tech3 KTM baru akan mencobanya di test hari senin yang akan datang.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

54 COMMENTS

    • Yes.. ane berfikiran sama
      Sayang daped blum mau jadi test rider hrc.. apakah krn masih ada puig..??

      Guest
    • Wkwwk betul pada ngarep daped jd test rider HRCπŸ˜†πŸ˜πŸ˜πŸ˜,saat kondisi HRC berantakan,bukanya sudah ada alien

      Guest
      • Bukanya udah dr dulu..?? Hrc minta daped jadi test rider?? Selama ini kemana aja?? Apa gara2 mongtor nyaman berada di depan trus pada rame2 kluar dr got??

        Guest
    • Lucu gerombolan epbeha skrg pada ngarep Dapet balik HRC setelah ketauan progress KTM, epbeye jadi punya bahan baru neh wkwkwk

      Berarti mengakui kehebatan HRC karena ada Pedrosa, memang secara statistik semenjak Pedrosa ga betah di HRC RC213V mulai ga kompetitif, puncaknya ketika Pedrosa resmi keluar itu motor cuma Marquez yg bisa bawa menang. Skrg skill Marquez ga sehebat dulu lagi, entah sampe kapan HRC betah di papan tengah.

      Guest
  1. Wah ancaman besar kalo corneringnya gak butuh terlalu rebah dana contact patch lebar, bisa segera akselarasi buka gas dong

    Guest
  2. Awal mula yg bagus KTM klau udah di papan atas beuh sulit utk di takluk kan liat aja di mxgp 😁 pesaing berat HONDA pasti KTM😊😊

    Guest
    • Habitat KTM kan di dakar dan mxgp tapi itu dulu. Sekarang tahta di dua itu sudah mulai terganggu dgn Honda. Jangan tanya Moto3 KTM vs Honda ya.

      Guest
  3. detilnya kayak gimana wak bentuknya kurang jelas …kayak gorengan setengah mateng nih wak kurang sedap kunyah nya

    mungkin lebih tebal kan wak seperti Twinspar / DeltaBox ???

    Guest
    • haha ada beberapa detail memang masih tertutup fairiang dan tentunya saya yakin ini juga soal material dan kalau sudah begini akan susah πŸ˜€

      Administrator
    • haha ada beberapa detail memang masih tertutup fairing dan tentunya saya yakin ini juga soal material dan kalau sudah begini akan susah πŸ˜€

      Administrator
  4. Daped sepanjang karir pake honda yg pake sasis alumunium twin spar bisa ngembangin sasis trelis saat jd test rider KTM … Luar bioskop feeling nya

    Guest
  5. Ktm mungkin sudah langanan lima besar kalau bawa sasis aluminium. Pabrikan lain berlomba-lomba bawa sasis aluminuim dengan alasan kemudahannya,, tetapi kalau ktm harus diakui bahwa mengambil jalan tersulit sendiri dan berbeda sendiri se grid motogp dengan sasis teralisnya.

    Guest
      • Definisi mencari jalan sulit sesungguhnya. Bukan pabrikan dgn sdm dan dana melimpah suka cari jalan pintas tapi sama pecinta merknya diframing seolah cari jalan sulit. Jaman awal 4 tak pada pake 4 silinder dia langsung 5 silinder karena paham itu jalan pintas buat raih tenaga tertinggi tapi sama pecintanya dianggap cari jalan sulit karena 5 silinder bangunnya lebih rumit. Memang rumit, tapi menang dana semua jadi simpel. Itu salah satu contoh.

        Guest
        • Hahaha jalan sulit ??
          Terlihat sulit karena ktm dong yg pake.
          Tau kenapa ktm kekeuh pake sasis tralis ?
          Karena data riset mereka tentang sasis tralis bejibun.
          Jalan sulit itu kalo ktm berani riset sasis alumunium dari 0

          Guest
        • Lah lu kira RC16 ga riset dari nol? Sebutin satu aja part di RC16 yg hasil nyewa/dibikinin manufaktur diluar KTM dan WP. Justru bikin rangka dari aluminium itu gampang, buktinya Kalex, Suter, FTR bisa bikin motor motogp dan salah satu dari mereka pernah pole position.

          Btw mana nick helm yg suka gob blog in yg argumennya bersebrangan? Kok ga dipake lagi sih. Ngatain gw gonta ganti nick lu sendiri ngumpet dibalik nick baru🀣

          Guest
    • [email protected] secara alaminya memang lebih rumit bangun sasis teralis daripada aluminium. Itu salah satu alasan kenapa dari awalnya banyak pabrikan yang mengambil sasis aluminium di gp daripada teralis walau di mass pro nya juga mereka pakai sasis teralis juga.

      Dan kenapa juga ducati berpindah dari teralis ke aluminium karena memang mereka telah menyerah dengan sasis teralis.

      Guest
  6. Ya, lebih baik membicarakan KTM dibandingkan merk Sayap Chicken, kasian dari 2020 ancur, sekarang masih aja ancur meski udah ada Baby Ali-end..
    HRC duit tak terbatas, cobalah jangan malu malu buat motor dengan Inline 4, biar kompak pabrikan Jepang salam 1 konfigurasi.
    Kasian Pol Espargaro.. Ingin prestasi malah frustrasi. Doi pasti garo garo kepala dengan kenyataan ini..

    Guest
    • Rossi aja pengen Yamaha bikin V4 malah lu nyuruh H bikin inline. Kalo ga karena kolot, Yamaha ama Suzuki jg udah pada beralih ke V4 karena selalu kalah power.

      Guest
        • Suzuki gamau lagi bangun mesin V4 karena mesin produksi massalnya inline, mereka ga mau hasil riset motogp ga bisa diimplementasiin ke superbike. Tapi tetep, karena inline inferior mereka ngakalin pake crossplane biar akselerasi sedikit bejalan ama v4.

          Guest
  7. Buruan kasih Petrux sasis baru, biar agak bagusan dikit hasilnya. Salah satu pembalap underrated favorit saya nih.

    Guest
  8. “…Perkiraan tmcblog Ini tial speed KTM RC16 ini sudah lebih tinggi dari KTM RC16…”

    Ini maksudnya gimana, Wak?

    Guest
  9. Ukuran batang main frame ny masih mirip kaya awal2 dulu, tp yg sekarang bentuknya kotak bukan model bulet kaya di moto3.

    Yg masih jd misteri, rajutan subframe ny ini pasti yg sering diubah2. Ntah di kasih carbon reinforce ato pake hugger aluminum utk subframe ny buat atur rigiditas, trelis kotak khas superduke ini sih πŸ˜•

    Guest
    • Gw rasa memang perubahannya di bagian yg ketutup fairing. 2020 gw udah coba minta tolong temen gw fotoin pas telanjang tapi kata dia KTM ga pernah lepas fairing di depan pintu paddock, alias mereka sengaja rahasiain. Karena gw ngerasa kalo skrg bukan pake pipa aluminium, berarti mounting depan pake aluminium ato gampangnya kaya gsx rr yg mounting depan ga dilas tapi cuma dibuat.

      Guest
  10. Twinspar deltabox ala2 teralis ktm..gengsi tapi ngikutin jepun juga..
    Kapankah ecu stelan inhouse bisa balik ke masing2 pabrikan,sayang tu asimo honda sama motobot yamaha gk dgunain”

    Guest
  11. Coba Indonesia kolaborasi sama ktm or wp.
    Biar cepet madju permotoran kita-kita dimari

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.