TMCBLOG.com – Fabio Quartararo di Lap 22 terlihat membuka retseleting werpaknya dengan tujuan membuang / melepas Chest Protector yang ia kenakan, dan setelah itu di tiga Lap terakhir ia membalap dengan kondisi retseleting depan werpak terbuka. Dan pada akhirnnya Fabio Quartararo finish di posisi 4 Karena laptimenya harus di potong 3 detik karena memotong Trek di T1 dan T2. Hal ini menimbulkan berbagai pendapat di mana Dalam 3 lap terakhir ini Fabio Quaratarro terlepas dari apapun penyebabnya, artinya Fabio membalap dengan kondisi sangat rentan dan membahayakan diri sendiri jika misalkan ia (amit amit) crash dan terjatuh dalam kondisi retseleting depan werpak tersebut terbuka.

Casey Stoner sendiri sempat merilis Twit pendapatnya mengenai Hal ini :Apakah @FabioQ20 sengaja melepas ritsletingnya atau tidak, saya percaya itu seharusnya Black Flag. Pada level ini Anda tidak dapat diizinkan untuk balapan di 350km + dengan Werpak Anda terbuka  ” Untuk Sobat Ketahui Bila Black Flag dikenakan ke Fabio, maka ia akan mengakhiri Sesi Balap ini dalam kondisi Diskualifikasi dan Tidak membawa pulang Point Sama sekali.

SC : Manuel Pecino

Rule MotoGP juga pada pasal 2.5..5.2 disebutkan bahwa Semua peralatan Berkendara termasuk Werpak ( 1 Piece leather suit ) Harus dikenakan dan ditutup dengan benar Selama aktifitas Balap berlangsung

Pict : Simon Patterson

Twit Dari Stoner ini dibawa ke Sesi Post race Press Converence dimana Baik Miguel Oliveira dan Johann Zarco Ditanya pendapatnya mengenai Potensi Black Flag Buat Fabio Quartararo. Johann Zarco : ” Dan mengenai Fabio, Black Flag menurut saya bukan Karena membahayakan Kami, namun lebih ke membahayakan dirinya sendiri. Kita tidak bisa membalap dengan Keadaan Werpak terbuka.

Paling tidak dengan mengeluarkan protector kemudian menutup (retseleting) werpak kembali. Jika keadaan Werpak terbuka, ini akan sangat berbahaya. Black Flag Untuk keselamatannya sendiri adalah sesuatu yang bisa diterima “

Miguel Oliviera : ” Saya setuju dengan Opini Johann, pada akhirnnya kita harus menunggu Race Direction untuk menentukan keputusan hal seperti ini. Adalah benar ini merupakan hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya di masa lalu. kami pernah melihat Part Motor lepas dari Motor seperti yang terjadi pada Jack contohnya.

Ketika menyangkut keselamatan pembalap adalah tinggal keputusan race Direction untuk memutuskan untuk keselamatannya sendiri. Dengan alasan tersebut, saya setuju, jika sudah jelas di TV bahwa ia tidak bisa menutup werpaknya, menruut saya untuk keselamatannya sendiri ia harus kena Black Flag “

jack Miller Juga ungkapkan jawaban serupa namun recording kami agak bermasalah saat ia bicara. Namun begitu Jangan sampai ada preseden buruk Terjadi di mana seseorang dianggap terlalu bernafsu mengejar Champonship sampai berani Mempertaruhkan keselamatan dan Membahayakan dirinya sendiri terjadi di arena balap dengan Level Paling Tinggi se Motorsport Roda dua ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

123 COMMENTS

    • Di baca jelas2 artikel nya dgn pikiran jernih, balapan ada aturan nya, bukan balapan congor asal mangap aja

      Guest
      • Apakah anda membaca bahwa karena sesuatu hal yg mengakibatkan seorang pembalap membuka reselting werpack dalam balapan harus dihukum dg pinalty (blackflag)..

        Guest
    • Jangankan ngebuka resleting wearpack dengan alasan masalah airbag mengembang (issue y), motor dengan kegagalan rem blong pun mereka tetap berani gas pol mempertaruhkan nyawa y…

      Guest
    • Sampai segitunya demi terlepas dari puasa gelar 6th berturut2…
      Dari ponakan masuk Paud sampe naik kelas 2 SD tuh pabrikan susah banged juara… Ngoooaahhh..

      Guest
    • Lebih heran sama beha, mereka sangat ingin fq20 kena black flag krn tidak mau menanggung malu team hondo ada d dasar zamban terus?

      Guest
      • Kok situ oon bgt sih id Kunk ini,yg ingin fq20 diblack flag itu pembalap motogp yg lain dan emg ada peraturannya,elu bahkan sama beribu ribu netijen ingin pembalap motogp dihukum ini itu jg ga akan diturutin sm dorna ataupun FIM da elu bkn siapa2..hadeuh

        Guest
    • Selain out of topic, ni orang suka bgt nyalahin fans base orang lain..

      Orang bikin rusuh gini kok ga ke jaring sih wak/om nug? Padahal enak baca komentar diatas pada bahas* rules yg banyak pembaca belum tau, eh keselip komentar sampah macem rxz ini..

      Guest
  1. Sebenarnya salut sih sama perjuangan Taro. Tapi kalo menyangkut urusan keselamatan, race direction seharusnya bertindak cepat membuat keputusan. Sebab kejadian Taro ini emang benar² bahaya bnget, pa lagi dia juga sedang duel sama Miller dan resiko untuk crashnya lebih besar

    Guest
  2. quartaro prlu diruwat kayaknya..
    kl aturan harus blackflag ya hrs d blackflag, dn konsisten.. jgn smpai aturan bilang a tp implementasi b, contohnya saat enjin mati wktu mau start, dn pembalap memutar motor melawan arah balapan..

    Guest
    • maksudnya saat insiden start race di Termas de Rio Hondo 2018 (cmiiw) ???
      lha bukannya itu si Marc saat itu udah kena hukuman yakni masuk pit sehingga kehilangan banyak waktu, hampir separuh lap ??
      yg uniknya dia masih bisa ngejar rider yg finish diluar top 5 dan nyenggol kakek legend karena saking pelannya (karena lebih lambat nyaris 1.4 second per lap)

      Guest
        • koq situ tau hukuman nya sdh pasti black flag ??
          situ yg bikin aturan ??
          aturan jelasnya aja baru direvisi dimusim 2019, karena rulebook sebelumnya cenderung msh membingungkan (mengenai engine stalling sebelum start race)

          Guest
        • pasal 1.21.11 menyebutkan must not “ride” in the opposite direction
          ya bila dia “berkendara” melawan arah
          lha si Marc kan nuntun/dorong motornya melawan arah

          gimana sih

          Guest
    • hukuman yg telat, harusnya sdh di awal blackflag..
      ini jg quartaro bukannya jg dh dipinalti 3 detik..
      ya mmang seharusnya blackflag, tp preseden itu sdh prnh trjadi..

      Guest
    • marquez jg bebas dr hukuman, aturan bila ada motor bermasalah sudah jelas bahkan sblum revisi, bunyinya adl: Any rider who stalls his engine on the grid or who has other difficulties must remain on the motorcycle and raise an arm. It is not permitted to attempt to delay the start by any other means…
      bunyi setelah revisi adl: The rider must remain on the motorcycle and raise an arm. Attempting to restart the motorcycle on the grid is not permitted. Under the supervision or assistance of a marshal the rider will exit the grid to the pit lane dst…
      jd ride through itu pinalti krn re-starting engine di grid start, pinalti 30dtik krn ir-responsible riding menyebabkan crash, dn putar arah motor gk dpt pinalti ?

      Guest
      • karena dia kagak secara harfiah “berkendara” melawan arah
        ngerti kan ?
        dan saat itu terjadi banyak kebingungan, sehingga aturan di rulebooknya direvisi di 2019

        Guest
  3. well, setuju sih,, tindakan yg dilakukan Quartararo tadi bener2 berbahaya, meskipun banyak yg salut sama mental tarung nya,,
    tinggal menunggu keputusan race direction aja deh,

    Guest
  4. Kata Zarco: “Taro harusnya kena Black Flag”

    Dalam hati, lumayan kan selisih point gw (Zarco) dgn Taro di championship makin tipis.

    Knp Miller gak di tanya yaa? penasaran dgn jawaban Miller.
    Knp? krn Miller juga pernah melakukan hal yg mirip2, yaitu ngebuang jok motornya di tengah2 race.. apakah berbahaya? bahaya juga dong,, krn di belakngnya ada rider lain.
    Trus Miller org nya paling positif terhadap sesama rider, jd pengen tau dia akan ngomong apa ttg Taro dgn wearpacknya.

    Guest
  5. Terlepas dari apapun, FQ memang layak di black flag atas aksinya.
    Meskipun begitu, harus diakui performa dia luar biasa, tahun ini bisa jadi buat Yamaha. Salut.

    Harusnya dia bisa legowo kalaupun gak dapet poin di race ini, dan bisa berbangga diri atas performa dia yang gemilang sepanjang race di musim ini. Kalau dr kacamata gw ngeliatnya, FQ bisa juara musim ini kalau dia tetap konsisten.

    Duo Frenchman lagi kerasukan apa ya musim ini? JZ juga gemilang dengan Ducati..

    KTM bener2 kuda hitam banget.
    Honda? Apes banget dah. Gw ga yakin MM bisa balik ke performa dia dulu, walaupun masih berharap mudah-mudahan MM bisa kompetitif kembali.

    Intinya musim ini motogp seru banget!

    Guest
  6. Saya rasa fabio punya alasan itu terjadi karena apa? Trus ini belum pernah terjadi sebelumnya,tentunya race direction jg belum bisa ambil sikap lebih dari mundur satu posisi kan. Klo soal keelngkapan..nah dalam race bisa saja pembalap motornya habis jatuh tanpa winglet ,winglet lepas sebelah dan lainnya. Harusnya bukan black flag. Red flag dlu. Hehe

    Guest
    • apapun alasannya membalap tanpa kelengkapan itu tidak dibenarkan. ga perlu cari pembenaran karena yg butuh selamat yg bersangkutan karena dia berada dalam posisi tidak aman. fabio dalam hal ini juga gede egonya karena ga mikirin keselamatan dirinya sendiri, persis bgt sama vinales tahun kemaren dengan rem nya.

      Guest
      • Nah aturan juga belum tegas, jM gak ditanya. Dlu kan dia sempat buang part motor sadel saat race. Knapa juga tidak nyalahin race direction kan. Klo masih abu abu ya. Hukuman yang sdh jalan ya itu saja dulu harusnya. Next buat aturan lebih detail.cmiiw

        Guest
        • Jack Milelr ditanya dan jawabannya senada, saya nggak post karena recordingnya nggak jelas full pas dia ngomong

          Administrator
        • aturan belum jelas dari mana sih? ini topiknya yg diangkat soal safety buat dirinya sendiri, klo sampean mau balapan perangkat safety itu harus terpakai lengkap dan ga boleh dicopot khususnya yg nempel dibadan. dengan membuang pelindung dada dan membuka wearpacknya fabio dalam posisi ga punya pengaman buat dirinya sendiri. susah amat sih kalian ngerti hal dasar kaya gini?

          Guest
        • Lagian logat Miller memang sulit dipahami orang awam, harus berkali2 didengerin sampe diperlambat baru paham. Kecuali orang yg biasa bercengkrama ama orang ostrali.

          Guest
    • Apalagi ada alasan airbag mengembang,bukannya ini yg bisa membahayakan rider juga ya. Nah klo race direction tegas ya red flag. Cukup posisi itu hasil akhir race. Hehe

      Guest
    • Pokoknya klo black flag setelah race berakhir akan lucu. Kecuali ada pihak yg inginkan fabio dan yamaha gak dapat poin. Xixixi

      Guest
  7. Preseden buruk= artinya atau bahasa awamnya di kemudian hari nanti bs jd akan dijadikan patokan atau contoh kasus untuk di ungkit2 lagi.dan minta disamakan status dan hasilny Pdhl sdh jls aturanya.
    Disinilah ketegasan dibutuhkan RD.mau itu sengaja atau tdk sengaja faktanya rider dlm keadaan sadar melakukan kesalahan.

    Guest
      • sblum pinalti harusnya dia sdh start dr pit lane, apalagi memutar motor melawan arah balapan, itu harusnya sdh blackflag, plus melawan petugas/steward yg sdh mmintanya untuk k pit lane…

        Guest
    • maksudnya saat insiden start race di Termas de Rio Hondo 2018 (cmiiw) ???
      lha bukannya itu si Marc saat itu udah kena hukuman yakni masuk pit sehingga kehilangan banyak waktu, hampir separuh lap ??
      tapi uniknya dia masih bisa ngejar rider yg finish diluar top 5 dan nyenggol kakek legend karena saking pelannya (karena lebih lambat nyaris 1.4 second per lap).

      Guest
  8. Tergantung race director apakah neutral atau titik-titik.

    Klo neutral pasti kena black flag, macam urusan tekanan ban kurang.

    Guest
  9. Tetep semangat buat taro..
    Lebih terhormat Hilang point karena mbuka resleting dan diskualifikasi ….di banding nol point karena dnf….

    Guest
  10. Uhuiii akhirnya pada keluar semua kalo rider yamaha kena masalah, beberapa minggu yg lalu pada ngumpet hehe. Udah black flag aja si taro biar ga dapet point, karena membahayakan dirinya sendiri. Lagian kasian jg kan tim anu yg udah sering crash ga dapet point eh
    Jadi pembelajaran buat next race si taro

    Guest
  11. Kalo ini gak black flag waduhh patut dipertanyakan sih keputusan race director.
    Masalah yamama tahun lalu yang mana poin pembalapnya gak dikurangin itu udah jadi kontroversial, apalagi ini jelas jelas tertulis aturannya.
    Untung aja si taro orang prancis, coba orang spanyol.
    Beuhhhh banyak yang kebakaran jenggot ??

    Guest
    • Nah ini juga masih abu abu kok malah nyalahin fabio yg wearpack ngembang yg bisa bikin sesak pembalap. Semua peralatan sudah terpasang namun terjadi diluar kendali saat race jadi itu race accidentlah.

      Guest
      • Mau ngembang, mau copot kek, klo namanya regulasi dilanggar itu tetap ga sah, masak mau menang dgn cara curang sih, klo menang boleh dgn cara curang dan tdk ada sanksi ya motornya pakein turbo aja biar menangan. Alex Rins yg kabel kameranya ngglawir aja kena Black Flag kok saat balapan di Le Mans 2020. coba aja cek di Youtube.

        Guest
      • Tinggal dengarkan apa ada alasan fabio lakukan itu. Klo normal gak mungkin pembalap bkin susah diri lah buka baju?. Begitu juga JM lempar sadel motor dan jg balapan dgn 1 winglet karena lepas habis benturan.

        Guest
  12. Jgn bikin malu Yamaha, 2020 Yamaha sudah Katup Gate, masak sekarang regulasi dilanggar ga ada sanksi. Marq ndlosor mulu aja ga protes. masa FQ di Black Flag krn melanggar Y protes.

    Guest
  13. Pas race boleh buka wearpack sama lepas helm,tp mlipir box lalu duduk santai nyedot kaleng lihat balapan.
    Tp yg jd masalah ga masuk box.hehe

    Guest
  14. Yang jadi pertanyaan sanksi dr rule tentang safety equipment ini apa y? Klo aturan safety equipment jelas mesti dipakai dengan benar dan komplit selama nge-track, klo sanksinya gak diatur jelas tinggal kebijaksanaan RD jd preseden kagak ntarnya, klo udah pasti tertulis blackflag di buku kuning yo musti blackflag, gak ada alesan lagi babibu dan harus legowo, niat jadi pembalap MotoGP yo musti paham ngerti sama aturannya motogp karena udah bagian dari job nya dia #nolpointzonk

    Guest
  15. bendera hitam di kibarkan untuk mendiskualifikasi pembalap yg melakukan pelanggaran berat saat balapan sedang berlangsung, lha ini balapannya aja dah selesai dan pembalap yg bersangkutan udah di jatuhi hukuman, lantas mau black flag???
    mau menyetop siapa???
    ???

    Guest
  16. pertanyaan nya kenapa pas masih balapan gak langsung black plag??? padahal terekam sangat jelas loh itu… RD nya pada ngantuk apa gmna dah…

    Guest
    • mungkin karena…
      1. karena ini belum pernah terjadi sebelumnya, aturan & hukuman di rulebooknya (untuk mslh ini) mungkin bisa dibilang jg msh ambigu.
      2. karena terjadi di kelas motogp dan dilakukan oleh top rider pemuncak klasemen. Klo pelakunya tito rabat misalnya, imo….pasti lebih gercep.

      Guest
      • 3. karena belum ada petinggi suatu tim ataupun rider aktif lain yg protes dan mendesak untuk menghukum (apalagi bila yg protes adalah petinggi / rider “berpengaruh” yg opininya “wajib” didengar)

        Guest
  17. pembalap yang sradak sruduk lalu jatuh dan menyeret pembalap lain juga seharusnya dihukum.. siapakah dia ? pemburu batu akik !
    di akhir balap fabio tampak kesal, apakah dia bodoh buak resleting sendiri dengan resika tidak bisa resleting kembali ? ada kemungkinan resleting terbuka sendiri, karena kena angin akhirnya membuat protector di dalamnya bergeser, karena membuat tidak nyaman makanya dia buang !

    Guest
  18. Wak barusan rame masalah ban belakang kiri Pirelli yang mbleduk
    Sekilas Q denger katanya mo ada investigasi

    Guest
  19. Saya setuju FQ harusnya didiskualifikasi, tapi mengenai hukuman 3 detik itu konyol.
    Saat kejadian ada alasan (membetulkan posisi zipper—walau gagal). Bukan hal yg dilakukan tanpa sebab.
    Lalu, tidak mendapatkan keuntungan posisi. Mirip seperti kasus menghindari crash atau semacamnya.

    Guest
  20. tetap kena black flag, tp wearpack harus di investigasi jg knp bisa sampai Quartararo nekat buka zipper wearpacknya. Jd memang salah keduanya, pembalap maupun wearpack yg tbtb mengembang

    Guest
  21. Itulah kenapa dia berenti dari motobiji, saat itu Dorna sangan subjektif dan terlalu memanjakan Rossi. Stoner yg saklek ga Terima hal itu

    Guest
  22. Beuh komen gw dihapus, padahal biasanya pagi gini suka balik ke artikela hari sebelumnya buat bacain replynya

    Guest
  23. jelas, jurdun dah 8 x6 diantaranya di kelas premier, rider aktif yg skrng sedang dan masih aktif saja sungkan denger nama dan berurusan dgn dia.
    apalagi skedar komentator blog

    Guest
  24. Setuju sama Stoner dan rider MotoGP lain seharusnya ada black flag demi keamanan. Seharusnya juga Taro maren walau ga ada black flag masuk ke pit demi keamanan dirinya sendiri. Keamanan utama jurdun no. 2 lah kalo rejeki ga kemana.

    Seharusnya juga ga usah lah pake penonton karna Corona juga masih semakin tinggi kasusnya bahkan varian kesekian. Rame banget maren di Catalan penontonnya. Dan berdekatan semua.

    Guest
  25. Yg komen lucu bin gblok.. apa hubungannya maksa Quartararo black flag sama mbeha dan mbeye???

    Disini Kritikanya Personal, bukan antara dia pro honda/yamaha.. gua sbagai panitia jg bakal diskualifikasi itu pembalap klo ga lengkap, klo terjadi apa” apakah panitia mau tanggung jawab atas kecelakaan jika terjadi?? Kasus simoncelli yg full protection aja Rumit dan bingung siapa yg salah dan hrus bertanggung jawab.. lah ini udh jelas yg salah si rider, masa harus tnggung jawab panitia krna kesalahan yg jelas?? Ya blackflag lah.. mutlak. Sama halnya Lu Naik Motor ga pake Helm, ya d tilang Polisi

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.