TMCBLOG.com – Honda Sepertinya memiliki rencana rencana yang cukup Untuk Varian Honda PCX di masa mendatang. Mulai dari Persiapan sistem VTEC Yang sudah dapat dibuktikan dengan persiapan beberapa lubang lubang baut Buta di Blok mesinnnya sampai yang terakhir berupa Dokumen paten bahwa Skuter ini akan memperoleh Fitur Keselamatan tingkat lanjut berupa Airbag. Dan Nggak tanggung tanggung, seperti yang dipost oleh Cycle world, Honda mematenkan 3 Desain Penempatan Airbag yang semuanya mengunakan Honda PCX sebagai Model . . Cekidot deh

Pada desain airbag pertama, airbag diposisikan tepat di depan handlebar dan terlipat menjadi penutup berbentuk C yang mengelilingi panel instrumen, dengan struktur airbag didukung pada braket yang sama yang menahan dasbor. Desain pertama inilah yang menjadi dasar paten Airbag untuk Honda PCX.

pada desain airbag kedua, unit airbag dipasang lebih jauh lebih ke depan, di depan instrumen dan tersembunyi di bawah windshield. Secara umum membuat kompartemen penyimpanan unit airbag menjadi lebih rapi namun menyisakan masalah tentang bagaimana proses ekspansi dari balon airbag yang akan langsung ke atas. Solusi Honda untuk permasalahan ini adalah dengan memungkinkan seluruh windshield untuk membalik ke depan saat airbag mengembang.

Desain airbag ketiga menggunakan cara yang lebih simple dalam memposisikan airbag dimana memasangnya langsung di atas palang. Namun, menyisakan masalah mengenai posisi boks inflator peniup udara yang terlalu terekspos di sisi kiri dari body belakang. Paten menyarankan solusi pemasangan inflator di bawah kepala setang dan dengan pipa fleksibel mengalirkan udara ke airbag yang dipasang di handlebar.

Sebenarnya, Sudah 15 tahun sejak Honda memulai debut sistem airbag sepeda motor produksi pertama di dunia sebagai opsi di Gold Wing, Yakni pada tahun 2006. Dan Setelah sekian lama, Motor ini tetap menjadi satu-satunya sepeda produksi di pasar yang ditawarkan dengan airbag. Dan Honda baru-baru ini mengajukan aplikasi paten untuk tiga desain airbag baru yang mungkin suatu hari nanti bisa digunakan untuk sepeda motor produksi massal lainnya termasuk PCX

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

12 COMMENTS

    • Ada syarat yg harus dipenuhi utk airbag aktif. Salah satunya adalah kecepatan minimum.

      Kalo sampai airbag kebuka, sdh bisa dipastikan lajunya cukup kencang dan klo iseng nabrakin ke tembok bakal berantakan tu motor.

      Guest
    • Komen doang artikelnya ga dibaca, perhatiin lagi dia ngembangnya keatas bukan ke arah pengendara jadi ya stangnya masih bisa dikendaliin, lagian yg namanya airbag baru ngembang pas tabrakan di kecepatan tertentu. Padahal udah dijelasin sama wak haji dan jelas ada gambarnya juga masih ga ngerti juga. Fitur keamanan dikasih buat keamanan pengendara dibilang membahayakan, kocak 🤣

      Guest
    • kocaknya dimana ya? udah baca artikelnya sampe abis? artikel udah disajikan dengan bahasa yg mudah dimengerti masih gak paham jg..

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.