TMCBLOG.com – Pekan ini Yamaha mengumumkan line-up motor motor trail kompetisinya. Dan salah satu yang menarik buat TMCBlog adalah Yamaha YZ125 yang menghadirkan banyak pembaharuan untuk model year 2022. Fitur-fiturnya baru termasuk mesin dua langkah 125cc baru yang bertenaga, suspensi yang ditingkatkan, rem yang diperbarui, ergonomi yang ditingkatkan, plus gaya YZ modern terbaru termasuk bodywork yang diupdate lengkap dengan grafis premium. Ini menandai perubahan model penuh pertama untuk YZ125 setelah lebih dari 15 tahun.

YZ125 2022 yang baru mewakili evolusi penting dalam garis keturunan trail kompetisi dua tak Yamaha. Sebagai model pertama yang berubah total menjadi YZ125 yang ikonik dalam waktu lebih dari 15 tahun, para desainer dan insinyur Yamaha menaruh pemikiran besar untuk mengembangkan sepeda motor yang diperkirakan akan mendominasi di arena balap dan ramah terhadap pengendara yang sedang berkembang dan ingin menjembatani kesenjangan antara berkendara segmen trail rekreasi dan segmen motocross kompetisi.

Dimulai dengan mesin dua tak 125cc berpendingin cairan yang lebih bertenaga. Setiap bagian fungsional mesin YZ125 2022 adalah model baru, termasuk bodi silinder, kepala silinder, piston, pin piston, connecting rod, bak mesin, dan ruang ekspansi. Semuanya menambahkan peningkatan daya di kisaran Rpm menengah hingga ke atas. Untuk meningkatkan performa penyuplaian bahan bakar dan transfer tenaga, karburator Hitachi Astemo Keihin PWK38S dihadirkan pada YZ125 terbaru ini.

Karburator baru yang berpresisi tinggi dihadirkan lengkap dengan sensor posisi throttle dan unit CDI yang dikendalikan oleh mapping 3D untuk memberikan respons throttle yang bersih dan tajam serta kemampuan berkendara yang superior. Desain intake baru dengan carbon reed valve VForce4 menghasilkan aliran udara yang lebih efisien ke dalam mesin untuk meningkatkan tenaga di kisaran Rpm tinggi.

Untuk mengimbangi peningkatan kinerja mesin, sistem pengeremanΒ  diperbarui dengan menampilkan piston depan yang lebih besar, kaliper yang lebih kaku, rotor depan 270mm yang didesain ulang dengan peningkatan 30% pada area kontak kampas rem dan material kampas rem yang lebih tahan terhadap gesekan yang lebih tinggi, semuanya digabungkan untuk memberikan daya dan rasa pengereman yang luar biasa.

Rotor (cakram) rem belakang yang didesain ulang mempertahankan daya pengereman yang sama sambil menurunkan diameter luar dari sebelumnya 245mm menjadi 240mm, perubahan ini akan mengurangi un-sprung weight tanpa mengurangi kinerja pengereman.

Untuk memperoleh kerja suspensi dan karakteristik penanganan kategori YZ125 ke tingkat yang baru, redaman suspensi depan dan belakang telah direvisi untuk lebih meningkatkan penyerapan benturan dan kinerja saat motor dipakai menikung. Suspensi KYB terbaik di kelasnya mencakup fork depan up-side down, kini ditingkatkan dengan internal fork terbaru untuk redaman yang lebih presisi.

Seat/jok baru yang posisinya lebih datar dan desain tangki bahan bakar yang lebih sempit, bersama dengan panel bodi desain terbaru yang terintegrasi dengan mulus dan lebar cover radiator yang lebih ramping, semuanya digabungkan untuk memungkinkan kebebasan bergerak pengendara yang lebih besar baik ke depan maupun ke belakang dan memungkinkan pengendara untuk dengan mudah memindahkan bobot tubuh untuk meningkatkan kontrol dan kepercayaan diri.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

30 COMMENTS

  1. koil nya mantap buat rombakan wkwkwkwk

    tapi iya si kalo jaman now masi karbu. bakal kelibas sama EV trail.
    lebih ganas pasti EV trail

    Guest
  2. Bagus buat kejurnas, kejuaraan dunia ngempos ditabokin yz250f. Gw sempet ngira kalo ya di update bakal dapet rangka yz250, tapi tetep rangkanya khas 2 tak ya.

    Guest
    • Ciri rangka khas 2 tak itu yg gimana om ? Apa rangka yg menggendong mesin kayak di ninja rr/s gitu ya ?

      Guest
      • Rangka utama dari komstir cuma 1 pipa kemudian bercabang 2 di mounting mesin belakang. Skrg rangka SE 4 tak kebanyakan udah kaya rangka moto3, alias twinspar 2 pipa sejak komstir sampe engine mounting. Sebenernya alasan se 4 tak beralih ke twinspar karena alasan vibrasi, 4 tak butuh 2 pipa lebih panjang buat redam vibrasi.

        Guest
        • Baru tau ternyata 2 tak lebih minim vibrasi dari 4 tak.. kirain karena terjadi pembakaran tiap putaran piston justru lebih banyak getarannya dari 4 tak, thx ilmunya

          Guest
        • Pembakaran sih ga bikin vibrasi kang, yg bikin vibrasi adalah part yg berputar/gerak, nah 2 tak partnya lebih dikit, sementara 4 tak di kepala silinder masih ada part yg saling mengetik dan berputar kaya kep, noken as, gir timing, dst.

          Guest
    • Dibayangan saya dulunya kirain “ledakan” pembakaran itu yg bikin vibrasi sih om, tapi logikanya benar juga sih makin banyak part bergerak makin besar vibrasinya, nah dalam kasusnya jumlah silinder lebih banyak kenapa vibrasinya lebih kecil ya ? Kayak 1cyl dibanding 2cyl atau 4cyl gitu ? Kok malah kontradiktif gitu jadinya om ?

      Guest
      • Karena mesin multisilinder secara ga langsung silinder satu jadi balancer silinder satunya lagi, gitu juga sebaliknya. Alias saling ngebalance getaran, dgn catatan mesin even ya, sementara mesin uneven kaya crossplane getaran lebih gede dan butuh balancer khusus. Dan lagi biasanya mesin multisilinder stroke lebih pendek, semakin pendek stroke getaran pasti semakin kecil karena efek inersia crank lebih kecil. Praktekinnya gampang, coba aja pasang kunci L kecil ke bor tangan, bagian yg pendek kita kaitin ke chuck, puterin. Dirasain getarannya, abis itu ganti ke kunci L panjang, dipasang dgn cara sama, pasti saat diputer beda getarannya bisa dirasain.

        Guest
    • Ada sherco, beta, gasgas masi banyak lagi sih terutama brand eropa. Btw husq,gasgas 1mesin dengan ktm

      Guest
  3. Motor trail itu memang lebih cocok pake 2tak yg cempreng2 gitu ya

    Tinggal Follow the Damn Train deh

    Guest
  4. Tahun 1977 dulu, saya pernah mau beli YZ-125.
    Tapi urung setelah tahu bhw umur komponen mesinnya pendek2, hanya hitungan puluhan jam saja.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.