TMCBLOG.com – Soal Alokasi Mesin Untuk Kelas MotoGP Musim 2021 Kita kembali ke Regulasi Normal dimana Pabrikan Konsesi Penuh Seperti Aprilia memperoleh 9 Mesin per Musim per Pembalap dimana Untuk mereka diperbolehkan membuka/ Mengupdate pengembangan spek mesin sepanjang Musim. Sementara itu lima pabrikan Lainnya yang merupakan Pabrikan Non-Konsesi seperti Ducati, Yamaha, Suzuki, honda dan KTM hanya diperbolehkan mengalokasikan 7 Mesin per-pembalap dengan Pengembangan mesin yang dibekukan  . . Nah bagaimana Penggunaan Alokasi Mesin MotoGP di tengah Musim 2021 setelah dilakukan 9 seri Balap? Berikut ini adalah paparannya sesuai dokumen resmi yang tmcblog peroleh dari Dorna

Menurut data sebagian besar pembalap telah membuka jumlah alokasi mesin yang sama, meskipun dalam prakternya, strategi penggunaan dan ketersediaan Mesin berbeda. Fakta ini mengartikan bahwa secara umum para pembalap MotoGP 2021 akan menghadapi paruh kedua musim dengan volume alokasi mesin yang kurang lebih sama.

Pertama tama Kita Bahas Suzuki dulu dimana mereka tidak bisa tenang, terutama di sisi garasi Alex Rins. Pembalap Spanyol telah membuka empat alokasi mesin, dua di antaranya sudah dibuang dari Alokasi. salah satu mesin yang dibuang- yakni mesin No#3, Jika di tracing akan didapati telah mengalami kecelakaan di Portimao, Jerez dan Le Mans, mengakhiri siklus hidupnya di FP3 GP Jerman.

Selain itu, ada hal yang cukup bikin kepo yakni mesin No #4 Rins harus dipensiunkan mulai FP1 di Jerman tanpa menyelesaikan satu kilometer pun di GSX-RR saat itu ( hanya penggunaan di Mugelo). Sampai Saat ini alasan penarikan Mesin No #4 ini tidak diketahui. So Buat Rins ia akan menyelesaikan paruh kedua musim dengan mesin 1, 2, 5, 6, dan 7.

Kasus lain dimana ada empat mesin dipakai sementara satu dibuang dari alokasi adalah Luca Marini, dimana sejak FP1 di Assen Mesin No #2 Desmosedici GP20 yang ia buka sejak di Grand Prix Qatar harus dipensiunkan. Situasi yang kurang lebih serupa dialami oleh Franco Morbidelli, yang telah menggunakan tiga mesin Yamaha M1 Spec A Namun pada akhir Seri ke -9 hanya dua mesin yang bisa beroperasi. Sementara itu, Marc Marquez juga memiliki mesin yang dibuang dari alokasi semenjak FP1 Grand Prix Belanda dan memaksanya untuk membuka alokasi mesin keempat.

Rekan Se-Tim Rins – Joan Mir memiliki kondisi berbeda dimana ia telah membuka alokasi dari empat mesin namun semuanya beroperasi. Pembalap Suzuki ini terlihat lebih apik mengelola penggunaan Mesin GSX-RR dengan relatif baik. Sementara itu, Di Honda, kecuali Marc Marquez, tidak adalagi pembalap yang membuang alokasi mesin.  Pol Espargaro baru membuka 3 alokasi mesin RC213V sementara pembalap LCR Honda Alex Marquez dan Takaaki Nakagamitelah membuka empat alokasi mesin.

Di Yamaha, Franco Morbidelli adalah satu-satunya yang telah membuang satu alokasi mesin. Di tim Pabrikan, kedua pembalap telah membuka mesin keempat pada hari Sabtu di Grand Prix Belanda, sementara Valentino Rossi membuka mesin keempat di Grand Prix Jerman. Dalam kasus Ducati, hanya Luca Marini yang telah membuang alokasi mesin, sedangkan kelima pembalap Ducati lain mempertahankan keempat mesin yang telah digunakan.

KTM Musim 2021 ini bersaing untuk pertama kalinya tanpa konsesi Di tim Pabrikan Red Bull KTM, kedua pembalapnya telah membuka 4 alokasi mesin RC16 , Sementara  untuk Red Bull KTM Tech3 kedua pembalapnya masing masing mereka telah membuka lima mesin. Ke empat pembalap KTM belum satupun yang mengalami mesin rusak sehingga harus membuangnya dari alokasi sampai pertengahan Musim

Aprilia, yang merupakan satu-satunya pabrik dengan konsesi di MotoGP 2021. Kedua pembalapnya masing masing memiliki alokasi 9 mesin untuk menyelesaikan musim ini, Namun terlihat baik Aleix Espargaro maupun Lorenzo Savadori baru membuka alokasi empat mesin taoa satupun mesin dibuang dari alokasi.

Dengan fakta ini, secara teori masing masing dari mereka akan memiliki lima mesin RS-GP Fresh yang tersedia untuk mengakhiri musim. Strategi Ekstrim yang dapat digunakan dalam 10 Seri ke depan adalah mereka menggunakan mesin Baru untuk balapan atau kualifikasi sementara untuk Latihan bebas, mereka bisa memanfaatkan mesin yang sudah digunakan. Sobat sekaian bisa melihat jembrengan datanya di Vlog kami . . silahkan dikunyah kunyah . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

19 COMMENTS

  1. wah koq artikelnya dejavu dengan tulisannya di blog ridertua.. ada hubungan apa ini TMC dan ridertua

    Guest
  2. Padahal crash nya cuma lowside doang ya tapi bisa bikin mesinnya pensiun

    Yg terlempar salto bolak balik kayak motor Morbidelli dan Zarco di Austria malah mesinnya kagak ngapa ngapa

    Guest
  3. Tiap kali liat Rins ini udah kaya tebak tebak buah manggis, kualifikasi hasilnya apa, race nya hasilnya apa.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.