Honda – MAAN Motocicli Audaci Super Cub 125X

TMCBLOG.com – Walaupun namanya sama dengan Honda Supra yang dijual di Indonesia, namun wujudnya sangat jauh berbeda di mana Honda 125X ini merupakan sebuah Super Cub C125 yang sudah kena sentuhan modifikasi. Rumah modifikasi yang menggarap SUper Cub 125X ini adalah MAAN Motocicli Audaci dari kota Cagliari, Italia yang berkolaborasi dengan Honda Motor Europe Ltd di Italia, karena Super Cub 125 terbaru baru saja dijual di daratan Eropa.

Honda Motor Europe Ltd. Italia mempercayakan Motocicli Audaci untuk menginterpretasi ulang sosok moped ikonik dari Honda ini. Waktu dua bulan pengerjaan yang intens, tim dari Motocicli Audaci telah menciptakan sebuah konsep motor yang berbeda berdasarkan tampilan standarnya namun dirancang untuk tidak jauh menyimpang secara drastis dari model produksi massalnya. Di bagian pengembangan MAAN, Nicola Manca selaku kepala project bertanggung jawab untuk desain dan juga Matteo Murgia yang dalam dunia custom sudah dikenal ahli soal intervensi grafis di motor custom Honda.

Bertujuan untuk meningkatkan karakter baru dari C125 Super Cub dengan proporsi yang tepat, perubahan desain dilakukan tidak memerlukan intervensi struktur dasar pada C125 standar atau tidak sampai mengubah konstruksi sasis, tetapi lebih kepada ubahan pada sektor suspensi dan bagian estetika lain termasuk bagian pengcatan sekujur body.

Super Cub 125X ini sebenarnya telah mempertahankan banyak bagian aslinya, seperti lampu depan LED yang khas, tetapi memiliki beberapa inovasi dibandingkan dengan model awal: jok tandem misalnya yang kini terbuat dari paduan kulit dan juga bahan suede alcantara. Spatbor masih sedikit mempertahankan desain orisinal Honda Cub dengan mengubah bentuk berdasarkan bentuk asli spatbor model produksi massalnya.

Spatbor belakang jadi berbentuk ducktail, dibuat ulang dengan material logam oleh Serri Motorsport, dipadu lampu LED internal dengan lampu sein terintegrasi. Sebaliknya, plastik depan dan penutup cakram dirancang menggunakan CAD dan dicetak dengan melibatkan 3D printer untuk membuat desain yang menguatkan kesan adventure dan terinspirasi dari trail enduro, mengintegrasikan sempurna dengan penutup sokbreker depan yang masih mempertahankan suspensi asli motor.

Suspensi belakang dipasok oleh Andreani Group, dengan melakukan setup ulang untuk Super Cub 125X ini dengan tujuan meningkatkan performa di jalur off-road, menjamin kenyamanan dalam perjalanan di segala kondisi permukaan tanah. Dengan demikian pada bagian suspensi telah berubah sebesar 4 cm lebih jangkung dibandingkan dengan model produksi massal.

Pada knalpot juga diperhatikan modelnya, dengan model ala motor scrambler jalur pipa knalpot masuk melalui cover plastik bodi samping yang bentuknya ikonik Honda cub, bedanya kali ini cover body tersebut berbahan karbon fiber, yang tidak hanya menjadi elemen estetika tetapi juga fungsional sebagai pelindung kaki rider dari panas knalpot.

Pelek asli tetap dipertahankan namun dilabur dengan warna hitam kasar, dengan balutan ban off road atau ban pacul berukuran besar. Motor ini adalah produk yang hampir seluruhnya dibuat di Sardinia dan dirancang untuk mampu mengatasi lebih dari 500 kilometer jalan tanah di Dust’n Sardinia. Motor ini juga dimodifikasi untuk bisa handal dalam acara Audax1000 FMI Scrambler Trophy, yang melombakan berbagai motor custom di jalur off road. Selain untuk acara Dust’n’Sardinia 2021 yang akan diadakan dari 17 hingga 19 September, di mana ia akan menunjukkan semua keunggulannya Super Cub 125X ini pun direncanakan akan dipamerkan di EICMA berikutnya, Milan Motorcycle Show. | –Nugi

15 COMMENTS

  1. jujur, biasa aja,, mungkin karena genre cub di Eropa termasuk segmented jadi bagi mereka keliatan wah ini modifan,, dan ntah knp gw jadi inget motor langsir sawit,
    kurang lebih sama bentuknya tapi bedanya udah teruji di lapangan aja,
    ?

    Guest
  2. Keren datailnya ,
    Chasis asli bebek kekinian tp bisa seperti bebek jadul , cover cakram biar seperti tromol, arm pun njadul,sama pelek, fungsi moderenitas dapet,desain klasik dapet,italia jago desain

    Guest
  3. keren si modifnya cuma itu ngebayangin naik itu macet2 lama dijalan kok pegel pinggang kek nya jok sama stang deket dan pendek ketinggiannya euy.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.