TMCBLOG.com – Bisnis Dorna Sports mengalami sedikit ‘oleng’ karena pandemi. Menurut laporan tahunannya, Perusahaan penyelenggara Kejuaraan Dunia Sepeda Motor paling bergengsi se jagad Dunia – MotoGP kehilangan 94 juta euro ( ~ 1,6 triliun Rupiah )  pada tahun 2020 karena omsetnya berkurang hampir 30%, menjadi 209 juta euro pada tahun di mana pandemi virus corona memaksa penyesuaian kalender balap dengan membatalkan balapan di Asia, Oceania dan Amerika.

“Kami mencoba untuk menyelenggarakan kejuaraan dunia dan agar kejuaraan dapat diadakan, mengetahui sebelumnya bahwa itu akan menyebabkan kerugian yang lebih besar saat tidak melakukannya, tetapi kami percaya bahwa itu adalah kewajiban kami untuk melakukannya”, jelas Enrique Aldama, direktur keuangan Dorna Sport, kepada Palco23.

Dari total omzet yang 209 Juta euro tersebut, 66% pendapatan datang langsung dari televisi dalam konsep hak audiovisual dengan jumlah 137 juta euro, yaitu 35% lebih rendah dibandingkan dengan Musim 2019 dengan menawarkan jumlah balapan yang lebih sedikit. Pendapatan iklan memperoleh 42 juta Auro dan ini 14% lebih rendah dari 2019 dan Perolehan dari Layanan televisi yang ditawarkan oleh Dorna sendiri sebesar 28 juta euro atau 15% lebih rendah dari 2019.

Bagaimana 2021 ?  Dorna berasumsi bahwa tahun 2021 juga akan berakhir dengan kerugian akibat berkepanjangannya situasi epidemi di sebagian besar negara, dan meskipun saat ini mereka tidak dapat membuat perkiraan karena ketidakpastian yang dialami di seluruh dunia, mereka percaya bahwa keseimbangan tahun ini tidak akan seburuk tahun 2020 jika kalender yang direncanakan akhirnya selesai dengan 19 balapan, empat lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2021, pendapatan pulih dan “akan berada di atas 2020, tetapi di bawah 2019,” kata Aldama.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

9 COMMENTS

    • Haha betul. Selama tidak rugi dan masih dapt untung.. hanya berkurang pendapatan nya …ya harusnya tetap survive ya

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.