TMCBLOG.com – Selain MotoGP Styria, akhir pekan ini kita juga akan bisa melihat Seri lanjutan dari Balapan WSBK yang kali ini akan memesrai Sebuah sirkuit di republik Ceko yang sama sekali buta bagi semua tim  . . Yes Bukan Di Autodromo Brno, Melainkan Autodromo Most. Namun Bukan hanya itu kejutannya, Berita lain adalah hadirnya Tim Official balap Ketahanan ( EWC) YART Yamaha yang mengambil Status Wild card di race weekend Seri Most ini.

Tim Resmi YART Yamaha EWC bersiap-siap untuk putaran Kejuaraan Dunia Superbike FIM akhir pekan ini di Autodrom Most, Republik Ceko, di mana Marvin Fritz dan akamsi Karel Hanika akan membuat penampilan wild card di atas versi modifikasi ringan dari motor Yamaha R1 yang biasanya mereka pakai pada balapan di Kejuaraan Dunia Ketahanan FIM.

Tim ini menjadi runner up di kejuaraan FIM EWC tahun 2020 yang lalu. Memenangkan balapan di Sepang dan Estoril dan YART dan Yamaha R1 YART telah memulai lima dari enam balapan EWC 2021 terakhir dari posisi terdepan, dengan pembalap Fritz dan Hanika selalu di antara yang tercepat saat kualifikasi.

Mengenai Senjata entri wild card mereka, Sebagian besar sepeda Motor Yamaha R1 YART Yamaha telah dimodifikasi untuk memenuhi peraturan teknis WorldSBK sambil mempertahankan banyak komponen spesialis yang jarang terlihat di paddock WorldSBK, tetapi penting saat balapan selama 24 jam di Le Mans dan Bol d’Or.

Bagi Fritz, akhir pekan ini akan menandai debut WorldSBK-nya, setelah menghabiskan lima musim terakhir berlaga di FIM EWC bersama skuat YART Yamaha. Pembalap Jerman itu adalah juara IDM Superbike Championship pada tahun 2016, dan kelas IDM Supersport 600 2014, keduanya menggunakan mesin Yamaha, dan ia pernah membalap di sirkuit Ceko saat mengikuti Kejuaraan IDM 125cc 2007.

Rekan setimnya, Karel Hanika, yang lahir di Brno, telah memegang rekor lap terbanyak sejak 2019 dan akan membuat penampilan kedua di WorldSBK, setelah finis membawa poin di Laguna Seca pada 2018. Pembalap berusia 25 tahun itu menghabiskan beberapa tahun di Moto3 setelah memenangkan Red Bull Rookies Cup dan Kejuaraan Moto3 JWCh pada 2013. Dia bergabung dengan YART Yamaha di EWC tahun lalu dan menjadi bagian dari kemenangan tim di 8 Hours of Sepang dan 12 Hours of Estoril.

Kalau Biasannya kita lihat pembalap WSBK turun di EWC sepeti Di Suzuka, Sekarang kita lihat bagaimana Pebalap spesialis Balap ketahanan EWC tampil di WSBK . . Bikin kepo nih

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

25 COMMENTS

  1. Seru juga kalo Guintoli ikutan wildcard sbk mewakili sert.. Sekaligus ikutan motogp sebagai test rider.

    Guest
    • Guintoli udah kenyang blapan d wsbk dan jurdun thun 2014 bersama aprilia sekaligus satu2ny gelar non kawasaki dri thun 2013 sampai 2020. Juga udah sering ikut motogp dan pmblap permanen wsbk

      Guest
  2. R1 dan R6 selalu jadi pilihan pembalap saat latihan, kenapa ya ?
    Saat rehat Motogp, pembalap moto2/moto3 dan pembalap motogp KTM latihan paling banyak pakai 2 motor ini..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.