TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui hari ini Kamis 5 Agustus 2021, Dorna akan mengadakan konferensi pers luar biasa yang akan menampilkan legenda MotoGP Dani Pedrosa yang akan turun di Race Weekend pembuka MotoGP paruh kedua 2021, GP-Styria. Pedrosa turun ke lintasan pada akhir pekan ini dengan 100%, namun dengan mentalitas berbeda yang paling tidak menurut Pedrosa sendiri. Kesempatan wildcard ini akan digunakan Dani bukan untuk menunjukkan bahwa ia masih kompetitif melawan para alien alien di kelas primer ini, Ia hadir untuk menguji KTM RC16 di tengah suasana kompetisi yang sesungguhnya, Dani ingin tahu sampai sedetail itu, sungguh sebuah dedikasi tinggi sebagai seorang test rider. Namun begitu hadir sebuah diskusi menarik mengenai KTM RC16 apa yang akan ia pakai pada akhir pekan ini.

Ini menjadi menarik karena banyak diskusi mengarahkan bahwa Daniel Pedrosa akan menggunakan prototipe RC16 2022. Apakah ini akurat? Jawabannya adalah tergantung dari sudut pandang yang diambil dalam mendiskusikannya. Dari regulasi MotoGP jelas bahwa soal mesin yang akan dipakai pembalap wildcard HARUS persis sama dengan mesin yang dihomologasikan oleh pabrikan di awal musim.

Ini artinya mesin V4 KTM RC16 yang akan dipakai Dani harus persis dengan dengan mesin yang dipakai Oliveira dan Binder. Kalau berbeda, maka Dani bisa di-diskualifikasi seperti yang terjadi pada Guintoli beberapa tahun yang lalu ketika wildcard dengan GSX-RR.

Secara umum diksi ‘paket prototipe 2022’ ini hadir dalam berbagai perbincangan setelah Direktur Olahraga KTM Pit Beirer menjelaskan kepada Motorsport bahwa akhir pekan ini di Austria mereka akan menerapkan apa yang disebut sebagai ‘paket yang ingin digunakan pada kompetisi tahun depan’ ;

“Kami telah membuat beberapa perbaikan detail. Ini bukan motor yang sama sekali berbeda, tetapi setiap detailnya berbeda dari motor saat ini. Ini adalah paket yang ingin kami gunakan untuk balapan di tahun mendatang,”  kalau tidak boleh pakai mesin yang berbeda dari mesin 2021, lalu apa yang dimaksud dengan paket tahun depan ini?

Secara umum Pit mengatakan bahwa pada dasarnya setelah mengetahui paket RC16 awal musim 2021 yang tidak kompetitif, KTM telah melakukan sebuah tindakan radikal pada seri GP Mugello 2021 yang lalu dengan cara mempercepat penggunaan parts yang seharusnya dicoba saat akhir musim 2021 untuk persiapan menghadapi musim kompetisi 2022. “Kami menindak-lanjuti dengan sangat brutal di Mugello dan menggunakan banyak bagian yang sebenaranya direncanakan untuk kami coba pada akhir musim. Itu sebabnya perbedaannya [Motor Dani – wild card] tidak terlalu besar.”

“Ini [RC16 ilwdcard Pedrosa] 85 persen sepeda motor yang sama yang digunakan Miguel (Oliveira), Brad (Binder), (Danilo) Petrucci dan (Iker) Lecuona. Kami mengubah beberapa hal kecil pada sepeda motor Dani.” Begitu menurut Beirer. Dan secara umum memang ada beberapa aturan yang memperbolehkan hal tersebut.

Beberapa hal yang bisa dioprek adalah, setup algoritma software elektronik, setup girbox, setup suspensi dan bahkan internal suspensi sendiri, dan sasis secara keseluruhan dan hal ini diamini oleh Pit “Mesinnya hampir sama, ada perubahan kecil di sasis. Kami mencoba beberapa fitur baru dengan elemen suspensi. Ada detail kecil yang tidak menonjol [namun] penting untuk memilikinya dalam jarak balapan. Kita bisa melihat perbedaannya.”

Dari potongan regulasi resmi diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa bisa jadi aero pada body (desain fairing) dari pembalap wildcard berbeda dengan aerobody pembalap reguler, namun yang pasti harus mengikuti dimensi yang tertera pada regulasi teknis. Dalam beberapa kesempatan Dani Pedrosa memang terlihat menggunakan RC16 dengan aerobody yang jauh lebih mungil.

So bisa jadi juga fairing yang akan dipakai Dani akhir pekan ini adalah desain 2022. So jadi begitu sob terawangan dengan apa yang dimaksud dengan ‘paket 2022’ yang akan digunakan Dani Pedrosa akhir pekan ini di MotoGP Styria 2021. Semoga mencerahkan

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

29 COMMENTS

    • kayaknya “Paket” disini maksudnya semua element yang bisa dirubah sesuai regulasi kecuali Mesin dah..

      jadi secara looks itu RC16 Prototype ver2022 tapi pake Mesin ver2021

      mungkin begitu kamsudnya..

      Guest
  1. hype uda.
    sehari lagi mulai, ada CC, ada Dani.
    Tapi kalo competitive kayanya belum tentu soal lama ga pegang motor motogp
    apalagi dani yang belum pernah pake holeshot. tapi start nya si juara si Dani.
    cocok jadi pembalap drag juga dia

    Guest
  2. Aduuuh rapi banget nih ekor rc213v nya eh
    Entah knp kok skrg lbh seneng liat rc16 ya dr pd rc213
    Apa dh bosan warna repsolnya??

    Guest
  3. Misal Wak, kalau ternyata KTM benar2 menurunkan RC16 yg sama sekali berbeda dgn punya Oliveira apa tetap boleh ikut race walaupun ujung2nya juga kena diskualifikasi ???

    Guest
  4. Boleh nanya soal penempatan perangkat kamera dari segi jumlah,dimensi dan regulasinya.
    Biar kita lebih tahu

    Guest
  5. ohh, berarti sebenarnya perubahan RC16 di mugello adalah perubahan yg seharusnya direncanakan utk RC16 tahun 2022 ya,, tetapi krn kebutuhan mendesak ya akhirnya KTM mengambil langkah radikal yg untungnya paket 2022 itu bekerja dgn sangat baik, jadi bisa dibilang RC16 2021 Mugello adalah RC16 2022 kecuali mesin dan aero ?? dan yg akan di pake Pedrosa nanti adalah RC16 2021 yg menggunakan paket 2022 versi pengembangan lanjutan ??

    Guest
    • dan juga wak emg setup gearbox bisa di atur ya wak ?? apakah set gearbox mesin MotoGP adalah bagian terpisah dari crankcase mesin ??

      Guest
      • Girboks motor balap udah tipe kaset, mau ganti tinggal buka cover girboks, bisa dicabut kaya kita ganti kaset tape. Makanya dikasih nama cassette gearbox. Tapi beberapa superbike jaman skrg jg udah make tipe kaset, kaya zx10rr, V4r, rsv4, yg laen gw belom tau. Padahal regulasi wsbk skrg ga bebasin gonta ganti girboks, tim harus daftarin (kalo ga salah inget) 3 kombinasi girboks dari awal musim. Kalo MotoGP masih bebas, di FP1 girboks ga enak bisa langsung ganti di FP2.

        Guest
  6. “Ia hadir untuk menguji KTM RC16 di tengah suasana kompetisi yang sesungguhnya, Dani ingin tahu sampai sedetail itu”

    Awkakwk Stefan Bradl, tolong ya anda udah nyoba rcv sebagai test rider ampe kita semua mbosen liat anda di race days. Awas aja sampe tahun depan masi gaje tuh rcv hihihi

    Guest
  7. Kirain unit yg dipake Dani sasisnya diperpendek kayak rc211v gen akhir
    Eh tapi pembalap KTM kan rata rata ya tingginya,cuma si John yg tinggi menjulang

    Guest
  8. Makin ganteng aja KTM, satu2nya pabrikan Eropa yg bentuk motornya masih bisa diterima akal sehat wkwkwk. KTM ga ada niatan buat minjemin sasis ke H gitu? Kali aje sasis dari motor yg katenye KW bisa bikin yg katenye ori melesat kembali ke papan atas.

    Guest
    • kalopun mau minjemin, emang bisa? pemikiran yang nggak masuk akal dari yang ngakunya waras dan paham motobiji. Ketahuan HTH rupanya, berlagak bijak aslinya ngebouulie..

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.