TMCBLOG.com – Tahun 2020 kita sempat menyaksikan sebuah kecelakaan hebat yang memiliki potensi lebih parah dibandingkan apa yang terjadi saat itu ketika motor Yamaha M1 milik Morbidelli ‘terbang’ melewati rider baik Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang sedang melakukan akselerasi keluar dari tikungan 3 (Turn 3). Tahun 2021 di Styria GP ini kembali T3 menjadi spot yang kembali diperhatikan setelah lowside Dani Pedrosa menyebabkan Lorenzo Savadori menjalani operasi setelah melangar KTM RC16-nya yang tergeletak di racing line.

Sontak banyak kalangan menyebutkan bahwa sirkuit tercepat di kalender MotoGP ini sebagai sirkuit yang berbahaya dan mungkin hanya berbeda sedikit level bahayanya dengan Spa Franchoschamp dan tentunya berbagai desakan memaksa mereka yang bertanggung jawab atas lintasan di Spielberg untuk bertindak dimana untuk balapan tahun ini, jalur hijau di bagian pintu masuk jelang ke tikungan 3 dipersempit menjadi sekitar setengah meter, sehingga memperlebar daerah gravel di belakangnya. Hal ini untuk membuat sepeda motor bisa lebih terjebak di gravel jika out di T2 dan tidak terlempar di atas rumput untuk nyelonong ke tikungan berikutnya seperti kejadian MotoGP 2020.

Sepertinya perubahan ‘minor’ ini masih terasa kurang safety bagi pembalap. Sebuah rahasia besar saat ini sedang disimpan oleh sirkuit Spielberg tentang kehadiran sebuah chicane baru, dimana konfirmasi resminya masih tertunda. Menurut info paddock yang dibeberkan oleh jurnalis Michael Holler dari Motorsport Magazine, selama akhir pekan MotoGP, para pembalap telah diberitahu bahwa jalur antara T1, T2 dan T3 akan disesuaikan untuk tahun mendatang dan sempat dikonfirmasi oleh Fabio Quartararo pada hari Ahad.

Renovasi besar-besaran sepertinya memang akan dibuat untuk gelaran 2022 dimana bentuknya akan berupa pembangunan chicane baru di T2. Ini akan memberikan sirkuit Red Bull Ring titik pengereman baru di sana dan membuat sirkuit Spielberg di masa depan akan memiliki sebelas, alih-alih jumlah sepuluh tikungan saat ini. Chicane yang perkiraan bentuknya bisa sobat lihat di gambar bawah dipastikan akan dapat mengurangi kecepatan MotoGP di ujung pintu masuk T3.

Secara umum chicane pada T3 sifatnya adalah tambahan dan rencananya akan dikhususkan untuk penggunaan event MotoGP. Sementara untuk Formula 1 dengan berbagai keuntungan aerodinamika berupa massive downforcenya direncanakan masih tetap akan menggunakan layout T2 lama.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

44 COMMENTS

  1. Sirkuit gas rem begini memang ga terlalu cocok buat balap motor, lay out nya lebih mirip sirkuit2 IIRC ato balap alun2. Banyak jalur yg sebenernya lurus tapi dianggap tikungan karena memang ga lempeng juga, ini bagian yg bahaya karena motor posisi gaspol tapi rider dipaksa meliuk, salah dikit bisa nyelonong keluar ato nabrak pembalap lain. Harusnya sih buat balap motor sekelas motogp lebih dibanyakin tikungan ato jarak antar tikungan ga terlalu jauh. Ya kaya desain2 sirkuit modern karya Herman Tilke lah.

    Guest
    • Gak begitu paham soal layout sirkuit,karakter RED BULL RING ini mirip sm MANDALIKA RING kagak ya,jadi kawatir sm keamanan sirkuit sendiri😣😣

      Guest
      • Kurang suka sih sirkuit ini
        Kurang entertaining karena umbar trek lurus yang panjang

        Kalo Mandalika sih
        Menurut ane lumayan bagus sih layoutnya
        Tapi sayang kurang iconic layoutnya

        Coba dibuat kayak Catalunya, Estoril, Portimao atau Mugello yang iconic dan bisa dikenal cuman liat dari layout sirkuitnya aja udah tau

        Cmiiw

        Guest
      • Bused bro namec kalo segi keamanan sama mandalika dibanding redbull ring menurut saya pribadi jauh lebih safety mandalika. Liat aja gravelnya jaraknya dari aspal lintasan itu lebar lebar dan bisa dibilang mandalika itu sirkuit yang tiap tikungannya ada gravel lebar, saya malah bingung. Ini nanti pas nonton langsung penontonnya gimana area run off sama aspal lintasan jauh banget. Wkwkwk

        Guest
  2. Kerb tikungan 1 kayaknya perlu di lebarin deh dikit aja, gregetan setiap nonton pada nyaris lindas wilayah hijau.

    Guest
  3. Cantik2 bahaya nih sirkuit. Ternyata dari taon kemaren cuma ditambah tembok aja di T3. Padahal ini area blindspot, kayak kejadian DP kemaren. Kalo T2 diubah kekiri aja, jadi masih bisa gaspol. Kalo dibuat chicane dibilang konspirasi melemahkan power Ducati, hehehe

    Guest
  4. Sebagai pebalap konsol PS4, enak melibas sirkuit ini pakai mobil (gran turismo). Bahkan beberapa kali P1 balapan online heheheh.

    Beda cerita pas pake motor (motogp20). Enak juga sih sebetulnya lay out treknya, tapi susah kompetitif pas balapan online wkwkwk..

    Guest
  5. Paling suka buka pembahasan motogp.. krn bisa download wallpaper motor2 motogp asli dari Michelin… mtrswn wak haji…

    Guest
  6. Kira-kira kalo T3 dibikin tikungan cepat, disangka menguntungkan mesin i4 apa tidak ya?
    Layout T3 sangat menarik buat F1, tapi buat motobiji sangat riskan seperti kejadian pedrosa savadori kemarin. Orang gak akan bisa menghindari tabrakan.
    Rider sebelum tikungan bisa ngambil racing line bebas, karena sebelum T3 sangat luas areanya. Begitu masuk tikungan, wowww….

    Guest
  7. kl dipikir pikir, kecepatan di titik braking t3 tidak akan berubah, karena memang dengan kecepatan sprti itulah pmbalap akan melewati t3.. hanya saja pengeremannya tidak menjadi hard braking…

    Guest
  8. banyak yang kena track limit, tapi jalur long lapnya juga berkelok jadi ga jarang juga yg dapet jackpot “failed to comply”

    Guest
  9. BTW soal sirkuit Spa Franchoschamp, motogp pernah diselenggarakan di sana ga ya? Saya nonton Motogp dari 2004 sepertinya belum pernah nontont atau mungkin kelewatan hehe.

    Guest
  10. Yang bahaya itu sih, bagian hairpin tapi pas keluar tikungannya menanjak,,, kalo misal ndlosor disitu, bisa aja motor/ rider ga kelempar keluar lintasan malah tertahan di tengah lintasan,,

    Guest
  11. Gak begitu paham soal layout sirkuit,karakter RED BULL RING ini mirip sm MANDALIKA RING kagak ya,jadi kawatir sm keamanan sirkuit sendiri😣😣

    Guest
    • Tenang Mandalika kan flat gak ada bukit bukit tanjakan atau turunan jadi gak ada blindspot,lagian yg desain kan Herman tilke pasti udah tau lah layout yg tidak terlalu bahaya kayak gimana

      Guest
  12. sebelum T3, saat pembalap berusah nyalip dari sisi dalam, lalu rem duluan, pembalap belakang masih satu garis dengan yang di depan, akibatnya seperti kejadian morbi dan zarco.
    namun yang bahaya juga, potensi motor jatuh seperti kasus pedrosa, karena di T3 ini speed benar benar paling rendah, gas dibejek dan potensi slide, jatuhnya motor biasanya ga jauh karena speed belum maximal.
    mungkin T3 ini bisa dibuat juga lebih ke speed corner, jadi abis tikungan S nanti yang dibikin, lanjut ke speed corner.

    (lanjut macul dulu..)

    Guest
  13. Balik ke layout original Osterreich Ring taun 1970 – 1987 aja kalo gak. Trek lebih panjang, walupun bikin lap jadi berkurang. Eh tapi kudu rombak banyak tribun deng.

    Editor
    • Kalau itu saya setuju…pake layout lama aja…kalau masalah biaya perombakan sih gampang buat red bull…

      Sirkuit assen belanda juga menurut saya lebih menarik yang layout lama…

      Guest
  14. Yang bikin T3 bahaya menurut gw karena blind spot dan nanjak, alih² nambah chicane sblm T3 mnrt gw lebih baik ngrubah model tikungan, karena T3 sekarang itu tikungan sempit dan motor kecepatan juga ga kenceng.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.