TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui pasca pengumuman potensi kerjasama antara Tanal Entertainment dengan VR46 Academy hadir banyak pro-kontra dan bahkan sempat hadir sanggahan dari Aramco mengenai status nama mereka yang ditempatkan menjadi tittle sponsor team; “Aramco VR46 Racing team”. Dan untuk menanggapi hal ini owner dari Tanal Entertaintment yang juga pemodal team ini yakni Pangeran Abdulaziz bin Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud memberikan klarifikasinya dalam sebuah pertemuan Zoom Meeting dengan beberapa media Italia termasuk Gazzetta Dello Sport, GPOne, Sky Sport Italia, La Repubblica, La Stampa, dan Il Sole 24 Ore.

Dalam pertemuan tersebut Sang Pangeran menyatakan bahwa Rabu pekan depan (25/08/21), sebelum diberlangsungkannya Grand Prix Inggris di Silverstone pemerintah Saudi akan melakukan sebuah konferensi pers penting untuk mengklarifikasi proyek yang melibatkannya. “Kami memiliki kesepakatan dengan Valentino dan VR46, tetapi masalah muncul karena kami mengumumkannya terlalu cepat.  Secara hukum, proyek-proyek ini harus diumumkan secara nasional terlebih dahulu dan kemudian ke internasional. satu.

Pada hari ini kami sedang menyelesaikan rincian terakhir dengan 4 Kementerian yang terlibat, Olahraga, Keuangan, Keuangan Internasional dan Media. Serta minggu depan, Rabu (25/08/21), akan ada konferensi resmi pemerintah di mana kami akan memberikan semua rinciannya”.

Menurut Pangeran pada konferensi pers nanti akan ada penjelasan mengenai status Aramco di dalamnya. Namun, dia ingin menekankan bahwa pembiayaan tim VR46 melalui Tanal Entertainment aman: kontrak sudah ditandatangani dan minggu depan kami akan mengirimkan seluruh jumlah untuk meng-covernya”. Nilai kontrak dengan team MotoGP sendiri dikonfirmasi sebesar 18 juta Dollar AS per tahun. Namun itu hanya 6% dari total proyek yang melibatkan VR46 yang secara umum memiliki value sebesar 300 juta Dollar per tahun.

Valentino Rossi sendiri sudah menyatakan akan pensiun di akhir musim 2021 ini dan mengenai hal ini sang Pangeran pun memberikan pandangannya “Semua orang ingin Valentino tetap di puncak, tetapi kami tidak dapat memaksa dia untuk melakukannya. Saya akan menyukainya jika dia melanjutkan di MotoGP, tapi dia masih bisa berpartisipasi di balapan lain, di mobil, di Eropa dan di Arab [Emirat]. Kami akan memiliki banyak hal untuk dibicarakan, Valentino adalah sosok yang sangat penting bagi kami”.

Kalau kita berfikir hanya berhenti di sana 300 juta Dollar per tahun maka hal tersebut adalah salah. Ternyata Saudi sendiri memiliki Grand Desain yang lebih luas dari itu. Menurut reportase dari GPOne, tercatat ada rencana akuisisi team Formula 1, pembangunan pabrik untuk perakitan mobil dan sepeda motor (dengan anggaran 200 juta, dirancang di Italia tetapi dirakit di Arab Saudi) dan investasi lebih lanjut di Italia, dengan akuisisi perusahaan yang terkait dengan sektor otomotif dan bahkan pembangunan sirkuit Grand Prix, serta pelaksanaaan MotoGP – Formula 1. Secara seimbang, total investasi pada berbagai proyek (termasuk pembangunan Fantastic City) adalah sekitar satu miliar Dollar AS.

“Kami memiliki banyak proyek berbeda dan beberapa di antaranya juga akan terlibat dengan Valentino dan kami juga ingin menggelar MotoGP Grand Prix di Arab Saudi. Kami masih membicarakannya dengan Kementerian Olahraga, tetapi itu akan terjadi dengan cepat. ”

Beberapa pihak barat banyak yang skeptis dan memiliki opini miring dengan proyek besar di awal pengumuman ini dan menghubungkan dengan berbagai masalah non-sporting (selain olahraga). Untuk hal ini Sang Pangeran sepertinya cuek bebek dan menganggap enteng seraya berkata; “Setiap media memiliki pendekatan yang berbeda, sudut pandang yang berbeda. Saya tidak peduli dan saya tidak menjawab, saya di sini untuk bekerja.”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

52 COMMENTS

  1. “Beberapa pihak barat banyak yang skeptis dan memiliki opini miring dengan proyek besar di awal pengumuman ini dan menghubungkan dengan berbagai masalah non-sporting (selain olahraga).”
    Seperti yang dilakukan Simon Patterson dan David Emmett sang mister social justice warrior know it all. 😀

    Editor
        • Iya kaya negara mereka ga pernah bikin dosa aja. padahal sering ada dibalik layar peperangan di negeri orang yg mengakibatkan korban yg lebih banyak.

          Guest
        • Kita liat aja nanti apakah mereka masih mau cover berita yg berhubungan sama Saudi di motorsport. Kayaknya sih idealisme mereka bakalan kalah sama kebutuhan akan uang. Mengingat salah satu yg gue sebutin di atas kalo pergi liputan aja masih suka minta sumbangan via Patreon. 🙂

          Editor
        • politik mah duit, kekuasaan. jadi kita ga bisa bilang 1 sisi benar 1 sisi salah. karena 2 2 nya pasti ada yang kotor2 nya cuma kita ga tau aja.

          mau siapa? semua yang terjun di politik uda pasti menghalalkan segala cara. tidak akan pernah ada yang bersih. tetap ada kepentingan pribadi.

          tapi bisa di balut dengan apik atau dibalut dengan agresif yang ujung2nya kalo di “kompromikan” ya sejalan juga.

          Guest
    • Oalah baru tau juga kalau motogp udah dimasuki sjw dan sejenisnya, kayaknya tinggal nunggu waktu aja buat kaum pelangi bakal dikasih panggung…

      Guest
    • Haha. Pada suka pakai cara berpikir “bule knows best” utk perkara dlm negeri negara lain. Semua hal harus ngikutin political correctness ala mereka. Padahal duit kotor jg banyak seliweran di ajang sporting.

      Guest
    • Mungkin mereka gak mau kalo ras Eropa jadi kacoeng timur tengah,karena menganggap ras mereka paling unggul,kayak bangsa Aria yg diagung2kan Hitler 😅

      Guest
    • masih inget waktu sirukuit Mandalika didatangi sama Dorna, si simon langsung koar koar tentang pembebasan lahan Mandalika yg bermasalah padahal ya nanti kalau ada GP disini dia tetep aja bakal ikut kesini buat ngeliput

      Guest
      • Nurufufufu… 🤭

        Yah walaupun kita sendiri paham cara membebaskan lahan di negara Floridina +62 itu seperti apa. Tapi dia kan wartawan motorsport, bukan spesialis HAM. Omongannya tinggi, kenyataannya beda. 😆

        Editor
        • Bagi2 link aja ms bro…jangan di blokir trs wkwkwk

          [Akses Jalan Tertutup, Warga Rusak Pagar Lintasan Sirkuit MotoGP Mandalika] http: //share.babe.news/al/kRTSFdsZTR

          Guest
  2. proyek ambisius,, Arab Saudi terlambat 2 dekade utk mencoba lepas dari ketergantungan minyaknya,
    well, lebih baik terlambat drpd tidak sama sekali,
    300 juta dollar utk proyek bersama VR46 dr anggaran 1 milyar dollar, seperempat lebih utk VR46 doank,, gile sih,,

    Guest
    • Investasinya ya disekitaran bidang itu juga,balapan kan mayoritas masih pake minyak bumi juga BBM nya

      Guest
  3. Mereka mau akuisisi salah satu tim F1 dan mau merancang mobil di Italia dan tetap memproduksinya di Saudi. Mau beli Ferari kah? soalnya udah satu paket tuh tim F1 sama perusahaan mobil
    Kalo motor brand Itali antara Ducati atau MV Agusta

    Guest
  4. Ini raja minyak saudi bnr2 bukan kaleng2 sampe 300 juta dollar pertahun..vr46 magnet sponsor semoga sukses,sekalian mbah beking tim satelit yamaha mmpung sponsor msh blm ada yg beking,baru with_u infonya..selamat mbah vr46 udah mau punya bayi skrg joss

    Guest
  5. Sultan… sekalian beli perush Honda -Yamaha aja ecess lah…

    Masalah record buruk HAM ngara arab… lah eropah ya sama aja… history mereka penuh dg darah… malah lebih parah…

    Guest
  6. Buset deh, itu duit mungkin kayak gurun pasir kalo ditunjukkan dalam bentuk fisik.
    Mana nih penarik investor dalam negeri?rayu tuh investor timteng. Kalo investor negara “C” mah gak usah dirayu, mereka udah paham betul resiko investasi di Kuvukiland kayak apa prospeknya, biar pun rugi bakalan terus di gas sampai untung.

    Guest
  7. disini ribet kalo mau invest, musti ada amplop kesana sini,,
    gak ada orang dalem apa lagi

    jadi sangat sangat sulit dan ngabisin waktu investor baru mau main disini..
    haha

    Guest
  8. valentino rossi masih terlalu penting utk motogp jdi pensiun pun tetap akan menyenangkan dorna krna inisial vr46 masih akan wara wiri di sirkuit…

    bahkan buat raja sultan or whatever you called it seorang rossi masih besar efeknya utk bisnis mereka..

    menjadi pioneer tu memang luar biasa efeknya

    Guest
    • Setuju di paragraf terakhir, “biasanya” pionir tu memang luar biasa efeknya, contoh, beli air mineral di warung selalu blgnya aqua, padahal mereknya bukan aqua…. hahahahahaha

      Tp tergantung jg gmn menjaga brand image jika ingin mendapatkan benefitnya si.

      Mantab lah vr

      Guest
  9. Nilai 1 miliar dollar ya, gila sih.
    Bisa jadi nantinya sirkuit, tim F1, dan mungkin sebuah museum akan terafiliasi dengan nama VR|46.
    Mereka butuh nama besar buat dibonceng.

    “Aramco VR|46 Formula 1 racing”, “Aramco International Circuit VR|46”, “VR|46 World Aramco Museum”, wahahaha

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.