TMCBLOG.com – Di dua hari test Misano Yang lalu memang secara umum pemberitaan diokupasi oleh Debut Maverick Vinales di Aprilia Racing. Namun Sejatinya di test tersebut bukan hanya ada Aprilia Sendiri. Ada Ducati, Ada Honda dan Ada juga KTM yang masing masing menghadirkan Motor Prototipe yang ditest Oleh masing masing masing test Rider. Dan Khususnya KTM mereka membawa Material baru yang ditengarai Model KTM RC-16 2022 yang ditest Oleh Mika Kallio . . Cekidot deh

KTM menghadirkan Dani Pedrosa dan Mika Kallio di Test Privat Dua Hari ini dan amsing masing test Rider sepertinya Mencoba Material yang berbeda beda satu sama lain. Di saat test, Dani masih menggunakan fairing depan yang lebih ramping. Fairing ini sepertinya Fairing ‘ekslusif’ Buat Pedrosa yang memiliki body mungil . . . Karena jika kita lihat semenjak 2020 yang lalu  Keempat pebalap KTM dan pebalap penguji lainnya Kallio lebih sering menggunakan Fairing dengan Front Cowl yang lebih lebar.

Sementara Penampakan lebih menarik hadir di Motor Hitam Misterius yang dicoba oeh Mika Kallio dimana terlihat ia sedang menguji Bentuk Aero winglet dengan Luasan Area wing lebih lebar, Tanpa Gurney Flap dan hadir tambahan aero wing tambahan di sisi samping  / Side Fairing.

Sementara itu Juga sangat terlihat bentuk asupan udara ( RAM AIR ) dengan desain dan luasan Inlet yang lebih luas/ lebar dengan menghadirkan beberapa jalur tunnel di dalamnya. Mungkin nggak hanya buat suplay air-box saja itu RAM AIR, bisa buat Cooler part atau hal hal lain  . . . silahkan dikepoin deh. Jika dilihat dari Dari luar, asupan udara dan paket aero baru adalah dua hal baru yang bisa kita lihat secara kasat mata.

Jika kita berkaca pada kejadian pengetesan tahun tahun sebelumnya Lintas Pabrikan, Seringkali ketika tim menguji bentuk RAM AIR/ asupan udara baru, mereka dapat berarti bahwa mereka sedang menguji mesin baru untuk musim berikutnya. RAM AIR yang lebih lebar akan menghadirkan spekulasi bahwa KTM sedang berupaya memberi asupan Volume udara yang Lebih banyak masuk ke dalam Box Filter udara guna proses Pembakaran di mesin V4 86º Long Bang mereka.

Sekulasi bisa merembet ke arah analisa bahwa bisa jadi Tahun 2022 KTM akan menghadirkan RC-16 yang memiliki Power Top-end yang lebih besar untuk bisa menyamai Parameter performa Motor seperti akselerasi dan Top Speed dari Motor Pabrikan pabrikan lain.

Jika tmcblog sedikit kunyah kunyah dari apa yang ditampilkan KTM pada Test Privat Di Misano yang lalu, sepertinya mereka mencoba menghadirkan balance antara kekuatan Performa dengan Handling dan tentunya meminimalisasi wheelie yang diejawantahkan dengan mengahdirkan Downforce lebih banyak . ..

Terlihat mereka juga sepertinya mengambil data speed angin dari arah terpaan depan fairing menggunakan Pitot Tube. Hasil pengukuran Pitot Tube ini sangat berguna untuk mengetahui berapa persisnya kecepatan dan tekanan angin yang menerpa dari bagian depan untuk selanjutnya mereka bisa mengguankan data ini di Wind Tunnel agar pengukuran di wind Tunnel bisa mendekati Realitas di trek

38 COMMENTS

  1. Itu sepertinya RAM AIR depannya di bagi tiga tunel ya, yang tengah besar buat mesin, yang kecil kanan kiri buat yang lain, semisal mendinginkan sisi samping mesin, mendinginkan elektronik, atau apa gitu

    Guest
    • Sebenernya bukan telat panas sih, tapi pace dia yg awet. Di awal emg lebih pelan tapi diakhir pas yg lain pace mulai jeblok Brad Binder masih segitu2 aje makanya seolah pelan2 naik posisi di akhir2 race. Persis Alex Rins lah. Tanda bahwa motor KTM ga boros ban tapi jg grip ga sebagus yg lain, mirip penyakit Suzuki selama ini. Makanya baik rider KTM maupun Suzuki ga terlalu bagus di single lap contohnya hasil kualifikasi yg B aja.

      Guest
  2. ada aturan mengenai pipa internal air ram yg membentuk cyclone agar menghasilkan udara yang lebih mampat jadi seperti turbo kecil2an gak?
    ingat cyclone di L300.

    Guest
  3. Sy rasa RC16 sudah benar2 menjadi motor juara. Hanya butuh rider yg siap bersaing untuk gelar aja. KTM dpt jurdun hanya masalah waktu.

    IMO. line-up pembalap mereka sekarang masih level 2.

    Guest
    • Skrg jg Ducati masih motor teraneh setelah Aprilia. Kalo Aprilia masih ketolong bentuk tangki dan jok yg bagus sementara Ducati tau sendiri gimana bentukannya.

      Guest
  4. Itu yang kaya antenna (pitot bkn namanya) apa ga bahaya ya klo misalnya tubrukan sama yang didepan ya wak

    Guest
    • Berbagai diskusi ya bang,…

      Itu instrumen dipakai kan dalam rangka pengujian untuk mengambil data yg nantinya dipakai dalam uji artificial enviroment (baca: angin/wind). Dan itu alat kan sifat nya sementara.

      Kedua, saat dipakai lari kan status nya solo run, ya minimal sudah diprediksi tidak terjadi srudukan sih.
      IMHO

      Guest
  5. tolong dong wak typo typo nya di benerin lagi, gaenak diliat nya ganjel gitu
    soalnya ini web bukan web kecil yg baru dirintis kemarin sore, namanya juga bagus loh tapi tolong lah hal” kecil kaya typo itu di perhatikan lagi biar experience nya lebih top

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.