TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui bahwa Tahun ini Honda CB150R StreetFire memperoleh update Sangat Sifnifikan baik dibagian Bodywork, Segitiga ergonomi dan Suspensi. Dan kebetulan tmcblog memperoleh kesempatan mencoba Motor ini sekitar 1 pekan untuk merasakan perbedaannya lebih lanjut dari Perubahan perubahan yang diberikan Oleh AHM ini. Mengenai Bodywork menurut kali secara umum tidak banyak memperngaruhi performa dan Handling. Hanya ‘Perasaan’ yang berubah karena boleh dibilang Desain Fisik dari Streetfire 2021 jauh lebih terlihat besar.

Point ini akan sangat terlihat ketika kita sudah berada di atas Motornya dan memang ketika kita melihat daerah tangki dan Handlebar, Feel/ perasaan menaiki motor yang ‘lebih besar ‘ dibandingan dengan Streetfire generasi sebelumnya memang sangat terasa. Secara umum memang menurut kami, desain dari 3 generasi Streetfire dari awal di produksi memang tambah lama terasa tambah gemuk dan besar . . Namun entah kenapa ketika di bandingkan Feel Bobotnya ketika berkendara ya sama saja sih antara Generasi kedua dan generasi ke tiga ini

Ketika naik di atas motornya dan berjalan sudah langsung terasa bahwa ada sedikit perubahan distribusi bobot ke arah depan dari New CB150R streetfire 2021 ini bila dibandingkan dengan Generasi sebelumnya, perkiraan kami adalah Karena pengaplikasian suspensi depan yang mungkin secara bobot parsial suspensi juga lebih berat dibandingkan suspensi teleskopik pada generasi sebelumnya . . Namun begitu Feel distribusi ini tidak serta merta mengubah ergonomi jadi ikut ikutan lebih ‘ nukik’ ke depan sob.

Yap Peran dari perubahan jenis Setang Tappered yang ‘ gendut di tengah’ namun lebih ‘baplang’ serta Raiser yang cukup tinggi seakan memaksa segitiga ergonomi saat mengendarai New Honda CB150R streetFire ini menjadi lebih tegak dibandingkan dengan Generasi sebelumnya. Dan Ergonomi ini secara instan mengubah tingkat durabilitas punggung kita ketika membawa New Streetfire ini turung dengan Jarak agak Jauh.

TMCblog coba bawa motor ini buat nengokin Properti kami di kaki gunung Salak dengan Jalur dari Bogor Via laladon yang full nanjak dan Balik Full turun . . Dan dari test turing jarak dekat ini sudah dapat disimpulkan asli perubahan ergonomi dari New CB150R Streetfire ini Fix Turing banget !

Hal kedua yang tmcblog harus kasih aplause adalah Feedback dari lendutan suspensi Honda CB150R streetFire baru yang sudah mengadopsi Suspensi Showa SFF-BP. Satu yang fix, ini bukan suspensi balap, tingkat Rebound dan Compressionnnya sangat ‘ harian ‘.

Lendutannya saat melakukan hard Braking serta rebound dari suspensinyanya saat menghajar jalanan keriting terasa banget disetup oleh Showa dengan parameter suspensi lama yang ditingkatkan. Besarnya diameter suspensi depan saat kita melihat dari arah dashboard sedikit banyak menambah percaya diri kita ketika sedang mengendarai Motor ini . . seakan berasa sangat ‘dijagain’ oleh suspensi githu loh . .

Secara umum menurut kami memang Honda CB150R Streetfire 2021 menawarkan sesuatu yang agak sedikit ‘radikal’ perubahannya di bagian ergonomi dan menurut tmcblog perubahan ini hadir tanpa adanya pressure dari kompetisi market yang ditempati New Honda CB150R Streetfire. Hal ini secara kebiasaan biasannya bukanlah merupakan karakter pabrikan pabrikan Jepang di masa lalu . . Namun terjadi . . next kita akan analisa sedikit mengenaiĀ  Strategi Market masa depan apa yang bisa dikeker dari hadirnya CB150R Streetfire 2021 . . .

Bagaimana soal Mesin? kami tidak melihat adanya perubahan karakter yang dihadirkan dari Mesin ini. Performanya sangat Kuat mengigit di rpm bawah sampai menengah. Dengan Bobot kami yang 62 kg ini beberapa hasil pengukuran top speed berhasil kami coba lihat dimana Gear 1 rpm 10 ribu bisa sampai 40 km/jam, Gear 2 rpm 10 ribu sampai 64 km/jam, gear 3 10 ribu rpm sampai 83 km/jam dan gear 4 pada raungan 10 ribu rpm bisa tembus mendekati 100 km/jam.

Namun secara umum Buat Sobat sekalian yang suka turing atau mungkin kegiatan komuternya cukup jauh semisal rumah di Depok/ Bekasi kerja di Jakarta dan Butuh Motor sport yang nggak bikin ‘pinggang dan punggung sakit’, Ya New Honda CB150R Streetfire MY 2021 ini sangat bisa jadi pertimbangan kuat.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

31 COMMENTS

  1. pernah nyoba yg gen 2, putaran bawah sampe tengahnya emang padat, cocok buat situasi stop n go di perkotaan.. jd penasaran nyobain sisi ergonomis yg gen 3 ini..

    Guest
  2. Cuma saru yg disayangin wak…
    Knp kondenya dinunculin lagi di new gen . Pdhl yg old gen (gen 2) udah bagus.. gk dimunculin…
    Klo dipisah yg dipisah saja sekalian kayak naked2 eropa …

    Guest
    • udah fitur standar motor Honda wkwk, apalagi kalo telat dikasih chain lube.. solusinya ganti gear set SSS atau merk after market lainnya baru deh adem..

      Guest
  3. untuk tampilan,handling dah ok ya wak.tinggal mesin aja.bisa di remap up limiter nya.tp tetap beda rasa dengan yg real overbore

    Guest
  4. Jadi ini kayak memadukan kenyamanan berkendara ala touring, tapi mesinnya tetep berkarakter stop and go khas perkotaan. Gitu ya? Nah klo diajak turing beneran.. kira2 bagaimana?

    Guest
  5. Yang pernah punya tiger revo, nah all new cb150r ini sangat mewakili besarnya.
    Saya pas lagi ke dealer MPM ambil pcx160 trus ngeliat nih cb150 gila gedhe banget n gagah bgtu saya naiki biyuh mengingatkan akan tiger revo.
    Tapi sekarang sudah gak pengen motor batangan/lakiĀ² lagi enakan matik tinggal gas doang n bisa bawa barang bawaan dg nyaman

    Guest
    • Setuju pak…suka mupeng liat motor gini jadi termimpi mantan2 motor kopling dulu thunder, pulsar, scorpio :’) cuma secara realistis buat ane hanya matic ukuran kecil/sedang yg paling cocok utk menemani aktivitas harian (matic bongsor pun sudah gak fungsional buat ane). Mungkin suatu hari ketika semua faktor memungkinkan ane bisa merasakan kembali nikmatnya sensasi naik motor kopling….semoga.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.