TMCBLOG.com – KTM Secara resmi sudah memperkenalkan Varian produk Supersport KTM RC200 MY2022 untuk pasar internasional, dan melihat Platform Produk KTM Indonesia beberapa tahun yang lalu, KTM RC 200 MY2022 juga diperkirakan juga akan tersedia di Indonesia nanti. New KTM RC 200 ini hadir membawa beberapa peningkatan style dan fitur baru yang diklaim Oleh KTM berada di level lebih baik versi sebelumnya. Styling, misalnya, sekarang menampilkan tema yang lebih tajam bersama dengan Bentuk Front Cowl  depan yang diperbarui, Joknya yang direvisi, dan kluster instrumen yang lebih modern.

Tidak seperti RC390 yang menggunakan LED, Model 2022 menampilkan headlamp halogen tunggal, layar LCD yang lebih besar, dan tangki bahan bakar yang lebih besar.  KTM RC 200 2022 tersedia dalam dua pilihan warna – Hitam dan Putih. Di Kedua warna sama sama menampilkan stiker Banner KTM yang melintang miring di fairing, logo KTM di tangki, finishing dual-tone, dan cat oranye untuk sub-frame dan velg.

Sementara itu semua lampu lainnya adalah LED. Dashboard New RC200 diperbarui pada model 2022 menggunakan layar LCD yang lebih besar menggantikan unit backlit oranye kompak pada sepeda motor sebelumnya. Sebagai perbandingan, RC 125 2022 dan RC 390 menggunakan layar TFT berwarna dengan konektivitas Bluetooth. Kapasitas tangki bahan bakar pada kisaran RC series 2022 telah meningkat dari 9,5 liter menjadi 13,7 liter.

Selain styling, KTM juga merevisi ergonomi pada model 2022. KTM RC 200 baru memiliki fitur ergonomis yang lebih ramah dan lebih tegak dengan pengaturan stang yang sekarang 1,5cm lebih tinggi dari model generasi sebelumnya. Namun, bisa diturunkan 1 cm untuk posisi berkendara yang lebih agresif. Joknya juga telah didesain ulang dan RC 200 2022 menggunakan lebih banyak busa, profil, dan material baru. seat heightnya berada pada ketinggian 82,4 cm sekarang.

Perubahan pada RC 200 model 2022 lebih dari sekadar revisi gaya. Sasis yang direvisi, misalnya, sekarang dilengkapi sub-frame yang dibaut, bukan subframe yang dilas pada model generasi sebelumnya. KTM mengklaim bahwa pengaturan sasis yang diperbarui membantu menurunkan bobot sebanyak 1,5kg dibandingkan model lama.

Tugas suspensi ditangani oleh Shock USD Big Piston WP APEX 43mm dengan travel 120mm di depan dan WP APEX mono-shock dengan travel 150mm di belakang. Perangkat pengereman terdiri dari cakram tunggal 320mm dengan kaliper tetap radial empat piston di depan dan rotor tunggal 230mm dengan kaliper axial piston tunggal di belakang. Perangkat Keselamatannya tetap tinggi yakni dengan hadirnya Bosch 9.1 MB dual-channel ABS dengan mode Supermoto( mematikan Abs pada roda belakang )

Spesifikasi mekaniknya tetap mirip dengan generasi sebelumnya. Dengan demikian, KTM RC 200 2022 tetap menggunakan mesin 199,5cc, satu silinder, berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga maksimum 25,4 hp dan torsi puncak 19,5Nm. Untuk sementara ini belum diketahui Kapan KTM Indonesia akna menghadirkan varian baru ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

34 COMMENTS

  1. Wah 200 nya malah lebih mini knalpotnya dari 125 nya akwkakw

    yakin versi 250 nya juga underbelly nih, seingat saya 200 dan 250 nya ga masuk Eropa jadi perkara emisi lebih longgar = knalpot lebih hemat ukuran

    Guest
    • padahal r15v3 di India jauh lebih gaada harga dirinya dibanding di Indo

      di India sana lebih banyak produk lain yg bisa nampar si r15v3 ini dari harga ama power, mgkin tampang juga yg lebih “india banget”

      Guest
        • semua juga disana pake dong akwkakw

          saya ya jadi ga abis pikir kenapa India yg inputnya didengerin akwkaw

          mgkin ngambek kali ya.. r15 kan lahirnya dulu di sana, v2 sama v3 inputan Indo nih, “kurang India” jadi kendor v3 jualannya di India. Pokoke v4 harus versi India titik akwkakw

          Guest
  2. Desainnya mengingatkan gw pada tren 90an sampe 2000an awal, jaman Tiger ato Thunder maksa dijadiin sport fairing di bengkel2 fiberglass pinggir jalan. Desain wagu, stang tinggi ato paling mentok pake stang ninja, fairing kedodoran. Tapi gw maklum, kebanyakan tukang fiber jaman itu emg ga pernah liat motor fairing beneran bikin bodi cuma modal nyontek poster, jadi dalam benaknya motor fairing = jumbo.

    Guest
    • Nanya kang, koil motor standar yg voltase nya gedhe apa ya? Motor injeksi lho ya. Mau kanibalan tp gatau speknya yg bagus mana.

      Guest
      • motor2 injeksi udah fullwave semua, jadi ya spek koil mirip2 semua ga kaya jaman dulu bisa kanibal dari motor yg pengapiannya AC yg bisa kasih output gede. Solusinya cari produk aftermarket, kalo mau make original bawaan motor saran gw ambil punya cbr250r ato klx250, tapi harganya bikin nyesel beli krn output emg lebih gede dari motor injeksi cc kecil tapi harganya kemahalan, ga worth sih menurut gw.

        Guest
  3. 85% koment2 bikin ngakak wkwk..design yg ada indihe2 gk dsukai dimari wak..moga pabrikan jepun gk ikut2tan bikin model aneh dsni

    Guest
  4. Dilihat dari banyaknya komentar negatif diwarung kondang wak Haji ini, alamat gak laku lagi bila maksain dijual di Indonesia.Desain memang terlihat lebih parah dari model sebelumnya.

    Guest
  5. keren sih, cuma bgian depan gakk banget, masih keren gen lama yg udah ada dipasaran
    kalo nnt ada yg mau beli rc series yg terbaru ini, sebaiknya fairing dan bgian depan dimodif saja jd ky model r6 spertinya cocok
    bentuk yg lain dah oke sih hehe

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.