TMCBLOG.com – MotoGP Aragon 2021 akan dimulai hari ahad sore ini di mana Bagnaia akan start dari Posisi pertama setelah merengkuh Pole Position beberapa Jam yang lalu yang juga memecahkan rekor laptime Manusia tercepat di atas Roda dua di Aragon yang sempat bertengger selama 6 tahun lamanya. Namun begitu Race bukan hanya soal 1 single fast lap, butuh konsitensi race Pace yang cepat, kalo perlu metronomik cepat . . . Dan salah satu sesi yang cukup bisa menggambarkan persiapan Pembalap akan sesi balap adaah Sesi FP4 di mana jam pelaksanaannya hampir Mirip dengan Pelasanaan Balapan Hari ahad ini.

Temperatur saat FP4 disinyalir akan sama dengan Saat Balapan nanti yakni dimana suhu udara di angka 27ยบ C dan Suhu trek bisa sangat panas sampai 45ยบ C . . dan memang secara umum pembalap Tidak melakukan Time attack di sesi ini . . mereka lebih banyak melakukan Long run ataupun sub-long run dengan dijeda 1 kali poit stop selama total 30 menit. Dan memang secara umum Marc Marquez menjadi yang tercepat di sesi tersebut? Bagaimana race pace Marc ?

Marc Marquez yang memulai sesi dengan ban depan Hard Baru dan Ban belakang Pre-heatedSlick Soft yang telah dipakai sebanyak 4 lap sebelumnya . . Secara total Ban belakang Soft dipakai sebanyak 11 lap atau kira kira hampir setengah Full Balapan. Dan terlihat Laptime yang di torehkan marc di sini ada di sekitar 1:48,1 sampai 1:48,75 yang diperkirakan akan jadi Pilihan Ban dan race pace awal balapan sore ini Buat Marc . . .

Walaupun dijeda satu kali Pit Box, terlihat marc Sudah mulai menemukan kembali race Pacenya Untuk esok . . . Namun begitu Yang juga emnarik adlaah Jika kita lihat beberapa Pembalap lain yang juga memiliki konsistensi race pace yang secepat marc . . Cekidot dehย  . .

Pecco Bagnaia begitu istimewa, ia melakukan Long lap 16 lap tanpa jeda saat di FP4 dan race Pacenya Boleh dibilang cukup Ngeri dimana pada beberapa spot lap ia bisa berada lebih cepat ( di bawah ) dari 1:48,5 dan ini lah yang berpotensi mengahdirkan Dogfight dengan Pembalap seperti Marc Marquez , Miller dan Quartararo di awal race Nanti terutama karena Bagnaia bisa start dari Posisi terdepan . .

Jack Miller Juga sepertinya tidak bisa kita kesampingkan begitu saja. Secara Umum ducati memiliki beberapa spot yang menguntungkan mereka terutama di Sektor terakhir dengan Top Speed back Straight Aragonnya dan beberapa sektor yang membutuhkan Akselerasi cepat.

Fabio Quartararo Datang ke Aragon dengan berbagai penjelasan bahwa ini bukanlah Sirkuit yang ramah Buat Yamaha . . namun setelah beberapa sesi Latihan bebas yang di akhiri dengan Kualifikasi kedua, Fabio Memperlihatkan bahwa Motor Inline 4 pun punya Potensi sangat cepat di Sirkuit yang banyak dikenal dengan sirkuitnya Marc Marquez ini. Yamaha Punya Paling tidak dua spot menarik di Aragon yang bisa terus dikembangkan . . Sektor 1 dan Sebenarnya sektor 3

Yes, Juga dengan Kombinasi ban Hard-Soft, lihat deh sektor 1 ada kombiasi tikungan cepat T2 sampai T4 yang jelas jelas ‘Lezat’ Buat Mesin Inline 4 kayak Yamaha M1 . . dan Juga T10 sampai bertemu T12 . . Memang di sektor 4 terutama di back Straight antara T15 dan T16 Fabio dan Yamaha M1 keteteran terutama Jika berhadapan dengan Ducati Desmosedici yang punya gap top speed 5 sampai 10 km/jam lebih tinggi . . Namun Fabio Bisa ‘membayarnya’ dengan menjauh terlebih dahulu di 3 sektor sebelumnya terutama di sektor 1 dan sektor 3 . ..

Butuh untuk Lihat Sesi Warm Up hari ini untuk finalisasi, namun diperkiakan empat pembalap ini lah yang memiliki potensi hadir di Podium Aragon 2021 ini jika melihat data FP4 jika race nanti juga dalam keadaan kering ( Dry race )

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

56 COMMENTS

  1. Mantap semoga marq bisa balap sampe beres, kalo jatuh lagi Honda harus transfer teknologi anti-falling system di motor konsep mereka ke HRC biar ga DNF mulu

    FQ kalo sampe juara di aragon makin yakin yamaha yg bakal juara tahun ini

    Aleix espargaro bisa nih fight di barisan depan , sirkuit favorit dia

    Guest
    • MV? Terlalu lembut dia bawa, bahkan fq yang cocok dengan Y saja tidak lembut bawa motornya, walau ga slide tapi late brakenya bikin ban geser juga kesamping di T1

      Guest
      • Wkwkwk gitu si banyak yang ngmg kali MV bakal podium , bales dendam ke Yamaha wkwkwk
        Paling kalau ga kompetitif Ampe tahun depan ngambek lagi dia

        Guest
  2. Gaya balap marq mirip gunung merapi yg mau meletus..

    Pe nonton selalu dibuat deg deg an

    Potensial race bakalan seru pasukan v4 front row

    Guest
  3. Semoga lebih sabar, tidak main seruduk lagi.
    Biar tontonan jadii lebih menarik.
    Fbh senang, fby senang, fbs juga tidak meriang.
    Yang punya blog pun bisa senyum-senyum traffic blog naik, banjir withdraw dari adsense .

    Guest
    • Masih disayangkan karena belum ada solusi lagi selain โ€œMarc styleโ€ untuk atasi masalah front end Hodna.

      Semenjak cedera berat, Marc terlihata sangat enggan pake Marc style lagi

      Guest
  4. Masih pegang Marc sih Karena kelihatannya Marquez udah nothing to lose dan nothing to win pula kayaknya dia bakal lebih all out lagi di kandangnya, meskipun kadang juga jadi ga menimbang” resiko yg jadinya malah crash

    Guest
  5. Sepakat, dimulainya back to level he knows, nanti diakhiri lagi kalo arah race nya searah jarum jam.
    Akan dimulai lagi kalo ketemu anti clock wise circuit.
    Gitu aja terus

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.