TNCBLOG.com – Di GP Aragon 2021, Semenjak Jumat akhir pekan ini, Di Ducati Desmosedici GP21 yang dibesut oleh Pole Sitter Pecco Bagnaia Ketambahan Perangkat baru pada Spatbor depan. Mungkin perangkat ini juga ernah hadir di GP sebelumnya, Namun jujur baru kali ini tmcblog mendapatkan Foto Perangkat yang sebenarnya minor Namun jelas terlihat melingkar dari satu daerah kaliper kanan depan Brembo ke Kaliper kiri depan brembo . .

TMCBLOG masih belum mengetahui persisnya fungsi dari Perangkat tambahan yang merupakan perangkat baru dan terpisah dari paket Front Fender/ Spatbor depan itu sendiri. Di sebelah kanan tidak terlihat apa apa hanya perangkat / part tersebut terbuat dari serat Karbon.

Dua Kali dibaut pada daerah Poros Suspensi depannya dekat dengan Kanister gas Nitrogen suspensi. Part ini dibuat mengikuti kontur bagian atas dari Kaliper ( jadi kayak protector)  dan mengikuti dari bulatnya penampang ban depan dan menghadirkan semacam lapisan di bagian bawahnya   . .

Dan yang menarik dari foto foto yang diprovide Michelin pada bagian kiri terlihat Perangkat/ Part baru ini juga di-Mounting dengan dua baut di Poros Suspensi depan, bertemu dengan kaliper Brembo dan melintang mengikuti Kontur ban . . namun terlihat ada satu  detail kecil berupa alat mirip ‘ probe ‘ Sensor di sana.  . .

Apakah Alat/ perangkat ini di desain Ducati sengaja Untuk menjadi Perangkat yang memonitor satu variabel Pengukuran dari ban depan seperti temperatur? Masih belum bisa diketahui dengan pasti . . namun di beberapa Foto Miller belum dikasih perangkat ini.

Cukup Menarik dan Strategic melihat Ducati melakukan hal ini. Mereka tidak menggabungkan ke Bagian Spatbor depan Karena kita ketahui sendiri Spatbor depan termasuk satu Part yang sangat ketat dikendalikan Oleh Regulasi Desain Aero Body di MotoGP . . . Silahkan dikunyah kunyah dan Silahkan sobat seklaian urun pendapat mengenai perangkat baru ini  . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

62 COMMENTS

  1. tetap yang juara dunia pabrikan laen😅😅
    disaat gada marq dan honda melempem malah suzuki jurdun,tahun ini yamaha,tahundepan malah ktm,tahun depannya lagi aprilia,
    ducati kena kutuk cukup stoner yg bisa jurdun😂😂

    Guest
  2. Part misterius itu adalah sensor utk memanipulasi nomor motor GANJIL-GENAP. Tujuannya agar saat balapan, motor tdk disuruh putar balik arah.

    Guest
  3. Kn ducati udh brhasil bikin buat naik turunin suspensi motor..
    Nah kali in buat cari data keausan ban depan buat bikin alat variasi sudut caster klo trek lurus sudut melebar klo tikungan mengalir sudut sedang klo tikungan patah jd sudut sempit
    Puyeng2 dah ridernya mainin tombol wkwkwk

    Guest
    • Nah ini,haha ,tp g akan smooth kLo g pKe elektronik, kemiringan ini kudu presisi pastinya,dan merubah riding style frontal , susah sepertinya bagi rider

      Guest
  4. Ya kita tau dimoto gp ban itu nomor satu paling krusial .motor ok..rider ok ban memble ya seperti rece yg sudah2..jadi mungkin ducati gregetan ya masa ban bagus saat latihan bebas giliran dipakai race memble…saya yakin itu alat untuk mengukur tingkat keausan ban yg dipadu dgn pengukur suhu…jadi klo ada produsen ban kasih ban gk sama kualitasnya bakal ketahuan..

    Guest
  5. Jangan2 setelah penonton mikir rumit apa fungsi alat itu, ternyata cuma stabiliser buat kurangi getaran kaliper saat pengereman 🤣

    Guest
  6. Ngomongin Bagnaia dia cuma digaji $750rb musim 2021 ini, yg paling parah Iker Lecuona digaji $200rb.
    Kok pada mau ya bertaruh nyawa dgn gaji spt itu?

    Guest
    • Pride, jadi rider motogp bisa jadi kebanggaan tersendiri. Selain terkenal bak superstar jg bakal ketulis di buku sejarah motogp. FYI pembalap wsbk jg kebanyakan cuma digaji ratusan ribu euro doang. Aleix Espargaro kenapa awet ya krn dia selalu nawarin harga paling rendah, sementara yg skillnya sedikit diatas dia biasanya ogah misal Hector Barbera, Alex de Angelis, Toni Elias. Mereka lebih pilih pindah ke ajang lain daripada dibayar rendah sementara Espargaro sampe setua itu bayarannya ya segitu2 aja mgkin cuma sedikit diatas Lorenzo Savadori atopun Iker Casillas.

      Guest
        • Kabar dapet sejuta utk 2 musim dari Aprilia ini masih simpang siur sih, krn baru tebakan jurnalis aja dan ga ada komentar dari Aprilia. Perkiraan gw dia malah cuma dibayar antara 300-400 doang setaun. Jeles kayanya engga deh, gw yakin di hati kecilnya dia jg sadar diri akan skill dan posisi dia di tim selama ini.

          Guest
        • Terakhir dia balapan di Ioda motogp hampir ga dibayar, apesnya lagi sempat kecelakaan dan cidera otak lumayan parah.

          Guest
    • IOM TT malah lebih murah lagi itu,padahal resiko nabrak tembok rumah orang atau masuk jurang besar banget kemungkinannya,kalo udah passion kadang duit jadi nomor sekian

      Guest
  7. Bukankah itu untuk mendinginkan piringan cakram?? Menangkap angin dari depan..terus ada lubang oval dibuang ke area piringan cakram.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.