TMCBLOG.com – Di tengah hebohnya pembicaraan mengenai regulasi baru Kejuaraan Dunia Balap sepeda Motor produksi massal kelas Intermediate World SSP Yang menyangkut Berkembangnya angka Kubikasi Yang diperbolehkan turun sehingga bahkan Motor 900-an cc pun memiliki Kans Ikut tahun depan, Hadir Informasi lain Yakni Potensi Honda CBR600RR yang Sebenarnya mulai tahun lalu sudah dijual Juga secara resmi oleh Astra Honda Motor di Indonesia bisa ikutan balapan WSS tahun 2022 nanti.

Salah satu yang menjadi Kisi kisi persiapan ini yang pertama adalah adalah sudah hadirnya  September 2020 yang lalu, Honda CBR600RR Race Base. Unit Yangdiproduksi terbatas terbatas 1000 unit dan dikembangkan khusus untuk balap Oleh Honda dan HRC dan mulai dipasarkan di Jepang.

Desainnya CBR600RR terbaru sendiri didasarkan pada New 1000 Fireblade, dilengkapi dengan sayap samping. Inovasi terpenting untuk balap adalah penjejalan ride-by-wire agar yang artinya juga akan sejajar dengan Sistem elektronik standar dari MecTronik, yang menjadi standar di Piala Dunia Supersport sejak 2019.

Kisi Kisi kedua adalah keinginan dari Midori Moriwaki yang saat ini menjalankan team Satelit Honda Mie Racing di Kelas SBK untuk Juga bisa membawa Honda kembali ke Piala Dunia Supersport. Moriwaki menurut info dari speedweek tidak hanya ingin meningkatkan tim SBK-nya dari satu menjadi dua pebalap, dia juga ingin terlibat dalam kategori Intermediate.

Ini Juga disinyalir akan menjadi kesempatan bagus bagi Moriwaki untuk bekerja lebih dekat dengan Honda (HRC) dan mendapatkan lebih banyak dukungan. Dengan Tangan Moriwaki, Honda sendiri bisa menjalankan strategi Comeback mereka tanpa menimbulkan kehebohan sembari cek ombak mengenai Posisi Honda CBR600RR pada Peta kekuatan Motor motor kelas Intermediate lainnya di Trek. . . lagi pula Kalo Honda ikut, Maka Yamaha Nggak akan sendirian Lagi kan Dengan 600 cc 4 silinder

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

49 COMMENTS

  1. World super sport ini kalo sama moto2 kenceng mana yak ? Ko cbr600 dituning performa moto2 apakah bisa kencang ? Kan dulu pernah dipake di moto2 tuh cbr600 mesinnya

    Guest
  2. cbr600rr turun juga ga akan bisa ngalahin R6 di WSS, R6 sudah ga ada obat klo lawan nya setara CC nya di WSS, yng bisa ngalahin R6 cuma motor yng di UP CC

    Guest
  3. Klo ikut wss seh wajar….lha yg jd ngganjel bin magak ini regulasi kdepannya kelas ini yg mn mtor2 nympe hmpir 1000an cc bs ikut nmbrung di cc 600 an…rancu euy

    Guest
  4. Jika ada yang sebut-sebut moriwaki jadi keinget tourist throphy jaman PS2 dulu. Polyphony digital kalo bikin game balap gak ada obatnya.

    Guest
    • Sayangnya udah gak dilanjut lagi buat konsol2 gen selanjutnya,
      kalo masih dikembangkan,,Ride atau bahkan MotoGP dr milestone pun lewat mungkin

      Guest
      • @eekum. Betul om. Grafis game balap besutan polyphony mungkin bukan yang terbaik, tapi untuk game play mendekati realistis, polyphony belum ada lawannya.

        Tourist throphy jika di hidupkan lagi semua game balap motor ya jelas lewat (saya sependapat).

        Guest
  5. Hmm penasaran jga sih
    Ini upgrade besar sejak 2008 ya kalau gak salah?
    Cbr600rr ini dri 2008 gak berubah emsin atau sasisnya sami mawon
    Tpi kompetitornya berubah total contoh r6 berubah total dan performa meningkat drastis bru 2020 ini cbr600 rombak banyak
    Hmm kira2 bakal bsa mendominasi kelas supersport 600cc lagi gak ya??

    Guest
    • R6 ga berubah total. Basis mesin dan sasisnya masih dari versi 2006 setelah itu cuma minor update contohnya utk versi 2007 dan 2008 serang piston lebih ramping, material klep dirubah, manipol lebih pendek. R6 terbaru cuma dapet update bodi, kaki depan dan elektronik. Jadi kalo soal kepurbaan, R6 sebenernya lebih purba.

      Guest
  6. maaf mau tanya
    bukankah standar untuk mengikuti kejuaraan wss itu harus motor produksi yang legal di kawasan Eropa y? kalau iya, ko bisa sibiar600erer ikut? kalau gak salah tidak dijual di Eropa karena tidak lolos euro4 atau euro 5 (cmiiw)
    Kan tujuan pembaruannya karena permintaan pasar Asia dan juga balap disana yg masih berdasarkan euro 3 atau 4 (cmiiw)

    Guest
    • Ada khusus buat race aja… Jadi yg dijual.offroad harus minimal 500unit yg terjual. Ntah itu buat balapan ketahanan, BSB, WSS, atau balapan lainnya. Intinya terjual khusus untuk balapan. Kalau terjual on road y harus nengok pasar Eropa dulu kejualnya berapa unit.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.