TMCBLOG.com – Beberapa Pabrikan MotoGP ‘memiliki’ Koneksi Penjenjangan pembalap di kelas Kelas Pemula dan Intermediate baik secara Langsung maupun tidak Langsung. Mungkin secara umum KTM adalah Brand yang memiliki Struktur penjenjangan yang paling Kentara jelas bahkan Mulai dari Struktur Pra-GP dengan Hadirnya Red Bull MotoGP Rookies Cup. Struktur KTM di Moto2 dan Moto3 sebenarnya tidak merupakan Stuktur factory 100% seperti yang kita bisa lihat Di kelas MotoGP, Di kelas Capung dan Intermediate tersebut KTM Berkolaborasi Kuat dengan Aki Ajo mempersiapkan Path terbaik calon calon talenta yang bisa di-Feed Ke Tim MotoGP sehingga KTM tidak kehilangan chain-link Penjenjangan.

Sementara Honda Sebenarnya Memiliki Struktur penjenjangan ini, Namun Tidak semasif KTM . .  atmosfernya bahkan terkesan lebih Berbau ‘ regional ‘ dengan Hadirnya Honda Team Asia di Moto2 dan Moto3. Di Moto3 selain HTA ada beberapa racing team yang di koneksikan dengan Honda seperti Estrella gallicia team maupun Leopard.

Nah Berita Hot dari Pedok MotoGP Misano 2021 adalah Sepertinya Yamaha Mulai ‘Tergoda’ untuk ‘ Memiliki ‘ Platform Penjenjangan Pembalap seperti ini. Memiliki Junior team, team Yang terafiliasi ke yamaha di Moto3 dan Moto2 dengan Target jangka pendek di moto2 dulu.

Menurut tmcblog, Penjenjangan yang sedang diwacanakan ini tidak mengartikan Bahwa Yamaha akan membuat sebuah factory team di Kelas Intermediate Moto2 maupun kelas Capung Moto3. Namun lebih seperti yang KTM lakukan Yakni memiliki kerjasama dan kolaborasi lebih intensif dan Bersifat jangka Panjang dengan Workshop racing team yang sudah ada di Moto2 dan Moto3 . ..

Sebenarnya Awalnya diperkirakan SRT ( sepang Racing team ) yang sudah memiliki Struktur Super Masif dan cukup Sukses di Moto2 dan Moto3 akan didaulat menjadi Bagian dari Strategi penjenjangan ini. Namun hengkangnya Petronas yang membuat SRT sendiri Bubar di Akhir tahun 2021 tentunya membuat Yamaha harus mencari alternatif Solusi lain . .

Dan Salah satu nama Entitas Racing team yang didekati Yamaha saat Wacana ini tercium di paddock adalah Struktur racing team VR46. Semenjak Awal Valentino Rossi memang sangat dipersiapkan Menjadi Lifetime Ambassador Buat Yamaha hal ini diperkuat di mana Vale akhirnnya Pensiun dan Mengakhiri Karir sebagai pembalap Yamaha. Vale dan VR46 Academy pun sudah lama berkolaborasi dengan Yamaha dalam entitas VR46 MASTER CAMP, Mungkin Hal ini Yang mau diteruskan . . namun . .

Ya namun dengan Konfirmasi bahwa Struktur VR46 Moto2 yang menjadi team satelit dari Ducati tentunya ini membuat rumor mengenai koneksi VR46-Yamaha dalam Wacana Yamaha Moto2 ini jadi agak sedikit ‘mentah’ dan dipertanyakan kembali walaupun Niat dan kesengsemnya Yamaha dalam memiliki Koneksi dan kolaborasi yang bersifat Jangka Panjang dalam membuat Jalur Feeder ke MotoGP masih tetap Kuat . . Kita Simak saja eskalasinya ke depan sob, tim mana yang kira kira yang bakal digaet Yamaha untuk berkolaborasi di proyek ini nanti.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

44 COMMENTS

  1. VR46 Academy kyknya udah di booking Ducati, mereka terinspirasi dari KTM yg perjenjangannya tersusun rapi,,
    sebenarnya juga model perjenjangan KTM ini sedikit membuat Ducati merasa tidak adil krn KTM dapat privilege dari awal bahkan sejak pra GP dan mereka bisa bebas mengontrak selama 5 tahun dan “menyekap” rider2 muda yg menurut mereka berpotensi di red bull rookies cup, dan tentunya sistem seperti ini menguntungkan KTM krn bisa mengontrak rider muda bertalenta dgn harga murah juga sekaligus menyekap rider muda tsb agar tidak diambil pabrikan lain, kalo jelek tinggal dibuang,,

    Guest
  2. Bikin tim sendiri,blu cru atau apa kek dolarnya kan banyak,dan sasisnya jg building sendiri biar lebih tertanam kalo ada andil dr Yamaha

    Masa kalah sama boscoscuro atau mistral nya om Herve

    Guest
    • Yup, yamaha kan dari dulu terkenal jago bikin sasis. Kenapa ga bikin ya? tapi KTM pun akhirnya nyerah dan pake Kalex juga sejak jaman mesin Triumph ini.

      Guest
      • Ktm bukan nyerah

        Tp fokus dana ke motogp

        Moto2 seri terakhir malah KTM menang kok. Mantul mundur dengan manisnya kemenangan

        Guest
    • Apa hak anda nyuruh yamama ngurus ini-itu? Emangnya anda yang mbayar yamama?

      (>> tiba-tiba teringat komentar jaka sembung anda tempo hari. Kocak banget itu heheheh)

      Guest
      • Bahaya borr..kl mesin r6 tertanam d moto2 bisa sunmori didepan rider nya..wss gk ada lawan,.skrg yamaha mau bikin moto2 krn udah mesin triump,paling suport teknisi jepang dan sasis bolehlah

        Guest
    • Tapi dengan mesin triple ini bisa aja sih mereka masukin koneksinya ke sana, seperti halnya MV sekarang
      Kalau mereka mau.. Hehehe

      Guest
  3. Ymi jangan mau kalah sama yamaha thai dan pilipin yg nitip rider cev moto2 bahkan yamaha thai sampai ikut moto2 pake livery yamaha mesin cbr

    Guest
    • logika ga di pake dong.masa bikin moto gp kelas utama mampu tp moto3 ga mampu.regulasi motogp klas moto3 n moto 2 ad penyuplai masing2 sesuai kesepakatan dg pihak dorna…bukan masalah mampu at tidak..

      Guest
      • Moto3 mesin bebas, tapi cuma Honda dan KTM yg berani main disana. Merk lain kaya Gasgas ato Husqvarna cuma rebranding KTM krn 1 payung, sama kaya jaman GP125 dulu merk2 Eropa kaya Derbi ato Gilera jg sebenernya Aprilia. Sekali lagi moto3 bebas, siapa aja mau main boleh asal mau ngikut regulasi. Don’t spread your dumb opinion.

        Guest
        • Ah elah ngejelasin panjang2 kagak masuk juga di otak lu, pantesan sering ngelantur otak cuma segitu daya nalarnya.

          Guest
        • mungkin efek fame yang dihasilkan moto3 kurang worth it ? sementara tipe motornya kudu mahal karna sifatnya prototype..

          Guest
    • Intinya mampu apa kagak tuh yamama. Moto3 mesinnya bebas dan mirip mini motogp full prototype biaya yg gak sedikit. Masa kalah sama mahindra pabrikan indihie yg pernah turun moto3 wkwkwk
      Ducacrot aja dari kapan tau mau turun moto3 aja gak jadi jadi

      Guest
      • hoiya bener juga mahindra pernah main moto3, tahun berapa dia mundur ya ? keren banget sih saat itu pas lagi mahindra getol getolnya ngebranding image permotorannya ya

        Guest
  4. di edit, harusnya begini : Struktur KTM di Moto2 dan Moto3 sebenarnya tidak merupakan Stuktur factory 100% seperti yang kita bisa lihat Di kelas MotoGP

    Administrator
  5. Padahal dulu jaman tim satelitnya masih Tech3 bisa tuh tim Tech3 moto2 dijadiin tim junior. Apalagi Mistral jg sedikit banyak nyontek geometri M1 krn yg bangun sasis itu jg mekanik gaek di Tech3. Tinggal masukin orang Yamaha ke Mistral, kemudian ganti branding Tech3 jadi Yamaha.

    Guest
  6. Semua gegara Petronas, VR46 motogp mengalah ( pernyataan rossi untuk kebaikan semua ) untuk tidak bersama yamaha karena petronas masih mau melanjutkan bersama yamaha. Lah malah cabut.

    Sampe akhirnya pada carut marut dah.

    Guest
    • Dan vr46 diprank berita sultan pulak. Tbtb nongol Rnf pulak

      saya pikir momen vr46 clbk ama yamaha cuma nunggu momen aja sih, manatau janjian di next perpanjangan kontrak tim-pabrikan ?

      Guest
  7. Kalo NRF wak, secara hubungan yamaha dengan dari razlan juga baik
    Apakah dgn bubarnya tim moto 2 moto 3 petronas bisa lahir kembali dengan Yamaha
    Maybe

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.