TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui Bahwa Pada pengetesan MotoGP hari pertama Di Misano kemarin headline Utama pemberitaan adalah Honda yang menampilkan Satu unit prototipe dari Calon Senjata utama mereka untuk 2022. Secara umum Ini adalah sebuah All-New Bike Honda RC213V dimana diperkirakan hampir semua aspek dari Sepeda motor diubah. Mulai dari Bentuk Bodywork Fairing depan dengan Lubang inlet dari RAM air yang lebih berbentuk mengkotak dibandingkan Bentuk memanjang yang selama ini dipakai Oleh Honda.

Secara umum memang bentuk fisik mesin Tidak terlihat Karena jelas itu adalah hal paling penting dan paling dijaga kerahasiaannnya Oleh HRC. Namun dari beberapa clue Perubahan bentuk Ram Air, lalu perubahan jumlah, posisi dan bentuk Lubang ventilasi udara di Side-Fairing serta perubahan exhaust, sangat Kuat sinyalemen bahwa Honda Juga merubah secara besar besaran Sektor mesin.

Sepertinya ini adalah sebuah revolusi Mesin, walaupun Belum sampai mengubah nomenklatur Mesin menjadi Misalnya RC214V. Karena jelas biasannya perubahan 1-2-3-4 jika mengacu pada sejarah masa lalu yang terjadi bersamaan dengan perubahan kubikasi mesin.

Perubahan lain terjadi di seat Unit dan Buritan yang jauh lebih besar. Diperkirakan Bahwa Honda Juga menggunakan Part semacam Mass Damper di dalam Box Buritan untuk membantu memecahkan masalah ‘rear grip issue ‘ yang juga melanda Pabrikan asal Asaka ini.

FYI Mass Damper memang diperbolehkan, namun ya itu dia akan menambah Bobot dari Motor itu sendiri karena Harus dirancang dan didesain Oleh Pabrikan full menggunakan sistem Mekanik ( dilarang elektronis) , baik menggunakan spring/ Pegas fisik maupun menggunakan Fluida Hidrolik.

yang Juga berubah signiikan adalah perubahan bentuk dan Posisi dari Silencer Untuk dua silinder belakang dari Mesin V4 RC213V 2022. yang pertama Bentuknya sedikit lebih panjang dari yang sekarang dipakai, dan Juga ditempatkan di sisi samping kanan dari Body Motor. Secara umum memang terlihat seperti apa yang dilakukan sebelum ini aoleh Ducati Dan Aprilia, dan Secara logika ini jelas sejalan dengan makin besarnya bentuk buritan karena menghadirkan sesuatu hal di sana Plus juga sebagai strategi ‘jaga jaga’ apabila Honda juga menghadirkan Shape shifter/ Ride Height Devices yang akan menurunkan buritan menjadi lebih ‘ceper’

Pada hari pertama Pengetesan Misano Hanya Stefan Bradl dan Marc Marquez yang mencoba Perangkat baru ini dan Via rekaman Audio yang dikirimkan ke timcblog Oleh Media Manager Repsol Honda – Harry Loyd akhirnnya Marc Marquez memberikan opininya mengenai Motor prototipe 2022 Honda ini.

“Hari ini kami mencoba motor baru, kami tidak tahu apakah itu motor 2022, tapi ini motor baru, maksud saya ini adalah konsep baru. Ini jelas menarik [karena] Ini adalah pertama kalinya di trek, jadi ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan lebih banyak waktu di dalam box & Tidak banyak lap.

โ€œTetapi seseorang perlu mulai mencoba hal-hal [baru] dan saya adalah pebalapnya. Besok (hari ini 22/09/21) juga Pol akan membantu ke arah itu dan bekerja juga pada motor itu. Pada dasarnya saya senang hari ini karena kami mencoba motor baru. Namun ini lebih merupakan langkah besar yang memiliki efek di kedua arah, di beberapa area arah yang sangat bagus dan di beberapa area banyak yang hilang.

โ€œTapi memang benar kita masih perlu memahami keseimbangan motornya, kita perlu memahami set-up, banyak hal. Karena ada banyak bagian baru, bukan hanya hal-hal kecil, itu hal-hal besar. Kami hanya melakukan beberapa lap dan harus berhati-hati untuk tetap berada di atas motor karena hanya ada satu unit saja”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

[Tech Talk] Mass Damper : Sejarah dan Perkembangannya di MotoGP

 

69 COMMENTS

  1. Bagian tengah fairing udah ga ada lubang besar buat ventilasi lagi,padahal itu salah satu ciri khasnya sejak generasi pertama

    Moga aja ada revisi design lebih Japanese lagi

    Guest
    • kali ini Honda harus membuang jauh2 pride nya,, ga bisa lagi mengutamakan idealisme dalam membangun prototype,, krn prototype ideal mereka membutuhkan pawang yg bener2 istimewa dan langka,,

      Guest
  2. berarti selama test Misano ini motornya musti dijaga baik2 ya, dan HRC mewanti-wanti Marc agar jgn dicari dulu limit motornya,, ๐Ÿ˜‚

    Guest
  3. Apa yang terjadi dengan Oliveira? Habis menikah malah melempem kayak kerupuk lupa dibungkus. Malah Binder yang jadi ujung tombak KTM sekarang. Seperti nya nyali jadi menurun setelah nikah.

    Guest
  4. Dilihat dari samping bener2 mirip dengan RS-GP dan Desmo, seprtinya HRC terinspirasi dari ke2 motor itu, smoga tahun depan RCV bisa bejaban dengan Desmo…mantap lah

    Guest
  5. Dari samping juga sasisnya terlihat mirip dengan Ducati Desmo, bentuk tangkinya juga mirip Desmo lebih gepeng yng sekarang, jangan2 konsep mesinya juga mirip dengan Desmo…semoga saja mirip lah, solnya tahun ini Ducati Desmo bener2 motor yang kompetitif, berharap tahun depan RCV se kompetitif Desmo

    Guest
  6. Sasisnya makin mirip RC211V yang dipake rossi di tahun 2003

    Mesin mungkin pake ramuan V5 yang dimasukkin di mesin V4 nya sekarang

    Guest
    • Lah kan reps0l jadi sponsornya, reps0l kan ciri khasnya kan warna oranye, kecuali reps0l minggat digantiin ama Shell atau redbull sekalian baru bisa beda liverinya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Guest
    • Saking betahnya sponsor Bro, wajar lah… penguasa jurdun 10 tahun terakhir. Kaya gitu aja perlu diperjelas bro…bro..

      Guest
      • Bukan masalah jurdun apa kaga. Desain sama terus. Kaya takut ga dikenal brand nya. Kepatok banget sama logo dan warna yang sama.
        Toh dikit lagi perushaan2 minyak bakal mengecil karna mesin ICE berkurang banyak

        Guest
        • namanya komentator ya bebas toh punya pendapat apa. ente juga punya opini yang merasa penting warna sama kan. apa yang ente keluhin jadi?

          nyalahin orang merasa penting sendirinya juga merasa banget penting.

          sesama punya ego ya lucu ya wkwkwkkw

          Guest
  7. Ternyata dari samping terpampang nyata dan jelas bahwa fairing area radiator ngikutin style pabrikan Eropa yg diawali oleh Ducati.

    Guest
  8. Side fairingnya benar – benar mencoba memaksimalkan flow air dimana minus lubang yang besae kayak tahun – tahun lalu

    Sepatbor depan ada lubang kecil ya kayaknya, sisi atas fairing ada Flap sirip hiu kayak KTM meskipun gede banget

    Salah satu generasi RCV yang paling radikal dan melenceng dari desain terdahulunya
    Dengan begini makin approve desain motor paling ciamik dan cantik saat ini masih GSX, M1, KTM, Aprilia, Honda, Ducati

    Cmiiw

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.