TMCBLOG.com – Karier Kejuaraan Dunia Superbike MOTUL FIM dari seorang pembalap Inggris kembali akan berakhir di penghujung musim 2021 dimana Chaz Davies (Tim GoEleven) mengumumkan pengunduran dirinya dari WorldSBK menjelang Motul Spanish Round akhir pekan ini, setelah berpartisipasi di dalamnya sebagai pembalap Reguler WorldSBK sejak 2012.

Chaz Davies tiga kali menjadi runner-up di WorldSBK pada tiga kesempatan, pada 2015, 2017 dan 2018 dan sebanyak dua kali Kesempatan finish Musim di tempat ketiga. Chaz juga memiliki dua musim penuh di WorldSSP dan memenangkan gelar Juara Dunia pada 2011 dengan 50 poin atas rival terdekatnya dan mendapatkan kursi WorldSBK 2012 di atas mesin Aprilia.

Di Musim debutnya, Chaz memulai sepuluh seri berturut-turut dengan mencetak podium. Musim 2013, Davies beralih ke mesin BMW dan sempat merasakan kemenangan di kandang BMW di Nurburgring sebelum beralih ke Ducati untuk 2014.

Dia tetap bersama tim pabrikan Ducati hingga akhir musim 2020, membawa mereka mendekati gelar dalam banyak kesempatan sepanjang kariernya yang termasyhur. Untuk kampanye terakhirnya di WorldSBK, Davies berkompetisi dengan tim Independen Ducati, Tim GoEleven, meraih satu podium di awal musim.

Davies mengumumkan di Jerez kemarin bahwa musim 2021 akan menjadi yang terakhir, dengan mengatakan: “Saya hanya ingin mengatakan bahwa sayangnya dalam beberapa hal, dan untungnya dalam beberapa hal, ini akan menjadi musim terakhir saya di WorldSBK.

Ini jelas merupakan keputusan yang tidak datang dengan mudah, butuh banyak pemikiran karena saya sangat percaya ketika Anda selesai, Anda sudah selesai. Bagi saya, waktunya tampak tepat untuk membuat keputusan ini. Seperti yang saya katakan, sangat sulit dan banyak pertimbangan terutama berada di sini di sirkuit lagi! Bahkan terasa berbeda saat berjalan beberapa jam yang lalu untuk membuat pengumuman ini.

Anda perlu mengubah sesuatu di kepala Anda. Inilah kami. Ada banyak alasan di baliknya dan seperti yang saya katakan, banyak pertimbangan dan bertanya-tanya apakah itu langkah yang tepat tetapi saya sangat percaya diri dan saya senang dan sedih pada saat yang sama bahwa itu adalah keputusan yang tepat. Siap membalik halaman dan membuka bab berikutnya.”

Dari 32 kemenangan WorldSBK Davies, 28 di antaranya diraih dengan mesin Ducati saat ia finis sebagai runner-up di Kejuaraan pada tiga kesempatan. Chaz Davies meraih 89 dari 99 podiumnya Juga bersama Ducati.

“Saya memiliki begitu banyak waktu yang baik dan saya pikir, bagi saya, salah satu hal paling istimewa yang saya alami selama bertahun-tahun adalah memenangkan balapan di tanah Italia,” kata Davies. “Khususnya di Imola, tidak jauh dari Bologna, dan saya benar-benar dapat mengatakan tidak ada perasaan seperti itu.  Semua Ducatisti ada di sana. Itu benar-benar terasa seperti sesuatu yang istimewa.

11 COMMENTS

  1. Prestasi bagus juga waktu masih seumuran anak kuliahan sempat hampir jadi proyek masa depan Pramac Racing, sayangnya jalur nasib malah bawa dia ke ajang produksi massal.

    Guest
  2. Sejak dulu tiap ngeliat muka Chaz bikin inget Mcdonald (Richard Norton) di film lawas City Hunter, saat main bareng Jacky Chan. Muka jahat. Hahaha

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.