TMCBlog.com – Bicara Masalah Mitigasi Potensi bahaya saat riding di jalan, Sensor radar adalah hal yang sangat lumrah dan telah diaplikasikan secara Luas di sepeda motor saat ini. Kawasaki H2 SX, Ducati Multistrada V4 S, BMW R 1250 RT dan R 1800 B dan Transcontinental, dan KTM 1290 Adventure S adalah contoh beberapa Model Motor Motor Adventure Touring yang telah menggunakan pengaturan sensor Radar ini, namun masalahnya ada di sektor estetika dimana unit radar yang sangat terlihat jelas terlihat dan bentuknya boleh dibilang ‘ nggak estetik ‘ kalau anak sekarang bilang. Nah Mungkin Inovasi Honda ini bisa jadi jawaban.

Paten Sensor Mitigasi pada sepeda motor Honda  Kali ini terlihat berupaya memberikan penekanan penting pada estetika, berupaya menyembunyikan sensor di balik bodywork dengan menggunakan Kamera Kamera.

Di dunia roda empat, beberapa perusahaan termasuk Subaru lebih suka menggunakan kamera stereo daripada radar untuk mengukur jarak ke objek di depan, dan paten terbaru dari Honda menunjukkan ide serupa untuk sepeda motor dimana Sensor gambar kecil diselipkan secara tidak mencolok di samping bohlam LED untuk menghadirkan dampak estetika yang minimal.

Paten Honda yang sempat di rilis Oleh Cycleworld menunjukkan bahwa sensor CCD, MOS, atau CMOS dapat digunakan dan dipasang di dalam unit lampu depan sepeda, bersisian dengan LED lampu itu sendiri. Pada gambar No 1 dan No 3 di bawah ini, sensor Kamera diberi label “26” dan “17” sedangkan Lampu LED adalah “23” dan “15.”

Papan kontrol elektronik juga dipasang di dalam lampu depan, bersama dengan dinding internal untuk menjaga sensor gambar agar tidak terganggu oleh cahaya dari LED. Ide ini terlihat membuat keberadaan sensor tidak merusak penampilan dari bentuk depan motor itu sendiri.

Sensor berupa kamera memiliki batasan Bisa dibandingkan dengan radar terutama jika pandangan ke depan terhalang misalkan oleh kabut. Namun Sensor Berupa kamera memiliki keuntungan yang tidak dimiliki oleh radar, Misalnya dapat digunakan untuk mengenali rambu batas kecepatan, untuk melihat lampu lalu lintas (dan warna apa yang terlihat di atasnya), dan bahkan untuk melihat lampu rem yang menyala pada kendaraan di depan.

Secara Biaya Produksi, Pengunaan sensor Kamera sangat mungkin bisa sangat menekan Biaya, paralel dengan Majunya Teknologi dan produksi massal dari kamera Mikro. Seperti Kita ketahui, saat ini Ponsel ponsel dapat dijejali dengan lebih dari dua kamera dengan spesifikasi berbeda dan memiliki performa yang bagus tanpa membebani Bobot . . . Wah Motor apa yang akan dijejali sensor Kamera ini kedepannya ya ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

24 COMMENTS

  1. tim kamera nambah banyak nih, mungkin bisa sharing teknologi dengan Tesla yah, tapi mana mungkin gratis..
    kelemahan kamera dibandingkan radar butuh software AI yang sangat bagus = computing power = butuh processor lebih

    Guest
  2. Kirain buat motovlog,atau semacam dashboard cam

    kalo menyatu dgn body motor kan “orang jail” jadi susah buat ngapa2in kameranya

    Guest
  3. ingat artikel kmaren peringatan menaruh hp di holder handlebar motor …
    lah ini malah ditaruh campur di headlamp
    bagaimana tingkat kepanassan kelembaban dll
    apa aja dampaknya ??? Hayooo

    Guest
    • Yakali gak di uji coba dulu dan diperhitungkan soal durabilitas dan skenario terburuk sebelum dilempar ke pasaran,kalo salah perhitungan ya paling di recall

      Guest
    • Yach namanya engineers itu akan memperhatikan semua aspek dalam hal mendesain sesuatu.

      Tentunya tidak 1 disiplin ilmu.

      Kalu sdh didesain dan diperhitungakn sedemikian rupa, namun saat pemakain ada trouble, biasanya karena data variable tidak pasti, dibuatlah asumsi.

      Jikapun itu terjadi, pasti direcall dan pasti ada redesain lagi utk menyempurnakan desain lebih baik.

      Guest
    • yakali buat sensor doang butuh ois, auto fokus dan teyek bengek kyk di smartphone. paling juga disematin eis yg ga butuh hardware yg sensitif getaran.

      pasti yg desain tau lah kamera ini harus solid utk dipake dimotor, bukan mau dipake buat foto atau tiktokan.. 🙂

      Guest
    • Kamera yg di patenkan honda itu gak pake fitur OIS (stabilizer)
      Jadi gak ngaruh sama guncangan kaya apapun.
      Yg di maksud apple, kamera yg ber OIS, yg biasa di pakai di produk hp mid end, kalau sering kena guncangan, mungkin saja OIS nya rusak atau gak berfungsi lagi, karena sering meredam guncangan agar camera tetap stabil.

      Guest
  4. mudah2an full auto pilot segera ada. jadi naik motor bisa maenan hape, santai, tau2 nyampe turun di lobi, motor parkir sendiri.
    mungkin biar lebih nyaman bentuknya uda tertutup seperti mobil kecil yang tipis.

    Guest
      • wkwkwkw sebagian iya emang tapi kan masi ada orang lain. perlu nunggu dulu. sebentar ya kak, otw.
        *padahal masi baru mau pake baju, angetin motor dulu, belum nyasar sedikit karena titik ga pas.
        dan kenyamanannya masi beda2.
        ada yang ngebut, ada yang slow banget, ada yang ngajak ngobrol sampe bahas ayam tetangga sakit borok ga sembuh2

        Guest
  5. Kayaknya produk yang bakal pakai ini bergenre sport touring wak, karena jenis ini buat jarak jauh sehingga dibutuhkan safety gear yang mampu menungjang keselamatan pengendara

    Guest
  6. Kalau honda ngerih harganya , headlamp pcx aja 1,7 jutaan
    Padahal redup
    Kenapa gak diisi projie led cina ja yg cuma 300 ribuan teeeerang gak silau

    Jauh lebih safety drpd sensor2 gajelas

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.