TMCBOG.com – Benelli baru-baru ini mendaftarkan desain terbaru dari motor berjenis Adventure dengan mesin V-twin 650 cc ke lembaga paten. Hal ini menandakan bahwa mereka berniat merilisnya di masa depan. Desain yang terlihat di sini diajukan ke otoritas China oleh perusahaan induk Benelli, Qianjiang, yang membeli brand Benelli dari Andrea Merloni pada tahun 2005.

Selain potensi akan dinamakan sebagai brand Benelli motor adventure ini punya juga potensi untuk dirilis di bawah brand lain yang menjadi grup mereka seperti misalnya mungkin QJ Motor. Hal ini diperkuat dengan sinyal bahwa hampir semua logo merek tidak tampak jelas dari gambar desain. Namun jika kita mau sedikit lebih teliti, hadir nama di front fork up-side down kiri bawah yang tampaknya bertuliskan “Benelli” dan nama Brembo hanya terlihat di kaliper rem di salah satu gambar.

Walaupun, motor ini bergaya adventure, tetapi motor ini juga memperlihatkan beberapa sinyal fungsionalisasi yang berorientasi jalan yakni dengan hadirnya roda depan 19 inci dan roda belakang 17 inci. Bukan kombinasi roda 21-18 insi. Dan dengan melihat arah jalinan jari-jarinya yang ke arah samping. Dapat dipastikan bannya akan berjenis tubeless.

Mengenai mesin yang akan dipakai terlihat menggunakan pmesin dua silinder dengan konfigurasi ‘V’ berpendingin cairan dan memiliki tata letak yang tampak mendekati ukuran mesin dari Suzuki SV650. Ini menarik karena sampai saat ini Benelli, QJ Motor lebih terlihat banyak memproduksi mesin-mesin berkonfigurasi dua silinder segaris/paralel ketimbang mesin V-Twin.

Terlihat, rangka yang digunakan oleh motor ini bergaya teralis menampung tangki bahan bakar yang lebar, dengan sadel jok lebar di belakang dan layar TFT besar di balik windscreen. Mesin 650 berada dalam antara dua bentangan dari jalinan tabung baja bergaya teralis yang sangat mirip desain sasis beberapa motor Benelli saat ini.

Sebuah lampu vertikal memiliki letak yang cukup tinggi namun desainnya tanpa dilengkapi dengan detail ‘paruh burung’ yang biasanya khas dibenamkan pada beberapa desain motor motor genre adventure saat ini. Di bagian belakang terlihat subframe memberikan opsi braket bagasi tambahan atau dikenal dengan side case/bag/box/pannier yang mudah dan cepat untuk dilepas-pasangnya.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

12 COMMENTS

  1. Apa beli Patent desain mesin Suzuki SV apa nyontek nih
    Tapi yg kerjasama secara resmi haojue deng,hmmmm

    Guest
  2. Suzuki aprilia kerjasama mesin 2t 25Otwin, Suzuki Hyosung kerjasama dohc oil cooled, HAjoue suzuxi kerjasama pinjam nama, issue terahir zhoshen suzuki juga doh oilooled vtwin 65O ini darimana yah?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.