TMCBLOG.com – Kawasaki Ninja ZX-25R boleh jadi adalah motor terbaik di segmen sport 250 cc lintas platform mesin, mulai dari konstruksi mesin 4 silinder sampai pembenaman berbagai elektronik yang biasa hadir di big bike ada di ZX-25R. Namun itu semua ternyata belum cukup bagi Trickstar Racing, produsen sekaligus rumah modifikasi performa di Jepang yang membangun project ZX-25R dengan tambahan sistem induksi udara turbocharge.

Berbeda dengan supercharger di mana sistem induksi udara yang masuk ke filter udara menggunakan motor yang ditenagai oleh putaran kruk as mesin atau elektrik, sistem turbo atau turbocharger menggunakan ‘energi yang sengaja dibuang’ dalam hal ini gas buang di sistem knalpot dari mesin 4 silinder segaris ZX-25R sebagai tenaga untuk memutar turbin.

Turbin dalam sistem mesin turbo ini lah yang akan menginduksi (menyedot) udara dengan tekanan tinggi agar bisa mampat (dense, padat) dan kaya oksigen untuk kemudian dimasukkan ke ruang bakar bersama dengan bahan btentunya. Udara yang kaya oksigen akan membuat ledakan di ruang bakar meningkat dan hasilnya secara adiabatik akan menghasilkan tenaga (torsi) yang lebih besar.

Dan Trickstar Racing memasang rumah keong turbin induksi ini pada sistem knalpot 4 silinder ZX-25R dengan tujuan menyamai benchmark power maksimum dari motor Moto3 yang mencapai 60 ps dan menyentuh top speed 250 km/jam . . Hasilnya?

Menurut mereka setelah diukur menggunakan mesin dynamometer (atau lebih dikenal mesin dyno) hasilnya adalah ZX-25R turbo bikinan TrickStar ini menghasilkan tenaga maksimum on wheel tembus maksimum 58 ps (58 metric-hp). Trickstar memperkirakan pengukuran power on-crank bisa sampai menyentuh angka 70 ps. Wiih sepertinya sudah lebih tinggi dari tenaga mesin motor motor Moto3 niih?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

44 COMMENTS

  1. Power boleh hampir menyamai, tapi waktu yg dibutuhkan untuk mencapai top power tsb jelas kalah jauh dibanding moto3

    Guest
      • Seandainya pabrikan bikin motor single silinder 250cc dilengkapi turbo dual stage. mungkin harganya lebih terjangkau dan powernya melebihi mesin 2 silinder.

        Guest
    • Blm klw bcara membandingkan agility dan handling yaah..
      Utk urusan laptime . Megang jomblo silinder ya moto3

      Guest
    • Lu Koplak y!!!! Udah Dr bobot motor moto 3 beda jauh Dr zx25r. Bobot moto3 jauh lebih ringan ditambah itu motor spek balap y wajar laptime ditrek lebih cepat motor moto3. Beda kelas koq ditanding! Koplak banget Lu!!!!! Logikanya dipakai!!!!!!!

      Guest
      • Material mesin eksotis moto3 special engine dibandingin material mesin harian. memang pada males mikir kalau bikin perbandingan

        Guest
      • Bener tapi itukan race spec chassy nya carbon + alu , zx25r masi tralis baja dan mesin nya dari besi baja biasa, mangkanya moto3 ringan , motor balap honda rc166 250 6 yang notaben nya motor thn 60 aja punya hp 62 bobot 116kg , tergantung regulasi dan kesungguhan pabrikan siih…

        Guest
        • MANA ADA MESIN SEKARANG DARI BAJA

          NGEFANS BOLE TP JANGAN B360 JUGA DONG

          tipikal fans kawi emang norak2 ckckck

          Guest
  2. Hasilnya top banget, tapi ya namanya mesin prototype motor moto3 lebih ganas, bayangin aja 1 silinder 250cc dengan power 50 ps lebih bobotnya cuma 75 kiloan… ane pake moriwaki md250 aja berasa liar banget powernya wkwkwk…

    Guest
  3. mau tanya wak, itu kenapa mereka gak bisa ukur power on crank ya?
    apa karena power on crank di ukur dari perhitungan matematis saja atau memang mereka gak punya alatnya?

    maap, mungkin ada artikel yang belum ane baca mengenai ini.

    Guest
  4. ZX25R bisa di beli, bisa di modif seperti ini, legal street, daily purpose

    Moto3 bike bisa di beli (dengan duit yg bergepok gepok), circuit only or closed street

    Guest
    • Motor spek Moto3 pasti gak sembarang dijual ke siapa aja walo banyak duit. ZX25R bisa dibeli siapa aja dimana saja kapan saja, kerja nyangkul juga bisa beli kalo punya duit.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.