TMCBLOG.com – Race WSBK Seri Argentina 2021 baru saja berakhir dimana pada tiga Balapan yang dilangsungkan dua diantaranya ( race 1 dan Superpole race)dimenangkan Oleh Pembalap Yamaha Asal Turki Toprak Razgatlioglu sementara race 2 dimenangkan Oleh Scott Redding. Secara umum – bersama dengan Jonathan Rea – di race weekend Argentina kemarin, Toprak Mengumpulkan Point terbanyak dengan Total 53 Point, disusul Rea dengan 47 Point dan Redding dengan 41 point . . Oleh karena itu  jarak keunggulan Championship Toprak ke Rea dan Redding pun Kian bertambah bila dibandingkan pasca race seri Portimao yang lalu.

Secara umum Toprak Razgatlioglu memimpin Championship dengan 30 Point menjelang tiga balapan di Indonesia pada November yang akan datang. Dengan Modal awal 30 point jelang Indonesia, maka Secara umum dengan maskimum Point 25, Maka Toprak Punya kesempatan Untuk mengunci gelar Juara Dunia WSBK 2021 mulai pada Race 1 di Mandalika Nanti.

Buat Rea sendiri dengan Jarak 30 point lebih sedikit dari Toprak ia masih memiliki Potensi mendulang Gelar Juara dunia Lagi dan satu satunya kesempatan dia Untuk meraihnya adalah di race 2 Mandalika Nanti. Jika pasca Portimao Redding masih punya Potensi Untuk Juara, Namun pasca Balapan Di San Juan Villicium ini harapan Redding dan Ducati Untuk menjuarai WSBK 2021 pupus karena Jaraknya 66 point ke Toprak.

Perebutan gelar Pembalap Satelit/ Independent Terbaik 2021 Juga akan berlangsung di Mandalika nanti antara dua pembalap Garrett Gerloff yang membela Yamaha dan Axel Bassani yang mengusung Panji Panji Ducati.

Jelang Seri Mandalika Indonesia, Yamaha pimpin Klasemen Manufaktur dengan Jarak 16 point dari Ducati dan 54 point dari Kawasaki. Tiga Pabrikan ini masih punya Asa untuk merengkuh gelar Pabrikan terbaik WSBK di Musim 2021 ini di Lombok nanti.

Dengan Jarak 68 Point dari Motocorsa racing Ducati, GRT Yamaha WorldSBK team sudah dapat dipastikan Merengkuh gelar Juara team Satelit/ Independent terbaik WSBK 2021 ini. Namun memang dengan Hanya bersandar pada satu Pembalap Saja Yakni Rookie Axel bassani, MotoCorsa racing termasuk hebat bisa di atas team team satelit besar seperti Team GoEleven Ducati dan Kawasaki Puccetti.

Dengan Jarak 58 Point kepemimpinan Pata Yamaha team atas Ducati Aruba.it mengartikan keduanya masih akan membawa Perebutan gelar team terbaik WSBK 2021 ke Sirkuit Mandalika. Terlihat memang Yamaha yang paling banyak berpeluang merengkuh lebih dari sekedar triple crown di musim WSBK 2021 ini di seri Mandalika nanti walaupun tentu baik Aruba Ducati maupun KRT masih sangat berpotensi memberikan gangguan. Di Mandalika akan ada Banyak Perebutan gelar di kelas WSBK sendiri . . Dan Serunya, semua team akan sama sekali ‘Buta’ data dan akan baru akan mendapatkan data awal di Sesi FP1.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

38 COMMENTS

  1. mandalika harus kerahkan tenaga kerja minimal 5000 orang … dan 1000 alat berat … untuk kebut sirkuit dan fasilitasnya …

    Guest
    • 1000 alat berat buat apa? Mau belah gunung? Atau bendung air laut?
      Yg penting itu duitnya lancar dan ga ada sunat.

      Guest
  2. Race yg penuh emosi dan bikin njelimet insinyur krn 0 data..dipastikan race mandalika paling seru dan sirkuit terindah,bisa smbl liburan semua crew wkwk..ap gk penasaran liat komodo ky rossi dulu

    Guest
  3. masih ada waktu 1 bulan
    moga aja bisa terselenggara and ga malu2in

    btw, keknya dah masuk musim hujan termasuk di lombok
    bisa2 rea juara kl race dalam kondisi basah

    Guest
  4. Yamaha vs Double Ducati Wak.. ? tandanya saya baca artikel,

    Sekalian kepoin sirkuit Mandalika Wak Haji, kemaren abis hujan kok muncul genangan? Apakah bisa mempengaruhi proses homologasi sirkuit? Apalagi aspalnya secara visual belang, beda dengan aspal luar Nagreg, yang setelah resurfacing langsung keliatan hitam legam.

    Ngeri-ngeri sedap nungguin proses homologasi ini sirkuit, apalagi konsepnya street sirkuit dengan modular building, udah kayak even olympic atau pildun yang cuma sekali pake doang.

    Guest
    • street circuit itu bukan seperti street circuit yg selama ini kita tau (jalanan umum yg di rubah menjadi sirkuit) tapi Mandalika sebaliknya, sirkuit permanen yg service roadnya akan dijadikan jalanan umum, itupun kyknya sih bukan bener2 dijadikan jalan umum, service road hanya berfungsi sbg jalur transportasi turis2 yg ada di KEK Mandalika, artinya mungkin ga sembarangan org bisa masuk juga kecuali turis dan para pekerja dan mungkin sebagian warga lokal seperti nelayan,
      IMHO,
      utk belang aspal, gw juga bingung, padahal udah di cuci dan di sikat udah itu di guyur hujan, tapi masih pada belang juga, tapi gpp lah, yg penting kualitas aspalnya,,

      Guest
  5. gw sedikit kecewa dgn masih adanya genangan di pinggiran trek Mandalika, mudah2an sebelum homologasi bulan depan udah bisa diperbaiki,
    sisanya sih udah cukup lah utk sekedar mengadakan WSBK,

    Guest
  6. Spekulasi soal sirkuit mandalika mah gak akan ada habisnya, yg penting, dimanapun race-nya akan berlangsung, kita doakan semua bs berjalan dgn aman dan nyaman baik itu untuk peserta dan juga penyelenggara.

    Guest
  7. Hmm… Ragu juga sih..
    Sirkuit belum seratus persen siap dan faktor pendukung minim
    Kalo mandalika batal, apa bakal pindah ke philip island?

    Guest
    • Tahun ini ada dua sih yg sirkuit ny blum beres udah dimasukin ke jadwal blapan, d wsbk(dan motogp) ada mndalika dan di f1 ada sirkuit d Arab sana yg juga saja blum beres

      Guest
  8. mungkin saya terlalu awam… tapi area pit/paddock Mandalika kok entah knapa “looks wrong” dan meragukan begitu dan semoga saya yg salah tentang ini krna saya sendiri jg pengen ada event otomotif kelas Internasional di Indonesia ?

    Guest
  9. Semoga Indonesia yang telah melahirkan sosok Sangkuriang dan Bandung Bondowoso mampu menyelesaikan Mandalika tepat waktu.

    Guest
    • Tepat waktu versi update keberpa?? Klau tepat versi target awal kedua dan ketiga sih udah lewat dan hasilnya tidak tepat waktu krna kondisi dan situasi

      Guest
    • Sayangnya itu sosok fiktif aka karangan, jadi kalo make penggambaran fiktif gw malah khawatir hasilnya jg fiktif. Pake contoh yg lebih masuk akal, contohnya betapa gercep nya pemuda era perjuangan kita sehingga proklamasi 17 agustus 1945 bisa terjadi.

      Guest
  10. Proses pembangunan Mandalika circuit perlu diliput acara Mega structure discovery channel nih biar kita semua bisa tahu bagaimana tantangan yang ada

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.