TMCBLOG.com – Ten Kate Kembali ke jalur terbaik Kejuaraan balap Sepeda Motor produksi massal Setelah Pada akhir pekan yang lalu berhasil mengantaran Dominique Aegerter menjadi Juara dunia SSP di Tahun Rookienya dan menjadi rookie ketiga dalam empat tahun yang mencapai hal ini. Ini juga momen dimana Ten Kate Racing meraih mahkota Juara Dunia Supersport kesepuluh mereka. Perjalanan ke Panjang dari Honda ke Yamaha.

Jika dirunut, Perjalanan Ten Kate Memang sudah kuat dari awal. Ten kate membuat debut Kejuaraan Dunia mereka dengan Honda di TT Circuit Assen pada tahun 1999 di kelas WorldSSP, dengan Karl Muggeridge yang finish posisi 4 kurang dari setengah detik dari P3  setelah start dari urutan ke-11 di grid. Mengesankan banyak orang di paddock, tim kembali pada tahun 2000 dan ‘Muggers’ membawakan mereka podium pertama di Monza, sebelum meraih kemenangan pertama tim dalam balapan terakhir tahun 2000 ini di Brands Hatch.

2002-Fabien-Foret

Karl Muggeridge finis di urutan kelima secara keseluruhan, terpaut 23 poin dari gelar juara. Pada tahun 2001, mereka memenangkan tiga balapan lagi dengan Pere Riba memenangkan putaran pertama di Valencia sebelum Fabien Foret meraih kemenangan di Oschersleben dan Imola.

2004-C_Vermeulen

Namun begitu, baru Tahun 2002 Ten Kate benar-benar Juara; dengan empat kemenangan, Fabien Foret Menjadi Juara WorldSSP di 2002 dengan Honda CBR600F.

2005-Sebastien-Charpentier

Dan Semenjak Ten Kate Merengkuh Juara dunia di 2022, Maka perjalanan WorldSSP selama 7 tahun berikutnya terus menerus dikuasai Oleh CBR600 ten Kate Via beberapa nama berbeda Seperti Chris Vermeulent, Karl Muggeridge, Sébastien Charpentier, Kenan Sofuoğlu dan Andrew Pitt.

2008-Jonathan-Rea-65-and-Andrew-Pitt-88

Yes nama Nama beken telah bersama Ten kate, dan Bahkan pada tahun 2008, Ten Kate juga memberi Jonathan Rea debut Kejuaraan Dunia di WorldSSP. Bersama Ten Kate, Rea memenangkan tiga balapan, Membawa Ten Kate Menguasai  1-2 di Championship bersama duo Pit-Rea.

2007-James-Toseland-and-Kenan-Sofuoglu

Cal Crutchlow di team WorldSSP Yamaha sempat menjeda perolehan Juara dunia Ten Kate ke 9 Kali berturut turut di Tahun 2009 sebelum akhirnnya Ten kate Menjuarai Kembali Musim WSSP 2010 bersama Kenan, Kemenangan Terakhir Ten kate bersama Honda. Setelah itu Tim ini Juga sempat Bersama Honda di kelas Superbike

Singkat kata, Ten Kate dan Honda berpisah – setelah 20 musim beraksi bersama di Kejuaraan Dunia – pada akhir 2018. 2019 Ten Kate mencoba bangkit kembali dengan Yamaha di Kelas SBK pada pertengahan tahun dengan Loris Baz dan mereka naik podium bersama pada 2020. Ten Kate kembali ke Kelas WorldSSP pada 2021, merebut gelar Sebelum Pergi Ke Seri terakhir Indonesia bersama Dominique Aegerter yang memenangkan sepuluh balapan dan meraih 14 podium pada saat gelar diraih. Itu menandai momen emosional bagi manajer tim Kervin Bos, yang mengatakan bahwa dia “mengharapkan musim yang baik, tetapi tidak sebagus ini” ketika Aegerter meraih gelar.

Rekor tim di World Supersport tidak tertandingi; mereka sejauh ini yang paling sukses di kelas Intermediate Balapan Sepeda Motor Produksi Massal ini dan tidak hanya dalam hal jumlah, tetapi dalam hal membina Bakat bakat. Chris Vermeulen pindah ke MotoGP setelah dua tahun di WorldSBK, seperti yang dilakukan James Toseland selama dua tahun setelah ia merebut gelar WorldSBK 2007.

Di WorldSSP, Jonathan Rea mungkin telah memenangkan tiga balapan, tetapi ten kate juga memberinya kesempatan untuk melakukan debut WorldSBK pada 2008 di Portimao, di mana dia finis P4. Karir gemilang Kenan Sofuoglu dimulai dengan ten kate, dan sementara warisannya tetap hidup dalam buku rekor, dia juga menjadi bagian dari updaya membawa pembalap Turki generasi berikutnya ke depan, seperti Toprak Razgatlioglu. Warisan Ten Kate Racing sendiri sangat besar, dan dengan masa depan yang cerah tampaknya Legacy ini akan tumbuh lebih kuat lagi. | Ditulis kembali berdasarkan Post WorldSBK.com

 

14 COMMENTS

    • Disulap apaan??lawan Triumph 765,F3 800,Ducati 955
      Mau dikasih twin turbo tuh CP2,
      tunning jg ada batasnya keles!

      Guest
      • Hahaha iya, belum mulai udah nyesek duluan. Orang R7 sama R6 aja kencang R6 ke mana-mana. R7 689cc cuma 2 silinder, Triumph 750cc tiga silinder pula..

        Guest
  1. “…Ten Kate Merengkuh Juara dunia di 2022, Maka perjalanan WorldSSP selama 7 tahun berikutnya…”

    perasaaan 2021 jg belum kelar… 2002 kali ya wak… hehe…

    Guest
  2. tapi pernah hampir bangkrut pasca nicky hayden meninggal dan sampe CBR1000RR SP livery kratingdaeng nya di lelang buat nutupin operasional tim. bahkan sampe sekarang belom juga punya sponsor utama lagi setelah merapat ke yamaha

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.