TMCBLOG.com – Sejatinya kami memiliki motor custom Honda CT sebelum Astra Honda Motor merilis secara resmi Honda CT125. Nah kehadiran dari CT125 AHM dan referensi dari apa yang dihadirkan oleh Honda pada seri Honda CT sebelumnya lah yang membuat TMCBlog mencoba iseng-iseng mengupdate Honda CT ‘wannabe’ kami yang mudah-mudahan membuat motor ini bisa lebih baik.

Pada dasarnya basis dari custom CT 100 ini masih sama dalam hal mesin dan sasis. Mesin masih menggunakan mesin Honda C100 (Honda Supra X100 lama) dengan sasis Astrea Star. Namun begitu jika dibandingkan dengan kondisi awal ketika Honda CT ini hadir pasca dicustom oleh Duck Garage -Bandung, boleh dibilang sudah banyak berubah.

Kita mulai dari bagian depan, kami mengadopsi headlamp LED yang artinya ada setup kelistrikan yang diubah di mana supply listrik ke headlampnya sudah tipe DC sekarang jika dibandingkan sebelumnya yang arus AC.

Bagian depan hampir 80% berubah. suspensi depan menggunakan punya Honda Megapro dengan rem cakram sekarang, setang custom lebih tinggi, pLampu sen dari Jialing kancil yang mirip bentuk awal dari sein Honda CT, panel speedometer juga baru, dan tentunya velg baru dengan velg aluminium merk Takasago Excel Asia. Seluruh perbaikan ini dilakukan di Monggo Motor – Cilebut, Bogor.

Bagian tengah, body masih menggunakan yang lama, namun Monggo Motor melakukan perbaikan di sektor atas dekat headstock yang sekarang jauh lebih rapih.

Perbaikan di sektor ini juga disambung ke perbaikan jok di mana sekarang menggunakan pengunci jok single seatnya. Hal ini dilakukan karena alasan sebelumnya mengalami ketidak-nyamanan ketika motor diajak riding ke lintasan yang agak agak off-road di mana seatnya geser kanan dan kiri karena hanya bertumpu pada engsel depan. Kunci Jok Single ini Juga di Custom Oleh Monggo Motor.

Bagian belakang perubahan hanya dilakukan dengan pergantian lampu sen yang sekarang berada di samping lampu stop, dan ini juga mereferensi pada CT saat ini. Lampu sennya juga menggunakan pakai lampu OEM Jialing Kancil yang menurut kami bentuknya mendekati Honda CT series.

Perubahan di roda belakang jdilakukan dengan menggunakan velg berbahan alumunium yang juga menggunakan merk Takasago Excel Asia. Untuk suspensi belakang kami pilih suspensi biasa-biasa saja yakni suspensi per kuning dari brand Scarlet Racing dengan kehadiran sub-tank.

Secara umum bentuknya tidak terlihat banyak berubah dibandingkan saat pertama kali jadi, namun perubahan-perubahan yang dilakukan ini sangat signifikan berbeda dalam hal keamanan dan kenyamanan riding motor custom ini. Semoga menginspirasi.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

22 COMMENTS

  1. Imho setangnya agak ketinggian kalo dibandingin sama dimensi motor secara keseluruhan. Tapi gw akuin garapannya cakep, apalagi modifikatornya kaya paham ergonomi. Ga maksa 100% plek ketiplek kaya orang China bikin motor, tapi ada sentuhan custom sesuai postur empunya.

    Guest
  2. Pengen juga nih buat harian, mesin jelas irit banget wkwk

    Btw shock breaker scarlet tipe apa tuh wak? Nyaman gk ya? Mau pasang ke jupiter z nih

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.