TMCBLOG.com – Akhir pekan depan kita akan kembali melihat gelaran penultimate Grand Prix sepeda motor yang berlangsung di sirkuit Algarve – Portimao, Portugal. Kelas MotoGP sudah menentukan siapa juara dunia 2021-nya, namun untuk kelas intermediate Moto2 belum. Pasca seri Misano 2 yang dimenangkan oleh Sam Lowes, pembalap Australia, Remy Gardner masih memimpin championship dengan 280 poin. Jarak antara Remy dan Raul Fernandez di posisi kedua terpaut hanya 18 poin.

Secara umum karena memimpin championship, Remy Gardner punya kesempatan mengunci gelar juara dunia Moto2 di Algarve – Portimao akhir pekan ini. Gelar ini bisa ia segel dengan syarat pasca race Moto2 pekan ini jarak Remy Gardner ke Raul Fernandez berkembang di atas 25 poin. Yes butuh selisih di atas 25 poin, bukan hanya persis 25 poin karena jumlah kemenangan Raul masih lebih banyak ketimbang Remy. Syarat ini bisa diterjemahkan dalam beberapa permutasi keadaan berikut ini di mana Remy bisa menyegel gelar juara dunia Moto2 2021 jika:

  1. Remy menjuarai race di Algarve dan Raul tidak finish di P2
  2. Remy finish 2 dan Raul tidak finish top-4.
  3. Remy finish 3 dan Raul tidak finish top-7.
  4. Remy finish 4 dan Raul tidak finish top-10.
  5. Remy finish 5 dan Raul tidak finish top-12.
  6. Remy finish 6 dan Raul tidak finish top-13.
  7. Remy finish 7 dan Raul tidak finish top-14.
  8. Remy finish 8 dan Raul tidak finish top-15 (tidak menorehkan poin. Bisa DNF atau finish lebih rendah dari P15).

Yap, secara umum memang Remy memiliki potensi meraih gelar juara dunia paling besar karena sedang memimpin championship 18 poin di depan Raul, namun secara tren, Raul Fernandez memang menorehkan performa yang lebih baik secara rata-rata dari pertengahan musim kedua sampai jelang dua seri terakhir ini. Jika dilihat raihan total semenjak awal musim, Remy memenangkan 4 seri sementara Raul sudah memenangkan 7 seri dan bahkan semenjak seri Austria 2 sampai dengan Misano 2 kemarin Raul hanya menorehkan point penuh 25 poin atau DNF alias 0 poin. So, akankah Remy mampu menyegel gelar juara dunia Grand Prix pertamanya di Algarve?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

17 COMMENTS

  1. Kalau remy menang dan raul p2 kan belum pasti, selisihnya masih 23 poin. Tapi kok itu remy juara dan raul finish posisi berapapun?

    Guest
  2. Raul maunya 1 tahun lagi di moto2 dan liat kontrak pembalap banyak yang selesai tahun 2022, mungkin ada peluang bisa langsung ke tim pabrikan. Sekenario ini paling oke sebenernya buat karir dia tapi ya ktm takut kehilangan pembalap muda potensial nya

    Guest
  3. dua2nya sama2 punya pressure tinggi, dgn asumsi krn tahun ini kesempatan terakhir mereka utk bisa juara moto2 di puncak fisik dan skill mereka, tahun depan udah naik MotoGP, ga tau dimasa depan mereka berdua bisa moncer atau malah suram atau yg paling buruk cedera yg membuat skill mereka terkebiri,

    Guest
  4. Secara teori komen gw terhadap kemungkinan Gardner bakal mirip ama komen gw tentang Quartararo kemarin. Ya daripada ngetik panjang2, pada intinya Gardner punya kans besar kunci gelar di akhir pekan ini.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.