TMCBLOG.com – Di awal Race weekend MotoGP Portimao-2/ Algarve terlihat Motor Motor Prototipe MotoGP melaju di Sesi Free Practice 1 yang berlangsung dalam keadaan cerah dengan visibilitas tinggi  Namun dengan keadaan Lampu Belakang menyala. Jika Kita lihat regulasi FIM yang berjalan sampai saat ini, penggunaan Lampu belakang berwarna Merah ini dikendalikan Oleh FIM dimana Hanya dipakai ketika Hujan dan ketika sesi berada dalam tingkat Visibilitas rendah seperti misalnya turun kabut dan lain lain. Koq seperti ada yang ebrbeda dengan regulasi ? ternyata MotoGP sedang mencoba sesuatu sob . .

Yap MotoGP sedang menguji coba sistem Peringatan Otomatis menggunakan Lampu belakang. Sistem ini dikembangkan berdasarkan apa yang terjadi ditahun ini dimana tiga Kasus kecelakaan fatal yang terjadi pada tiga pembalap Muda di kelas Moto3/SSP300 Hugo Millan (14), Jason Dupasquier (19) dan Dean Berta Vinales (15) dimana Ketiganya mengalami skenario terburuk ketika pebalap yang jatuh ditabrak oleh pembalap lainnya yang berada di belakang.

Dari pengalaman tiga Tragedi ini FIM dan Dorna mencoba mempersiapkan sebuah sistem yang dapat memberikan peringatkan yang bersifat segera kepada semua Pembalap di semua Kelas termasuk Seri Balap Talent Cup setelah terjadi satu kecelakaan seperti Crash sehingga semua pembalap yang berada di track saat kejadian Bisa aware terhadap sekelilingnya dan meminimalisasi kejadian yang tidak diinginkan.

Tentang bagaimana sistem Belum dijelaskan secara pasti, namun sangat dimungkinkan sistem terebut bekerja secara Live telemetri berdasarkan sensor yang ada di Airbag dari Werpak balap dimana diharapkan saat Airbag di Werpak mengembang, Maka data yang diperoleh secara live telemetri tersebut memicu sistem ini ‘secara otomatis’ untuk menyalakan tanda warning yang berupa kedipan ( flashing) pada lampu tersebut. Tanda peringatan ini akan ajdi tanda tamabahan selain signal bendera Kuning yang dikibarkan secara fisik atau yang bisa dilihat di Light Panel

Namun Untuk tahap awal yang diujicobakan masih dalam mengumpulkan data tingkat level visibilitas yang dilihat Pembalap yang berada di belakang dari pancaran sinar merah yang hadir Motor di depannya dalam keadaan cuaca yang juga cerah.

Dan hasilnya adalah pada dasarnya Tingkat Visibilitas cukup baik dilihat namun dengan konsistensi yang berbeda beda satu jenis Motor dan Motor lain lebih dikarenakan letak posisi dari lampu berwarna merah ini yang berbeda beda. Motor Motor yang tidak memiliki knalpot di Under tail seperti Yamaha M1 dan Suzuki GSX-RR meletak Lampu ini pada posisi yang lebih ditengah sehingga mudah terlihat.

Sementara Motor motor yang memiliki knalpot di posisi undertail seperti Honda RC213V dan Ducati GP21 umumnya meletakkan lampu ini lebih ke bawah dan lebih ke samping sehingga lebih sulit untuk dilihat dan bahkan kadang terhalangi jika dilihat dari posisi sudut tertentu. . . Mungkin kedepan Dorna Juga akan memberikan aturan Yang jelas mengenai posisi dari lampu ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

20 COMMENTS

    • Yg jelas jangan suka main srudukan……percuma di kasih lampu tambahan tapi suka sradak sruduk…..model begini kena pinalti setengah musim

      Guest
    • asal jangan pake lampu yang mika merahnya dicopot, jadinya lampu rem terang kaya lampu utama. ngeselin sama anak alayer seliweran lampu belakang yang bikin silo mata.

      Guest
  1. Menurut saya, perlu ditambah sirene, soalnya kan mata pada nunduk tuh,atau pas miring kanan misal yg kiri g keliatan,kalo dikasih sirene auto menurunkan kecepatan.

    Guest
  2. bagus sih,positif ini
    Kalo bisa lampunya Segede bokong nmax lama biar kelihatan
    ~~
    Ducati kirain lampunya ada di saladbox nya karena pernah lihat ada semacam LED vertikal kecil gitu,apa mata kucing ya

    Guest
  3. jenis lampunya mungkin bisa diganti pake lampu yg ada reflektornya atau gak kyk lampu senter polisi itu tuh,, kyknya lumayan ternotice,

    Guest
  4. Kapan ada teknologi visor screen di helm?
    Jd semua informasi muncul di visor dgn tanpa mengganggu konsentrasi pembalap

    Guest
  5. Waktu afridza munandar kecelakaan ATC sepang, dorna anteng aje
    Namun lumayan lah daripada gak sama sekali ada tanggapan setelah 3 kasus kecelakaan yang menewaskan pebalap

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.