TMCBLOG.com – Setelah absen di seri GP Algarve 2021 pasca cedera saat latihan motocross, pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez kembali tidak akan berpartisipasi di Grand Prix Valencia pada akhir pekan ini, begitu pula dalam sesi test IRTA Jerez yang dijadwalkan pada 18 dan 19 November 2021.

Setelah Marc Marquez menjalani pemeriksaan medis di klinik Dexeus di Barcelona hari Selasa lalu, di mana ia dievaluasi setelah jatuh saat berlatih off-road, pembalap itu harus beristirahat sepanjang pekan di rumahnya di Cervera.

Selama hari-hari istirahat ini, Marc terus merasa tidak enak badan dan menderita masalah penglihatan, itulah sebabnya pada hari Senin ini ia dikunjungi oleh dokter mata Dr. Sánchez Dalmau di Hospital Clínic de Barcelona, yang memeriksanya dan melakukan tes, yang mendeteksi episode baru diplopia.

Dokter Sánchez Dalmau | Dokter mata “Pemeriksaan yang dilakukan pada Marc Marquez hari ini paska kecelakaan yang terjadi telah mengkonfirmasi bahwa pengendara mengalami diplopia dan telah mengungkapkan kelumpuhan pada saraf kanan keempat dengan keterlibatan otot oblik superior kanan. Perawatan konservatif dengan pembaruan berkala telah dipilih untuk mengikuti evolusi klinis. Saraf kanan keempat ini adalah saraf yang sudah terluka pada tahun 2011.”

| Based on RHT Info

Menurut beberapa pakar yang dihimpun dari Halosehat.com, Diplopia adalah gangguan penglihatan yang menyebabkan mata seperti melihat dua gambar yang sama dari satu objek. Kondisi ini disebut juga dengan penglihatan ganda. Kedua gambar biasanya terlihat saling tumpang tindih atau berdampingan satu sama lain.

Penglihatan ganda bisa bersifat sementara, tapi ada pula kondisi yang menyebabkan diplopia berlangsung jangka panjang atau bahkan permanen. Hal ini bergantung dari kondisi yang menyebabkan diplopia.

Di lansir dari NHS, penglihatan ganda terjadi ketika terdapat gangguan atau kerusakan pada bagian saraf dan otot mata. Pasalnya, baik saraf maupun otot sama-sama berperan dalam menggerakan mata sehingga dapat melihat objek dengan jelas.

Diplopia bisa saja hanya terjadi pada salah satu mata (monokular) ataupun kedua mata (binokular). Kedua kondisi ini memiliki kondisi penyebab yang berbeda mulai dari kelainan refraksi hingga penyakit yang menyerang saraf atau otot mata.

Taufik of Buitenzorg | @tmcblog

65 COMMENTS

  1. Bahaya penglihatan ganda kalo nekat race,entar belom saatnya belok malah belok duluan

    ~~
    Berarti absen winter test juga,sebuah kerugian yg besar buat HRC

    Guest
  2. Yg saya takutkan seperti michael schumacher. Awalnya kan diberitakan gegar otak ringan.
    Apalagi di medsos nya MM93 update terbaru kerasa banget seperti omongan PR. Bukan seperti sentuhan prinadi
    Wong waktu cederanya 2020 yg lalu aja si MM masih update kesehariannya kan.

    Guest
  3. Jika memang gak bisa race lagi,
    bagaimana klausul kontrak yg sudah ditandatangn sampai 2024 ya,
    apa ada mengatur hal2 spt ini

    Guest
  4. berharap terbaik utk Marc, HRC ini paling susah utk terus terang dgn kondisi ridernya, jadi banyak org yg menduga-duga,,

    Guest
  5. Cidera 2011 terulang kembali.

    Apakah markes bisa ikut tes di mandalika?

    Sudah mulai ada barang barang wsbk masuk ke mandalika.

    Yang ane permasalahkan lubang buat pitboard di pagar depan paddock terlalu kecil. Beda sama portimao yang lebih panjang ke atas.

    Guest
    • Mengenai Mandalika sepemikiran om, saya mikirnya itu pitboard mau dimana dikeluarin dengan ukuran celah sekecil itu?

      Guest
      • Tinggal nanti lihat pas iatc. Ada keluhan atau tidak tentang jendela buat pitboard.

        Safety car wsbk beberapa box sudah datang di depan paddock tapi apa boleh di foto?

        Guest
        • Mirisnya, Youtuber lokal pada sotoy n heboh soal kedatangan logistik kemaren, mana info yg disampaikan beberapa ada yg janggal ?

          Guest
  6. Moga lekas sembuh marc, buat hrc cepat cari developer kaya dp26. Agar bisa nyiptain motor kencang buat semua orang, seperti ducati saat ini.
    Jangan berharap hanya pada satu rider…

    Guest
  7. Waduh gws markes, bisa rugi bandar nih hrc kalo sampe musim depan markes ga ikut balapan lagi. Secara penjualan kampas rem mbit habis dipake gaji markes

    Guest
  8. 2011 Marc hampir pensiun karena cedera serupa, akibat meluncur bebas di pinggir track berrumput. Bikin penasaran ini cedera kambuhan atau baru.

    Guest
  9. Kalo yang abis jatuh di sepang, pas tahun pertama moto 2..kalau gak salah double vision juga ya wak? Bedanya sama sekarang apa ya?

    Guest
  10. Cepet mari yo….sek isoh nempel bagiono Yo gur Kowe tok wes …markuwes….sembalap liane mencret mencret nguyak bagiono…

    Guest
  11. inget dulu wktu marq jatuh setelah ngebut dari rcv di 310km/j matanya juga begitu tapi setelah dioperasi langsung bisa balap
    semoga ini juga masih

    Guest
  12. Bahasa mudahnya juling. Di Indonesia sendiri udah banyak kasus mata juling bisa dibenerin ampe normal lagi, ya biarpun dari 1000 yang operasi mata juling belum tentu 1000 juga yg normal lagi. Gw pernah baca dimana gitu lupa. Pada intinya Marquez butuh treatment tepat dan istirahat yang cukup, mungkin berbulan-bulan lagi. Buat epbeem, sama kaya epbeer dulu, harusnya kejadian begini jadi muhasabah diri utk ga terlalu sesumbar dalam mengagungkan idolanya, sejago2nya idola lu bakal ada hal kecil yg jadi sandungan.

    Guest
    • Bukan mengagungkan sih, cuma gak seru aja balapnya, gak ada yg ngoyo lagi. Coba Iannone tarik lagi lah…biar seruan dikit. Zarco jg malam mlempem…pas awal2 sangat diharapkan

      Guest
  13. Sayang sekali….
    Pembalap hebat yang begitu dominan di balap motoGP, bahkan mengalahkan pembalap motoGP lainnya yg sebelumnya dianggap sebagai allien motoGP.
    Akhirnya dihentikan dominasinya dengan cedera parah yg panjang yg memaksanya harus absen lama atau ikut balapan dengan kondisi recovery cederanya.

    Baru saja juara seri back to back secara berturut-turut di Austin dan Misano, langsung dipaksa absen dari balapan….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.