TMCBLOG.com – Tahun 2022 adalah hari jadi yang penting bagi Honda, dan Fireblade-nya, karena menandai 30 tahun Fireblade. Berbagai pembaruan detail meningkatkan akselerasi saat keluar tikungan, manajemen HSTC, dan feeling throttle. Dan untuk menandai tiga dekade ini, Honda resmi merilis CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary yang akan tersedia dalam edisi terbatas, yang dapat langsung dikenali dengan kehadiran grafis spesialnya.

22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP 30TH ANNIVERSARY
22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP 30TH ANNIVERSARY

Untuk merayakan Fireblade pertama yang inovatif pada tahun 1992, skema cat ‘Tricolour’ limited edition akan tersedia untuk model tahun 2022, dirancang oleh Mr. Hiroaki Tsukui, yang juga bertanggung jawab atas desain warna asli tahun Fireblade pada 1992 silam. Grafis ini dapat langsung dikenali, semua detail hadir dan benar, dengan nuansa ultra-modern dari tata letak garis model 2020 yang digabungkan dengan elemen gaya ‘goresan kuas’ yang memberi penghormatan jelas pada aslinya. Jok belakang berwarna biru melanjutkan tema tersebut.

22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP 30TH ANNIVERSARY
22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP 30TH ANNIVERSARY
22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP 30TH ANNIVERSARY

Nomor seri unik untuk setiap sepeda terukir laser di kuk atas dan logo 30th Anniversary – pada penutup tangki bahan bakar, fob Smart Key, dan ukiran laser pada knalpot Akrapovic – letakkan stempel halus ekstra khusus, menandai CBR1000RR -R Fireblade SP 30th Anniversary tempat tersendiri dalam sejarah Honda.

Sementara itu Fireblade SP juga masih akan tersedia untuk model 2022 dengan dua warna yang mirip dengan generasi sebelumnya yakni Grand Prix Red dan Matte Pearl Morion Black dimana keduanya sekarang dengan velg emas dan logo HRC baru.

22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP 30TH ANNIVERSARY

Sejatinya Honda CBR1000RR-R Model 2022 masih menggunakan mesin empat silinder segaris yang menghasilkan torsi maksimum 112Nm @ 12.500rpm dan menghasilkan power maksimum 160Kw @ 14.500rpm. Dimensi piston mesin menggunakan tata letak short stoke yang ringkas – berbagi dimensi bore dan stroke yang sama dengan RC213V – dan dilengkapi rangkaian roda gigi semi-cam, finger-follower rocker arms, titanium con-rods, RC213V-S internal friction reduction technologies, piston jets dengan check ball system and built-in bottom bypass passage untuk jalur water jacket pada silinder mesin. Saluran ram-air di bagian depan fairing mengalirkan langsung melalui headstock. Pipa knalpot 4-2-1 berbentuk oval dan berujung pada muffler Akrapovic berbahan titanium.

22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP 30TH ANNIVERSARY

Pembaruan untuk model 2022 berpusat pada peningkatan drive mid-corner dan akselerasi. Pertama, sproket belakang dinaikkan dari 40 gigi menjadi 43 gigi, meningkatkan akselerasi melalui gigi di mid-range sambil mempertahankan output rpm tinggi.

22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP 30TH ANNIVERSARY

Baik kotak udara dan saluran masuk telah dibentuk ulang agar untuk dapat mengalirkan udara dengan lebih lancar. Port intake telah disesuaikan untuk meningkatkan kecepatan aliran udara sementara aliran gas buang ke katalis (dan katalis itu sendiri) telah dioptimalkan.

22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP 30TH ANNIVERSARY

Beban pegas Throttle By Wire (TBW) telah dikurangi, untuk meningkatkan linearitas dan respons pada pembukaan. Menggunakan umpan balik ekstensif dari pembalap di seluruh dunia – termasuk tim HRC World SBK Honda – Honda Selectable Torque Control (HSTC) telah disempurnakan untuk menawarkan ke pengendara kekuatan, tingkat cengkeraman grip dan feeling yang mereka inginkan

Seperti sebelumnya, tiga mode berkendara hadir sebagai kombinasi dari setup Power, engine brake, wheelie control, dan HSTC. Paket elektronik juga mencakup Mode Start (untuk memulai balapan atau dikenal juga launch control) yang dapat disesuaikan dan Quick Shifer yang direvisi.

Frame diamond aluminium menggunakan bagian belakang mesin sebagai dudukan shock atas sementara lengan ayun didasarkan pada desain RC213V-S. Keseimbangan kekakuan, distribusi bobot, dan geometri kemudi secara hati-hati disesuaikan untuk memanfaatkan output mesin. Inertial Measurement Unit (IMU) enam sumbu memberikan estimasi 3D yang akurat tentang dinamika berkendara dan memberikan masukan untuk mengelola semua sistem elektronik. IMU ini juga juga mengendalikan Honda Electronic Steering Damper (HESD) tipe batang 3-level.

22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP

Suspensi depan menggunakan Ohlins Smart Electronic Control (SE-C) NPX 43mm dan shock belakang TTX36 menawarkan suspensi berkualitas balap, dengan pengaturan yang diatur oleh Object Base uning Interface Ohlins generasi kedua (OBTi). Cakram depan bekerja dengan kaliper empat piston Brembo Stylema dan master silinder Brembo, sedangkan ABS dapat disesuaikan untuk berkendara di lintasan.

22YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP 30TH ANNIVERSARY

Motor MotoGP RC213V Honda menyandarkan beberapa aerodinamisnya ke Fireblade, termasuk winglet untuk meningkatkan downforce dan meningkatkan stabilitas pengereman. Posisi berkendara juga sangat kompak. Layar TFT 5 inci yang dapat disesuaikan sepenuhnya menawarkan kontrol intuitif melalui sakelar empat arah di stang kiri. Sistem Smart Key Honda menambah kenyamanan.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

25 COMMENTS

  1. Livery nya bikin mupeng,kalo twinspar nya dicat metalik lebih keren lagi

    Tapi jujur masih lebih suka yg keluaran 1992 sih kalo dijejerin ?

    Guest
  2. Buka tmcblog pakek crome kok berat banget ya wak?
    Trus klik judul artikelnya muncul iklan (macem2, ga ada porno2nya sih) tapi full 1 halaman, harus di close dulu baru kebuka artikelmya, buka blog yg lain lantjar djaja lho..
    Kek gini udah 4 harian klo ga salah

    Guest
  3. Kalo lecunona dan vierge pake warna ini ane dukung 100% sih apapun hasil klasemennya karena cakep bikin mata seger

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.