TMCBLOG.com – Honda baru saja merilis skuter otomatis bergenre petualang baru sebagai varian dengan kubikasi yang lebih besar dari ADV150. Namanya adalah All New Honda ADV350. Melihat bentuknya dan menghubung-hubungkan dengan rumor kehadiran ADV250, TMCBlog berfikir bahwa sepertinya ADV250 nanti akan nggak jauh berbeda bentuknya dari ADV350 ini.

22YM HONDA ADV350

Di Eropa hingga September 2021, X-ADV berada di urutan kedua dalam daftar penjualan dalam kategori sepeda motor ‘on-off’. Didesain dengan konsep ‘New Urban Adventure’, hari ini resmi dirilis New Honda ADV350 MY2022 yang memadukan kecanggihan dan kepraktisan sebuah skuter yang dipoles dengan gaya SUV yang kokoh, yang terinspirasi dari X-ADV.

22YM HONDA ADV350

Secara umum ADV350 boleh dibilang merupakan versi adventure dari skutik Honda Forza 350 karena keduanya berbagi mesin yang sama. Kepraktisan ADV 350 juga tidak dilupakan di mana ada ruang bagasi untuk menampung dua buah helm full-face di bawah jok, hadirnya charger USB slot di glovebox dan kenyamanan pengoperasian Smart Key. Sama seperti Forza 250, windscreen dapat diatur ketinggiannya dan dashboard LCD juga mengintegrasikan pengoperasian sistem kontrol suara smartphone.

22YM HONDA ADV350
22YM HONDA ADV350

ADV350 menggunakan suspensi depan garpu USD 37mm, rangka baja tubular, dan shock belakang dengan sub-tank terpisah yang dapat disetel untuk menghasilkan feel handling yang gesit. Velg depan 15 inci dan velg belakang 14 inci yang ringan memakai ban tubeless 120/70-15 depan dan 140/70-14 belakang dengan pola semi-block, memungkinkan cengkeraman ADV350 yang cukup di semua kondisi. Rotor disk tunggal 256mm dipasangkan di depan dengan bagian belakang berdiameter 240mm.

22YM HONDA ADV350

Mengenai bagian dapur pacu, ADV350 menggunakan mesin empat katup SOHC Smart Power+ (eSP+) dengan isi silinder 330cc yang disempurnakan dapat menghasilkan tenaga puncak 21,6kW dan torsi 31,9Nm. Untuk meningkatkan pendinginan piston, hadir sistem oil jet seperti yang digunakan pada CRF450R, menyemprotkan oli tepat ke bagian belakang piston, mempercepat waktu pengapian dan meningkatkan kinerja pembakaran.

22YM HONDA ADV350

Udara disupply melalui air box berkapasitas 5,5 liter dan throttle body 36mm mengalirkan campuran bahan bakar/udara ke katup inlet 28mm. Port intake menarik udara masuk secara efisien, menggunakan aliran ‘tumble’ di dalam silinder untuk pembakaran bahan bakar yang konsisten. Gas buang dikeluarkan melalui saluran buang lurus. Untuk mengurangi resistensi, gas buang knalpot menggunakan ruang ganda (double chamber).

22YM HONDA ADV350

Gesekan internal mesin dikurangi melalui silinder offset 5mm dan penyetel rantai cam hidraulik. Mesin ADV350 juga dilengkapi dengan dua level Honda Selectable Torque Control (HSTC). Sistem mendeteksi perbedaan antara kecepatan roda depan dan belakang, menghitung rasio slip dan kemudian mengontrol torsi mesin melalui injeksi bahan bakar untuk mendapatkan kembali traksi roda belakang. HSTC dapat dinyalakan dan dimatikan melalui saklar pada handle stang kiri. Indikator ‘T’ pada layar berkedip saat sistem bekerja untuk mengatur cengkeraman.

22YM HONDA ADV350

Mesin dihomologasi untuk regulasi emisi Euro 5, yang mulai 1 Januari 2020, memperkenalkan standar emisi mesin yang jauh lebih ketat dibandingkan dengan Euro 4. Persyaratan ini mencakup pengurangan substansial dalam emisi karbon monoksida yang diizinkan, penurunan lebih dari 40% dalam total emisi hidrokarbon, deteksi misfire yang lebih ketat, dan penerapan batas partikel. Penghematan bahan bakar dari ADV350 adalah 30km/l (mode WMTC) sehingga dengan kapasitas tangki 11.5 liter memberikan potensi jangkauan berkendara sejauh 340 km-an. Nah kira-kira nih, ADV250-nya jadi dibuat nggak ya ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

43 COMMENTS

    • Penasaran juga dan gak sabar hehe.
      Kalau merk-nya ini , trus lokal 65 jt saja dengan fitur diatas rival ,ngantri panjang deh.
      H*nd* sini punya hak istimewa untuk 250 cc nya , karena sang pendahulu yang 150 lahir dari sini.
      Gak sabar eeuyu

      Guest
    • Wkwk iyaa kacau2 bigbike flagshipnya yamaha desainnya, untung faceliftnya r1, mt-10 sama tracer 900 my 2022 nya selamat desainnya

      Guest
    • Wkwk iyaa kacau2 bigbike flagshipnya yamaha desainnya, untung faceliftnya r1, mt-10 sama tracer 900 my 2022 nya selamat desainnya

      Guest
  1. Mantap designnya.
    Ke depan untuk ADV160 bagian diatas spakbornya mungkin bisa dibikin tidak ketinggian, seperti ADV350 ini lebih proporsional.

    Guest
    • ya buat kamu yg mungkin bisa (atau mungkin ga bisa beli) ya mbosenin.
      simple aja, target marketnya bukan kamu.

      Guest
  2. gak terlalu heboh krn mirip2 jg sama yg 150, and disini sih gak bisa diharapkan jg jualannya, krn CBU, sekedar ikut rame2, sama spt Gixxer 250

    Guest
  3. wah bakalan ada motor dengan inden panjang mpe bertahun tahun, tapi yg inden dari alam ghaib jilid ke seratus ini…

    Guest
  4. ngarep berpengerak v belt ke roda blkng kaya kakaknya yg 750 … biar jadi pioneer di kls 250
    kan jadi lbh advan keliatan nya

    Guest
  5. keliatnya gak terlalu adventure ya.. ya mungkin karena emang didesain semi aja. bagian depan mirip beud si ama adv-x

    ground clearance kayak biasa aja tapi mungkin karena ilusi akibat dimensi panjangnya.

    kalo cbu kayaknya ni bisa hampir 100 jt 😀

    Guest
  6. secara harga forza cbu ngga bisa bersaing dengan xmax
    saatnya adv250 dilokalkan tapi ingat..ingat..kualitas ya
    kalo lokal quality cbu harga = xmax , sepertinya akan laris manis tanjung kimpul nih untuk ukuran skutik 250cc..
    jangan lupa minta insentif juga ke pemerintah

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.