TMCBLOG.com – Suzuki pada dasarnya telah membawa sebagian parts spesifikasi 2022 mereka di test Jerez pasca race finale Valencia beberapa pekan yang lalu. Baik Alex Rins, Joan Mir dan test rider Sylvain Guintoli mengatakan bahwa pihak Hamamatsu telah membawa sasis dan swing-arm baru, namun tidak terlihat ada perubahan apa pun dengan mata telanjng melihat dari luar.

Bisa jadi perubahan yang dilakukan Suzuki ada di struktur internal atau mungkin komposisi bahan alloy dari sasis dan swingarm dengan model bentuk fisik yang sama. Dan jikalau begitu memang jelas akan sulit dilihat perbedaannya.

Namun pada hari kedua sesi pengetesan Suzuki membawa sasis yang berbeda yakni sasis berlapis karbon yang pernah dibawa oleh Suzuki di GP Amerika dan pada tes Misano 2021. Apakah ini sebenarnya sasis baru yang katakan oleh Rins dan Mir dari Suzuki selama ini? Entahlah, namun yang pasti sasis ini bukan pertama kali hadir di test Jerez.

Sobat bisa lihat lapisan karbon hadir pada masing masing bentangan kiri kanan sasis umumnya akan merubah feel dari fleksibilitas dan untuk posisinya yang di atas banyak dianalisa sebagai upaya Suzuki untuk dapat membantu stabilitas saat GSX-RR melakukan pengereman. Dan ini tentu akna memberikan ruang baik kepada Mir dan Rins untuk mengerem lebih keras lagi. Hal ini cukup logis di mana Suzuki GSX-RR dan umumnya mesin inline 4 agak kesulitan jika mau menandingin top-end power dari mesin V4. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan adu kestabilan pengereman sehingga mereka bisa lebih telat lagi mengerem (late braking) saat memasuki tikungan.

Beberapa perubahan yang dibawa dan diuji oleh Suzuki juga hadir berupa dua versi ride height devices dan juga beberapa bagian aerodinamika kecil yang diposisikan di fairing samping, mungkin dengan tujuan membuat aliran udara lebih mengalir efisien dan dapat mengalirkan udara ke parts aerodinamika di bagian belakang seperti swing-arm attachment dan juga bagian buritan dengan lebih baik. Secara umum tidak terlalu banyak perubahan di sektor aerodinamika dari Suzuki sampai dengan sesi test Jerez.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Pict : MotoGP.com

 

25 COMMENTS

    • Lah emang 2020 menangnya seberapa banyak sih ? Wkwkwkw

      Dibilang jelek sih enggak. Moderate tapi konsisten. Begitu musuhnya yg jago tapi labil pada jadi konsisten, ya kelar wkwkw

    • Joan Mir ga lebih dari Nicky Hayden. Bahkan Hayden masih mendingan ga cuma menang sebiji dan sempet konsisten di pucuk klasemen. Cuma konsisten sradak sruduk dan berebut podium ya susah saat yg lain konsisten berebut posisi 1.

  1. Wak penasaran mau tanya, di sebelah kiri sasis ZX10RR KRT di WSBK kok ada semacam las lasan tambahan, bukannya di WSBK dilarang memodifikasi sasis kecuali carbon strengthening ? CMIIW

    • Wkwkwk orang kok kolot udah ada yg kasih tau masih aje denial. Daripada muncul dgn komen sama dan ga nyambung ama artikel apa ga mendingan lu cari tau sendiri kalo emang ga percaya ama jawaban orang lain selain yg punya warung?

    • Boleh memodifikasi sasis standar. Yang gak boleh itu mengganti sasis dengan yg spek khusus balap.

      Gak cuma KRT, Yamahanya Toprak dan Locatelli juga ngubah bagian lubang pivot swing arm. Silakan Googling.

  2. Masalah Suzuki kan akselerasi keluar tikungan, kelihatan banget langsung ditinggal. Kalo speed gak jelek-jelek amat, ngekor Ducati gak langsung lenyap dari kamera kok, beda cerita kalo dibuntutin Ducati wkwkwk
    Makanya Mir rada “kotor” musim ini, gak langsung ambil ya capek lagi ngubernya. Rins seperti biasa, mengungkapkan kelemahan Suzuki di track, gak kayak Mir lewat mulut.

  3. Suzuki di motogp sedikit banyak mirip Yamaha. Sama2 make inline, sama2 crossplane, sama2 evolusi motornya bertahap, sama2 pernah salah atur bobot bandul, sama2 kolot dalam hal memenuhi permintaan ridernya.

  4. Joan Mir udah memberikan hasil maksimal musim ini dgn motor yg bisa dibilang tertinggal dalam pengembangan,,
    kalo memaksakan ngoyo ending nya bakalan kyk Alex Rins, bisa kedepan tapi endingnya crash terus,,

  5. wak kalo diliat dr fotonya itu bagian las-lasan sasis (dibawah huruf U) sedikit beda & di sasis paling bawah coakannya beda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.