TMCBLOG.com – Pada Musim Kejuaraan Dunia Superbike 2021 yang baru saja berakhir, Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi Juara dunia, dan Bahkan Kawasaki secara Parbrikan dan team menguasai Klasemen Musim ini. Boleh dibilang Kawasaki sampai nggak Kebagian Banyak karena hampir semua diborong Yamaha. Ini adalah sesuatu yang cukup menyesakkan Buat Pabrikan Asal akashi – Jepang ini, Merekapun bertekat habis habisan dalam bentuk Support Update Motor maupun dari sisi Pembalapnya.

Di awal musim 2021 sendiri Bagi Kawasaki hadir sebuah merupakan kejutan ketika model homologasi baru ZX-10RR yang memiliki bentuk Bodywork yang sangat Berbeda tidak mendapatkan Limit Kitiran RPM mesin yang bertambah bila dibandingkan motor sebelumnya oleh FIM. Ini jelas membuat hidup lebih sulit bagi Jonathan Rea musim lalu karena sepeti kita ketahui Top end dari Power itu salah satu variabel yang mempengaruhinya adalah RPM mesin. Jika rpm dikebiri maka Top end Power akan tidak mencapai angka Maksimal.

Namun begitu Kawasaki Via Rea masih bisa memenangkan 13 balapan, tetapi jatuh beberapa kali dan akhirnya kalah dalam pengumpulan Point dari Toprak yang tampil konsisten dan jarang melakukan Kesalahan di Musim 2021 ini. Tahun 2022 akan ada perubahan Yang mereka lakukan walaupun secara umum kasih belum ada Informasi resmi apakah Kawasaki Motor Corporation akan merilis Varian Homologasi Khusus Lagi. Secara umum Menurut Regulasi, Jika motornya baru maka Technical Director FIM WSBK bisa meninjau ulang spek Performa termasuk limiter RPM.

Jadi apakah Spek Dasar motor ZX-10RR yang dipakai Oleh rea sudah berubah atau belum masih beum bisa dikonfirmasi. Namun Begitu Pere Riba – Crew Chief Rea – mengkonfirmasi bahwa beberapa Part seperti suspensi dan Transmisi baru sudah mulai diuji cobakan Rea dan Lowes di Jerez kemarin.”ย  Awalnya, Kami berkonsentrasi pada sisi sasis dan membandingkan bagian yang berbeda dengan hasil yang baik. Johnny telah memberi kami informasi dan komentar yang sangat baik dan akurat dan itu banyak membantu kami untuk mengembangkan berbagai hal dan untuk memahami arah kami

โ€œHari pertama kami mencoba sesuatu dari Showa, sesuatu yang baru, dan Johnny juga sangat senang dengan barang-barang ini. Pada hari kedua kami menganalisis semuanya guna persiapan untuk menguji di hari ketiga. Kami memiliki sepuluh hari pengujian sepanjang tahun, jadi kami harus menyisihkan beberapa hari untuk pengujian di masa mendatang,”

“Pada hari terakhir kami lebih berkonsentrasi pada sisi mesin. KMC telah bekerja keras untuk mengirimkan ‘materi’ baru kepada kami untuk tahun 2022. Kami fokus pada mesin dan kopling dan Johnny sangat senang. Ritme dalam hal waktu putaran sangat kuat. Sejujurnya, saya sangat puas dan senang menyelesaikan tes ini ke arah ini. Johnny seperti ‘berbicara’ dengan motor dan menikmati saat mengendarainya – dan itu penting!”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

16 COMMENTS

  1. Kayanya masih dgn motor yg sama tapi ada perubahan di sasis. Mgkin bakal kaya V4R yg selalu ada update tiap taontl terutama detail sasis dan perintilan mesin yg wajib bawaan motor, bisa aja zx10rr versi 2022 ada perubahan dikit di geometri dan kopling biar masuk homologasi. Tapi harapannya sih motor yg total baru. Itu motor kan sebenernya udah cukup umur cuma evolusi dikit2 doang. Trik Kawasaki rubah fairing biar seolah motor baru mgkin kecium Dorna sbg langkah utk meraih hak rpmnya yg makin taun makin diturunin krn Rea menang mulu, udah waktunya Kawasaki beneran bikin motor total baru.

  2. Di mata FIM, motor yang berubah itu bore strokenya harus beda kali ya

    eh tapi s1000rr ke m1000rr mesinnya masih 1 basis bukan ? kaga kena kebiri tuh ? eh ini nanya beneran ya wkwkw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.