TMCBLOG.com – Stark Future merupakan pabrikan roda dua listrik terbaru di market motor dunia. Memulai debutnya lewat sepeda motor trail/motocross listrik yang mereka namakan Stark VARG. Pabrikan asal Spanyol yang berbasis di kota Barcelona ini adalah perusahaan yang didirikan dengan misi untuk memimpin industri sepeda motor masa depan dan secara drastis mampu mengurangi polusi CO2 dan penggunaan plastik. Stark memiliki misi untuk menginspirasi perubahan melalui produksi sepeda motor listrik yang mengungguli teknologi mesin bakar tradisional, dari powertrain terbaik di kelasnya hingga baterai yang sanggup bertahan lama serta high performance, juga sasis yang ringan dan desain yang original juga berfokus pada performa. Lewat produk VARG ini memang terlihat garapan yang sangat serius untuk sebuah motor trail listrik nih sob.

Saat ini market motor trail kompetisi [orang dewasa] yang tersedia adalah special engine 125cc dan 250cc 2-stroke lalu ada 250cc dan 450cc 4-stroke. Stark VARG bisa dibilang paket lengkap karena motor electrick dirt bike ini bisa menyesuaikan performa ke-empat motor special engine yang kami sebutkan tadi. VARG ini motorcross yang bisa dikatakan paling serbaguna sekaligus paling canggih saat ini. Dapat dengan mudah disesuaikan dengan tingkat keahlian dan gaya berkendara rider pemula ataupun profesional di sirkuit. Jadi sistemnya melalui aplikasi Stark VARG, kita dapat menyetel output tenaga power unit listriknya hingga 100 mode berkendara. Gokils! Juga menyesuaikan kurva tenaga, besaran engine brake, traction control assist dan bobot flywheel yang hadir secara virtual pada softwarenya yang bisa di-adjust sesuai keinginan rider. Tak lupa VARG memiliki 5 mode berkendara yang terpasang secara aktif di motor.

Stark Future mengklaim performa VARG memiliki power hingga 80hp, ini 30% lebih besar dari motor special engine 450cc 4-stroke. VARG juga mengeluarkan torsi sebesar 93.8 Nm di roda belakang dan ini lebih dari dua kali lipat dari torsi special engine 450 cc pabrikan mana pun. Kerennya, output tenaga VARG bisa disesuaikan hanya dalam beberapa detik melalui aplikasi Stark VARG, alat intuitif dan komprehensif yang bisa tersedia di smartphone Anda [Apple ataupun Android].

Meskipun merupakan pabrikan baru, mesin motorcross listrik Stark menawarkan angka tenaga motor hingga 80hp dan dengan bobot siap pakai hanya seberat 109 kg dan angka segitu tidak jauh lebih berat dibandingkan motor trail special engine kompetisi 4 tak sob. Jadi ini memang sudah mulai memasuki era motor listrik yang sangat head-to-head dengan motor bermesin bakar ya. Seakan kita semua dibuat untuk melupakan pandangan bahwa motor listrik itu pasti punya bobot yang lebih berat.

Sektor pengereman memakai produk dari Brembo, sementara bagian suspensi KYB di depan juga belakang, dengan travel 310mm dan spring/per yang dapat disesuaikan dengan berat badan rider. Roda belakang punya dua pilihan yakni 18 inci atau 19 inci, dan rem belakang yang pengoperasiannya dapat diatur sesuai selera rider, entah dengan tanganΒ  kiri atau di kaki seperti motor pada umumnya.

Kapasitas baterai VARG ini adalah 6kWh dengan bobot kurang dari 32kg, termasuk casing lengkap, sistem manajemen baterai, dan semua komponen internal lainnya. Hal ini dimungkinkan terutama melalui beberapa inovasi terobosan, yang saat ini masih dalam proses paten: casing model sarang lebah berbahan magnesium, slippery-fingers cell holders, pressure relief system (pelepas tekanan), dan one-sided board yang mengonfigurasi sel sel baterai. Jarak tempuhnya mirip dengan konsumsi bbm sepeda motocross 450cc 4 tak dengan tangki penuh. VARG sanggup menyelesaikan satu balapan penuh pada intensitas MXGP atau hingga 6 jam untuk perjalanan trail cross country dan lama waktu charging baterai hingga terisi penuh selama 1-2 jam tergantung pada pengisi daya dan stopkontak.

Desain baterai yang compact, bobot ringan dan kuat dihasilkan dari penggunaan struktur casing baterai magnesium model honeycomb ringan yang saat ini sedang dipatenkan, skema ‘flying V’ VARG menghubungkan setiap sel langsung ke casing. Hal ini menciptakan konduktivitas tinggi pada casing berpendingin udara. Hasilnya adalah suhu baterai yang sangat rata dan teratur serta menghilangkan beban yang tidak perlu untuk pendinginan air atau uap.

Untuk keamanan baterai VARG sendiri benar-benar tahan air, melebihi persyaratan IP69K. Struktur sarang lebah yang kuat juga akan memastikan ketahanan yang tinggi terhadap benturan, membuat umur pakai baterai yang lebih tahan lama, aman digunakan serta bobot ringan.

Stark mengklaim bahwa VARG merupakan sebuah sepeda motor trail yang paling kuat di pasaran, dengan harga jual yang sangat kompetitif di angka US$ 11.900 untuk versi 60hp, dan US$ 12.900 untuk model 80hp, ini berarti VARG dengan segala spesifikasi teknis dan juga fitur teknologinya hanya lebih mahal sekitar US$ 2.000 ketimbang harga jual tertinggi KTM SX450F special engine di pasaran sat ini. Untuk bisa memiliki VARG, calon konsumen harus menunggu sampai dengan awal tahun 2023 dan motor sudah bisa dipesan beberapa saat lagi melalui website resmi mereka di Stark Future. | –Nugi

19 COMMENTS

  1. Kalo bener 938 NM sekali colek bukan terbang lagi tuh, udah ke luar angkasa wkwk. 93.8 Nm dengan bobot segitu aja udah buas banget yakin

  2. ga ada suara ga ada persneling, aneh sih,, biasanya nonton balap cross kan pasti ada suara tawon nya, πŸ˜…
    apapun itu, ini adalah inovasi yg patut diapresiasi, desainnya bener2 dipikirkan secara matang, ga asal templok baterai dan dinamo aja, good lah Stark Industries, ups, πŸ˜„

  3. motor ini cocok utk dipakai pasukan khusus utk menggerebek ladang ganja atau opium di hutan2 yg ga ada akses utk kendaraan roda empat,
    πŸ˜…

  4. Pabrik Barcelona bisa bisa aja, tapi bagus juga, ga perlu ngengkol starter kick trus muter lewat belakang megangin fender nya buat naik lewat sisi kiri😁 jelas buas lah torsi nya, elektrik sih

  5. Tuh… Bisa kan motor listruk performa tibggi n fungaional…
    Sbnrnya mmg pabrikan jepang aja yg mmg blm mau serius… Lha krn pasaran mesin bakar untungnya masih sgt guede…
    Buat apa bikin yg baru jika yg lama aja masih laku…

  6. Hmm ga kebayang naik motor se tp ga ada suaranya paling cuma “ngiiiiingggg” doang bunyinya. Apalagi dengan torsi dan tenaga yg brutal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.