TMCBLOG.com – Seri balap Reli Dunia Dakar 2022 telah dimulai kemarin dengan 144 peserta kategori sepeda motor melahap trek tahap pertama jalur antara Jeddah ke Hail- Arab Saudi. Trek ini terdiri dari 595 km rute link dan 19 km Stage khusus. Klasifikasi di garis finis akan menentukan urutan start untuk hari berikutnya di mana 15 finisher pertama dalam kategori tersebut akan start dengan urutan terbalik dari klasifikasi. Awal  perjalanan adalah 225 km antara Jeddah ke Madinah di mana pada salah satu dari Harammain ini pembalap Reli akan bertemu dengan sesi 19 km Kualifikasi sprint dengan jalur pdan bukit pasir dengan perubahan ketinggian sampai 400 MDPL.

Danilo Petrucci sendiri sempat memimpin Stage di jam ke-2 setelah start dari Jeddah. Oh ya, Yamaha terlihat berbeda dan lebih serius pada edisi ke 44 dari Rally Dakar 2022 ini. Merek dengan lambang garpu tala ini telah mempekerjakan Andrea Peterhansel sebagai manajer tim dan menempatkan John Maillon —mekanik Stéphane Peterhansel—yang bertanggung jawab atas masalah teknis untuk Dakar edisi 2022.

Dan akhirnya Daniel Sanders menjadi yang tercepat di sesi pembuka ini dengan motor GasGas (terafiliasi dengan KTM) diikuti pembalap factory Honda Pablo Quintalilla, Ross Brach pembalap factory Yamaha dan pembalap factory KTM Kevin Benavidez. Ini membuat Posisi top 4 hari petama diisi oleh empat pembalap dari 4 pabrikan berbeda.

Sementara itu nama nama kuat seperti Toby Price, Ricky Brabec maupun debutan mantan pembalap MotoGP Danilo Petrucci finish diluar posisi Top-5 pada sesi pembukaan ini. Petrucci berhasil tampil mengesankan finish di posisi 23 dari total 144 peserta. Toby Price sendiri mengaku telah membuat beberapa kesalahan kecil di daerah perbukitan. Namun begitu Price yang merupakan salah satu gacoan KTM ini menyatakan bahwa ini masih hari pertama dan perjalanan masih panjang.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

13 COMMENTS

  1. Jaman dulu Ymh begitu domain lewat peterhansel.
    itu pembalap stok minumnya di wearpack kali ya.. Kebayang hausnya kaya apa.

    Guest
  2. Ini KTM udah bajak juara dunia tahun lalu, effortnya udah gede banget. Kalo masi Honda yang dapet juara tahun ini ya gimana, hahaha.

    Guest
  3. Berat buat Petrucci, pembalap roadrace suruh turun motocross aja udah berat apalagi cross country. Jangan kata pindah alam, yg sama2 road race tapi beda format kaya endurance aje sekelas Edwards ato West ngeluh capek wkwkwk

    Guest
    • Setiap pembalap punya perhitungannya sendiri, KTM juga gak bakal nurutin klo petruci cm mau sunmory di gurun pasir. Menurut saya bisa masuk 1/4 terbaik dari total peserta udah bagus banget dan bisa dibilang cukup sukses untuk mantan pembalap aspal. Dengan ikutnya Petruci juga bagus untuk Dakar sendiri

      Guest
      • FYI selama ini peserta dakar 3/4nya amatir, entah itu mantan pembalap reguler yg udah usia 30 up ato pembalap muda yg nyambi kuliah/kerja. jadi ya, terdepan didepan para amatir gw setuju itu hebat, tapi utk kompetitif di tengah persaingan para pro, Petrucci masih perlu belajar banyak.

        Guest
    • Beratnya gimana dulu nih om?
      Kalo targetnya juara ya KTM auto diketawain. Jika petruk bisa lindes garis finish, diposisi berapapun itu udah super duper bagus buat ukuran debutan. Rally dakar itu tiap tahunnya di garis finish buanyak peserta (khususnya motor) yang nangis sampe meraung-raung digaris finish, saking terharunya. Itu udah jadi kebanggaan tersendiri.
      Taruhlah punya badan super fit, kemungkinan finish cuma 25%. Sisanya dibagi-bagi sama tunggangan, alam, sama keberuntungan.

      Guest
      • Jawaban gw sama kaya reply diatas, ya karena mereka kebanyakan amatir begitu bisa finish di rally yg dulunya adalah rally terganas ya pasti nangis bahagialah. Sama kaya pembalap TT yg bisa finish tanpa crash biarpun posisi 30, krn di TT yg beneran pro cuma belasan, sisanya amatir. Ga percaya? Cek aje nama2 pembalap Dakkar maupun TT, pasti kebanyakan track record di balap profesional ga setinggi Petrucci jam terbangnya.

        Guest
  4. Memang rally dakar ngga ada obat, walaupun ngga real seperti asalnya paris – dakar kesan balapan gurunnya ngga boleh ilang.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.