TMCBLOG.com – Berspekulasi mengenai fungsi dari part part baru yang dibawa setiap pabrikan MotoGP di awal Musim sangatlah Seru. Kali ini kita akan sedikit membahas mengenai Rongga Kecil di Inlet RAM Air dari KTM RC16 MotoGP Yang sempat dipakai saat test Jerez 2021 kemarin dan berkemungkinan Akan dibawa pada test Pra-Musim baik di Sepang maupun Mandalika Pekan pekan mendatang.

Banyak Spekulasi dan Imajinasi hadir gegara Kehadiran Rongga yang berputar membentuk Hurup U terbalik. Sebagian besar hipotesis berkisar pada Upaya KTM Untuk mengoptimalisasi aliran udara utama, baik dengan efek aerodinamis murni atau dengan saluran masuk dua tahap yang digeser sesuai tekanan.

Tmcblog lumayan mengikuti perkembangan Opini mengenai Rongga ini dan walaupun belum ada Penjelasan resmi dari KTM ( Dan kayaknya Nggak akan pernah dijelaskan ) Namun kemudian dikonfirmasi hanwa asupan udara via rongga ini tidak ada hubungannya dengan mesin.

Rongga Luar ini di RC16 hanya digunakan untuk mendinginkan dua elemen. Yang pertama, dan paling klasik, adalah mendinginkan part part elektronik seperti ECU yang ditempatkan di bawah penutup tangki. Mayoritas Peranti Elektronik tidak menyukai suhu tinggi yang dihasilkan oleh mesin MotoGP, dan efek udara segar yang dibawa oleh asupan udara Via rongga ini ini dapat disamakan dengan segelas air saat kita kehausan

Namun begitu, Ide ini sebenarnya sudah pula dilakukan KTM dan dibenamkan dalam Desain RC2021 yang berlaga sapai 2021 yang lalu. Kita bisa lihat, ada sesuatu yang terbuka secara melintang horisonta di bagian atas saluran udara RAM AIR RC16 yang sedang digeber Oleh Raul Fernández… / taufik of buitenzorg | @tmcblog

19 COMMENTS

  1. sebenarnya bukan cuman ga suka panas dari mesin aja wak,, part elektronik nya sendiri pun juga menghasilkan panas yg ga disukai si elektronik nya itu sendiri,
    cmiiw

    • colek Bang haji sama Nugi, kapan2 bikin acara kopdar pembaca TMC Blog, terus diskusi cerdas gitu…
      awalan boleh lah lewat online gitu…
      seru kali ya Pan?

  2. Klo analisis saya sih itu hanya cara sederhana agar hembusan angin lebih kencang masuk kedalam klo anginnya dipakai buat apa ya kita hanya menduga duga karna gk melihat angin tsb diarahkan muaranya dimana.prinsipnya sama dengan orang jaman dulu ketika belum ada kompor menghidupkan api pada tungku kayu bakar dengan meniupnya dgn semprong ( biasanya terbuat dari satu ruas batang bambu yg dipotong) yang unik adalah teknik meniup semprong tsb agar hembusan anginya kencang, mungkin teknik meniup semprong inilah yg diadopsi insinyur KTM sehingga terciptalah desain lubang udara yg seperti itu.

  3. Biar udara yg masuk lebih dingin. Teori sederhana (wakaji lebih tau pasti) udara yg lewat lorong sempit lebih dingin. Sederhananya sih udara yg lewat lobang ditengah didinginin oleh udara yg lewat sampingnya mirip kaya radiator yg dinginin isi kepala silinder. KTM sejak alma concern masalah suhu udara yg masuk airbox ampe dibelain custom fan yg dipasang di paddock sebelum start.

    • FYI anak motor taon 2000an awal pasti pernah ngerasain tren pasang icepack di filter motor standar, tujuannya sama bikin oksigen yg masuk lebih dingin. KTM dari awal paham masalah ini di motogp gw yakin.

        • Ya bisa dibilang begitu sih wkwkwk. Poin gw sebenernya bukan udara mendinginkan udara, tapi KTM sengaja bikin semacam tunnel kecil yg suhunya lebih dingin di sekeliling tunnel ato saluran utama biar udara dari saluran utama suhunya bisa lebih rendah saat masuk air box dibanding tanpa tunnel kecil itu. Ya biarpun bisa diartikan udara (dari tunnel kecil sekitar saluran utama) mendinginkan udara (yang lewat saluran utama) juga sih wkwkwk

    • FYI anak motor taon 2000an awal pasti pernah ngerasain tren pasang icepack di filter motor standar, tujuannya sama bikin oksigen yg masuk lebih dingin. KTM dari awal paham masalah ini di motogp gw yakin..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here