TMCBLOG.com – Di artikel ini sobat sekalian bisa melihat dengan jelas gambaran Yamaha YZR-M1 MY2021 yang membawa Fabio Quartararo menjadi Juara dunia dan bertandem dengan beberapa Pembalap antara lain Maverick Vinales, Cal Crutchlow dan Franco Morbidelli baik full bike walaupun versi yang sudah dipreteli beberapa detail Covernya seperti front fairing dan juga side fairing.

M1 – 2020
M1 – 2021

Jika dilihat dari paparan kiri dari mesin yang terlah dibuka Fairingnya sepertinya secara bentuk dan platform, TMCBlog tidak terlalu dapat melihat perbedaaan Karena memang secara umum antara Mesin 2020 dan 2021 diharuskan sama persis. Titik detail Mounting enginenya sama.

Sementara pada sasis terlihat ada perbedaan yang lumayan antara spek 2020 dengan spek 2021 khususnya pada daerah ‘Coakan’ di bagian atas dari bentangan Sasis deltaboxnya. Hal ini dimaksudkan Untuk memberikan Feel Fleksibilitas yang sedikit berbeda khususnya untuk Front-end dari Motor. Selain itu, Sobat juga bisa lihat perbedaan bentuk ‘Bolongan’ pada fairing bagian Winglet yang dibuat berbeda

M1 – 2020
M1 – 2021

Di paparan Daerah Mesin kanan Yang terbuka Fairingnya sekilas tmcblog juga belum melihat perbedaan yang signifikan antara M1 2020 dan M1 2021. Oh Ya kaliper Pada pengereman depan Model 2021 terlihat berbeda dimana Sudah sama sama kita ketahui bahwa Brembo menyuplai Kaliper tipe GP4 yang memiliki lebih banyak Fin/ sayap pendisipasi panas pada Musim MotoGP 2021.

M1 – 2020

Dari daerah Kokpit Pembalap hal paling signifikan bebeda dari M1 2020-2021 adalah Perubahan dari Bentuk Display Dashboard dimana kita bisa melihat Model 2021 lebih sempit. Kita Juga bisa melihat Bahwa Gas masih pakai Kabel, walaupun sebenarnya sudah Ride By Wire.

Kabel ini diarahkan Ke sensor Throttle Yang biasannya di Motor-Motor Ber-RBW itu sudah hadir langsung di handlebar. Selain itu Sobat Juga bisa lihat Bentuk fisik dari Cover ‘tangki’ berubah.

M1- 2020
M1 -2021

Menarik melihat hadirnya beberapa tombol baru atau minimal ditempatkan di posisi yang baru apda bagian handlebar Kiri dari Yamaha M1 2020-2021. Daerah ini memang disinyalir banyak Updatenya berkaitan dengan Sistem Ride Height Adjuster ( RHA) Yang juga dikembangkan Yamaha di 2021 dimana bisa mengubah Shape dari Motor nggak hanya saat Start dengan merubah posisi lendutan Suspensi baik belakang maupun depan.

Mengenai RHA ini Takahiro sumi menjelaskan kepada Jurnalis Akira Nishimura  “[RHA] Pertama [hadir] bagian belakang, lalu bagian depan. Bagian depan ditambahkan dari Mugello tahun ini (Putaran 6) ” .

Namun begitu Sumi San Menolak Menjelaskan apakah Sistem RHA Yamaha M1 ini Manual atau sudah ‘ otomatis ‘ ” Sulit untuk menjawabnya. Bidang ini adalah topik teknologi panas untuk setiap perusahaan saat ini, jadi tolong jangan mendesak [untuk] Jawabannya “ Begitu Kata sumi-san

M1 – 2020
M1 – 2021

Sementara untuk handle Bar Kanan terlihat tidak banyak detail perubahan dari Jumlah dan Posisi tombol saklar Yang hadir.

M1 – 2020
M1 – 2021

Selain bentuk palang Velg, Posisi floating dari Cakram belakang dan bentuk dari adjuster posisi dari Roda, tmcblog tidak melihat banyak perbedaan dari bentuk Swingarm dan daerah kaki kaki kanan belakang dari M1 2020 – 2021.

Musim 2022 ini secara umum Yamaha akan menggunakan basis mesin yang Baru walaupun mungkin secara penampakan fisik akan tidka jauh berbeda dari foto mesin yang ada dalam foto-foto di atas. Hal ini dikarenakan memang akhirnnya Dorna kembali membuka pembekuan Mesin yang selama dua tahun belakangan menggunakan Mesin yang sama.

Mesin yang berbeda akan sangat membuka Potensi Sasis dan kaki kaki yang berubah. Di test Jerez dua bulan yang lalu Quartararo sudah mencoba Sasis Baru tersebut dan Pastinya akan terus di-riset mulai Pada Shakedown test Hari ini. Silahkan sobat sekalian simak foto-foto lainnya di galeri bawah ini . . Semoga berguna.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

16 COMMENTS

    • Handle grip versi 2020 mirip punya mio dkk. Ya gak sih?? Yg setahun pemakaian langsung melar karna terlalu empuk utk ukuran handgrip bawaan pabrik

  1. Yang foto pertama bagian samping
    Jalur posisi keluar kenalpot nya beda
    2020 agak menekuk kedalam sedikit dibandingkan 2021 yang lurus
    Yang mengakibatkan sedikit berubah posisi radiator bawah yang 2020 terlihat lebih baring di banding 2021 yang lurus
    Berarti ada sedikit tweak di power yang mungkin ingin ditambah sebisa mungkin / mengubah peak power nya

  2. Ngga ikutan make sendok angin m1 ini waak…kok polos smua armnya?…btw modelnya msih natural nih motor msih enak di kunyah2

  3. Handgrip Domino kesukaan Rossi sejak 1999 yg percis handgrip Supra X yg lejen itu langsung dilengserin begitu ganti pembalap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.